Gangguan Sistem, 20 Penerbangan di Bandara Kuala Lumpur Terganggu

0
14
Penumpang terlantar di Bandara Internasional Kuala Lumpur (Foto: Worldpress.com)

KUALA LUMPUR, bisniswisata.co.id: Ratusan penumpang terlantar di Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia, akibat sekitar 20 penerbangan ditunda jadwal penerbangan, sejak rabu (21/08) hingga Kamis (22/08/2019) waktu setempat. Penundaan penerbangan ini, menyusul gangguan sistem.

Gangguan sistem dimulai pada Rabu malam hingga Kamis sehingga mempengaruhi kedua terminal dan menurunkan fungsi bandara lainnya seperti penanganan bagasi, konter check-in, tampilan informasi penerbangan, dan Wifi.

“Kami ingin memberi tahu Anda bahwa saat ini kami sedang mengalami gangguan sistem sementara di kedua terminal di Bandara Internasional KL. Penumpang disarankan untuk sampai di bandara setidaknya empat jam sebelum waktu keberangkatan penerbangan mereka,” kata operator Bandara Malaysia dalam pernyataan resmi di Twitternya yang dilansir Channel News Asia, Kamis (22/08/2019).

Setidaknya 20 penerbangan ditunda oleh operator. Maskapai yang terpengaruh termasuk Malaysia Airlines, Malindo Air, dan Cathay Dragon. “Semua staf bandara yang relevan telah dikerahkan untuk membantu penumpang di darat karena kami memperkirakan situasi akan berlanjut sepanjang hari hari ini,” kata pernyataan bandara.

Malaysia Airlines mengatakan, masih memproses check-in secara manual dan menyarankan penumpang untuk check-in melalui ponsel atau web. Sementara Malindo Air juga mendorong para penumpangnya untuk tiba di bandara empat jam sebelum waktu keberangkatan mereka. Sekitar pukul 11.00, Bandara Malaysia melaporkan semua sistem kecuali untuk tampilan informasi penerbangan berfungsi penuh.

Kepala eksekutif grup AirAsia, Tony Fernandes, mengunggah video antrean panjang orang di bandara, dan menyebut situasi itu adalah yang terburuk yang pernah dilihatnya. “Tidak ada satu orang pun yang dari Bandara Malaysia. Bukan kesalahan imigrasi. Desain KLIA 2 yang buruk,” cicitnya di Twitter. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.