Wonderful Indonesia Warnai Piala Dunia Wanita FIFA 2019 Prancis

0
78

Bus-bus wisata di Paris berbalut gambar obyek wisata di Indonesia

PARIS, Prancis,  bisniswisata.co.id: Brand pariwisata Wonderful Indonesia mewarnai ajang Piala Dunia Wanita FIFA 2019 yang digelar di Paris, Prancis. Kejuaraan sepak bola wanita antarnegara yang diikuti oleh tim nasional sepak bola wanita dari asosiasi anggota _Fédération Internationale de Football Association_ (FIFA) diselenggarakan pada 7 Juni – 7 Juli 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan langkah ini diambil Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk melanjutkan strategi yang dilakukan pada 2016 ketika Piala Eropa berlangsung di Prancis dan 2018 ketika Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Branding Wonderful Indonesia sendiri menghiasi Kota Paris mulai 1 Juni – 31 Juli 2019 pada empat unit open great bus (full wrapping) yang dibalut keindahan destinasi pariwisata Indonesia seperti Banyuwangi, Bali, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Belitung, Raja Ampat, NTT, NTB, dan Sulawesi Selatan.

Keempat open bus tersebut  melewati lokasi-lokasi populer di Paris seperti pada Juni 2019 dengan rute yang dilalui di sejumlah tempat popular di Paris seperti Champ de Mars, Gare du nord, Pigalle, Opera Garnier, Louvre, Notre Dame, Musee d’Orsay, Champs Elysees, dan Grand Palais.

“Wisatawan Indonesia yang sedang libut Lebaran di Paris dapat melihat bus-bus promosi itu di rute-rute  populer tersebut,” ungkap Eka Moncarre, Ketua Visit Indonesia Tourism Office ( VITO) di Prancis.

Menurut Arief Yahya, dimana ada keramaian ( (crowds), di situlah tempat efektif untuk promosi. Momentum Piala Eropa dan Piala Dunia menjadi saat yang pas untuk berpromosi. Karena saat itu, pusat perhatian dunia sedang terfokus ke sana.

Dia juga menyebutkan sepakbola memiliki kelompok pendukung fanatik yang jumlahnya besar, sehingga strategi promosi sangat diperlukan dalam situasi seperti ini. “Ketika budget promosi kita terbatas, maka gunakan secara efektif di momentum yang tepat, terlebih ketika perhatian dunia sedang ke sana,” katanya.

Promosi ini bertujuan mempopulerkan destinasi Indonesia ke publik Prancis yang ke depannya diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan Prancis ke Indonesia.

Untuk memeriahkan kegiatan ini, VITO Prancis  mengadakan lomba foto bus Wonderful Indonesia yang dapat diikuti oleh masyarakat Perancis dengan hadiah T-shirt Wonderful Indonesia untuk lima pemenang.

Pihaknya juga mengadakan quiz Wonderful Indonesia bekerjasama dengan Michelin Voyage, Travel guide book yang terbesar di perancis untuk membuat quiz spesial  Indonesia mulai tanggal 14 Juni  – 31 Agustus 2019.

Kuis ini berjudul Berlibur ke Indonesia dengan Guide Vert Michelin yang dapat diakses melalui Facebook @MichelinVoyage dan situs web Michelin Voyage https://voyages.michelin.fr/jeu/indonesie dari tanggal 14 Juni 2019 pukul 10.00 sampai tanggal 31 Agustus 2019 pukul 23.59, jelas Eka Moncarre.

Untuk berpartisipasi masyarakat Prancis cukup menjawab 4 pertanyaan tentang Indonesia dimana jawabannya bisa ditemukan di dalam Travel Guide Book Michelin Indonesia dan pemenang akan diundi tanggal 2 September 2019. Hadiahnya a.l dua tiket pesawat kelas ekonomi Paris-Denpasar-Paris dari Turkish Airlines, voucher menginap 6 malam di Bali untuk 2 orang dari Karma Secrets.

Hadiah lainnya, tour ke Toraja selama 7 hari/6 malam untuk 2 orang (1 kamar) dari Exotic Indonesia namun tidak termasuk tiket pesawat serta voucher menginap 6 malam di Lombok (3 malam di Gili Sudak dan 3 malam di Lombok) untuk 2 orang dari  A&T Holidays  (tidak termasuk tiket pesawat) dan 20 buku Travel Guide Book Michelin.

” Bersamaan dengan promosi itu, 4 film dokumenter ajan diputar di TV 5 Monde, Prancis dan di replay di France 2. Suatu kebanggaan bisa masuk acara PAYS ET MARCHES DU MONDE yang meliput film dokumentar tentang pasar-pasar traditional di Indonesia meliputi 4 daerah yaitu : Kutai Barat / Balikpapan / Banyuwangi / Surabaya,” kata Eka Moncarre.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here