Kolam Renang Cilandak Town Square ( Citos) Tujuan Wisata Aquarobic

0
83

Aktlvitas latihan Aquarobic di kolam Citos yang diminati wisatawan dari daerah.( foto: HAS)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kolam Renang Cilandak Town Square (Citos)  menjadi destinasi wisata Aquarobic, olahraga air dan terapi untuk anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil dan para manula, kata Atie Hardjolukito, pelatih sekaligus pendiri Mermaid Aquarobic, hari ini.

“Sejak tahun 1999 saya mempopulerkan Aquarobic ini dan alhamdulilah peminat datang dari berbagai kota di Indonesia bahkan hingga Balikpapan, Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya,” ujar Atie.

Menurut dia, Aquarobic adalah olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan kesehatan mental karena membakar kalori dan cocok untuk yang menginginkan berat badan ideal. Namun bisa juga untuk menurunkan stress, rasa gelisah dan ketegangan.

Olahraga ini cara terbaik beraktivitas untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit yang dianggap sebagai penyakit orangtua, juga baik untuk latihan bagi wanita hamil dan terapi seperti pasca strooke, jantung, syaraf kejepit dan penyakit lainnya.

“Aquarobic di Citos Swimming Pool sudah berjalan dari 17 tahun yang lalu sehingga tidak heran banyak peserta dari daerah yang khusus datang untuk  belajar,” kata Atie yang muridnya sudah mencapai puluhan dalam setiap latihan.

Apalagi manfaatnya besar bagi penderita jantung, persendiaan seperti arthritis, nyeri otot pada penderita fibromvalgia, osteoporosis, nyeri punggung, obesitas, asma dan gangguan pernafasan lainnya yang banyak diderita masyarakat jaman Now.

Olahraga ini bisa dilakukan di dalam kolam dalam atau dangkal dan peserta tidak harus bisa berenang karena beberapa gerakan menggunakan peralatan sederhana sehingga dapat mengapung.

“Sekarang di kota-kota besar membutuhkan pelatih ( instruktur) untuk Aquarobic ini. Oleh karena itu setiap tahun kami menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi untuk pelatih Aquarobic “ kata Atie yang memiliki tim pelatih yaitu Yati, Lita, Nanda, Tiza dan Intan.

Intan yang adalah putrinya sendiri mengambil spesialisasi melatih ibu hamil agar lancar persalinan. Latihan yang dianjurkan para dokter ahli kandungan ini sangat bagus bagi peningkatan kebugaran jantung dan paru-paru serta baik untuk sirkulasi oksigen dan darah ke seluruh tubuh.

    Atie Hardjolukito bersama Lita di kolam Citos.

Menurut Atie, instruktur yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi resmi sebagai pengajar a.l sertifikat yang dikeluarkan oleh FISAF ( Federation of International Sport Aerobic and Fitness) dibutuhkan. Begitu pula yang memiliki sertifikat Cardiopulmonary Resuscitation ( CPR) yang mampu menangani situasi darurat atas keselamatan jiwa pada saat latihan aquarobic.

Atie yang memiliki kedua sertifikat itu rajin melakukan regenerasi pelatih. Salah satunya yang juga menjadi instruktur adalah Geni Tri yang mengajar dua kali seminggu di Citos selama satu jam.

“Kebanyakan peserta keluhannya adalah syaraf kejepit dan nyeri lutut sehingga selain di Citos, saya mengajar private di rumah-rumah peserta yang memiliki kolam renang di kawasan Metro Kencana, Pondok Indah dan di daerah Kemang Utara, Jakarta Selatan,” kata Geni Tri.

Salah satu muridnya dari Semarang, Otik, ujarnya, setelah merasakan manfaatnya Aquarobic usai Lebaran akan mengirim staf fitness di resort hotel miliknya di ibukota Jateng itu untuk belajar khusus, sehingga Otik dan komunitasnya tidak perlu mondar-mandir ke Jakarta untuk berlatih.

Tertarik belajar aquarobic sejak empat tahun yang lalu dengan Atie Hardjolukito, sekarang Geni sudah bisa mengajar dengan sertifikasi yang dimilikinya. Saat melihat murid-muridnya mampu mengatasi penyakit yang dihadapinta dan mampu beraktivitas normal menjadi kebahagian tersendiri bagi Geni.

“Setiap latihan saya bersama sekitar 10 orang supaya lebih fokus memberikan pelatihan dan mengawasi gerakan-gerakan dalam air,” ungkapnya.

Atie mengatakan ketika tubuh mencebur ke kolam renang, aura pisitif dan sifat air menenangkan tubuh dan fikiran. Sedikitnya lima komponen lima komponen fitness phisik akan meningkat yaitu aerobic, fitness, kekuaran otot, data tahan otot, fleksibitas dsn komposisi tubuh.

“ Latihan yang dilakukan bersama-sama dengan beragam alat bantu terutama swim belt dan musik yang mengiringi gerakan membuat latihan menjadi aktivitas  yang menyenangkan seperti halnya saat kita leisure, jauh dari stress,” tambahnya.

Dia berharap tingkat kesadaran masyarakat untuk berolahraga air ini meningkat karena ada hubungan yang erat antara tubuh dan pikiran harmonis. Aquarobic secara teratur maka penyakitpun enyah, tegasnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.