Yuk Ciptakan Rasa Bahagia Meski Berwisata Virtual Lewat Indonesia.Travel 360º Images.

0
28

Keindahan Candi Prambanan di malam hari ( foto: Kemenparekraf).

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Tagar #WhenWeTravelAgain ramai dan menjadi populer di Twitter belakangan ini karena banyak negara menerapkan kebijakan agar masyarakatnya tidak bepergian atau traveling dan hanya melakukan aktivitas di rumah, sementara keinginan untuk berwisata di kalangan masyarakat tetap besar.

Sejak virus corona Covid-19 hadir di muka bumi ini, aktivitas berwisata sementara waktu memang mati suri. Padahal sedikitnya ada 7 Alasan mengapa berwisata membuat seseorang menjadi bahagia secara pribadi dan profesional. Hormon bahagia itulah yang saat ini sangat dibutuhkan dalam tubuh kita.

Agaknya memahami situasi ini, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) menyebarkan sejumlah link pada masyarakat untuk tetap bisa menjelajah keindahan negri kita dari rumah. Bagi yang rajin browsing, boleh juga kunjungi situsnya dan menikmati Indonesia.Travel 360º Images.

Coba liat yuk disini; 

1.Indonesia.Travel 360º Images https://www.indonesia.travel/id/en/image-360

2.Indonesia.Travel 360º Videos https://www.indonesia.travel/id/en/video-360

3.Google Art and Culture Indonesia https://artsandculture.google.com/project/wonders-of-indonesia

4.Indonesia.Travel YouTube Channel https://www.youtube.com/user/TheIndonesiaTravel

5.360indonesia Photo https://360indonesia.id/category/photo-360/

6.360indonesia Video https://360indonesia.id/category/video-360/ 

Online Museum:

1.Museum Nasional https://www.museumnasional.or.id/en/virtual-tour

2.Museum Bank Indonesia http://idvr360.com/vr360/museum/mbi/mbi.html

3.Museum Tsunami Aceh https://360indonesia.id/museum-tsunami-aceh-2/

4.Museum Kepresidenan Balai Kirti https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/muspres/

5.Museum Sumpah Pemuda http://museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id/

6.Museum Perumusan Naskah Proklamasi https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/mpnp/

7.Galeri Nasional https://galeri-nasional.or.id/

Bahagia menjadi syarat utama mereka yang positif terpapar virus Corona Covid-19, begitu juga yang  baru tahap suspect ( diduga kuat) , Orang Dalam Pemantauan ( ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus ini. Begitu pula bagi masyarakat yang hingga kini masih sehat walafiat.

Hadir dan ciptakan kebahagian dalam diri, jangan membiarkan rasa cemas dan takut. Meski kenyataannya hingga Senin (6/4/2020) pukul 12.00 WIB, diketahui secara total ada 2.491 kasus Covid-19 di Indonesia dan jumlah ini bertambah 218 kasus dalam 24 jam terakhir.

Nah, Penelitian telah membuktikan bahwa satu jalan menuju kebahagiaan adalah berwisata. Pada 2016, Konferensi Happiness 360 bekerja sama dengan Organisasi Pariwisata Dunia PBB ( UNWTO) menetapkan bahwa orang-orang yang paling bahagia di dunia lebih banyak berwisata.  

Kebahagiaan, yang didefinisikan sebagai kesejahteraan subjektif, adalah masalah yang sangat besar di sebagian besar lingkaran masyarakat. Padahal jawabannya sederhana karena semakin bahagia,  semakin sehat Anda. Begitu juga semakin sehat maka semakin kreatif dan produktif Anda jadinya.

Filsuf dan profesor A.C. Grayling merasa bahwa berwisata adalah kunci untuk memperluas pikiran dan jiwa. Dikutip dari traveltriangle.com, dia percaya kita mendidik diri kita sendiri dengan bepergian dan mengekspos diri kita pada ide-ide dan orang-orang baru.  

Berikut 7 alasan lain mengapa bepergian membuat Anda bahagia:

1.Traveling merangsang otak karena ketika kita bepergian mendapat pengalaman baru yang menjadi kunci untuk membangun jalur saraf baru di otak. Hasilnya menjadi lebih kreatif dan menerima ide-ide baru.  Inilah sebabnya mengapa perjalanan wisata membuat Anda bahagia.

2. Meningkatkan Hubungan. Orang yang paling bahagia adalah orang yang memiliki koneksi terkuat dengan orang lain, baik itu keluarga, teman atau masyarakat umum.  Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan hubungan ini adalah dengan bepergian bersama dan mengalami hal-hal baru bersama.

Stefan Klein, penulis The Science of Happiness, percaya bahwa kesenangan menemukan hal-hal baru dan kegembiraan yang datang dengan bertemu orang-orang baru atau sensasi dari wisata kuliner, makan makanan baru semua datang bersama-sama untuk menciptakan perasaan bahagia di setiap pelancong.

3.Membangun Koneksi. Perjalanan membuat kita bahagia, inilah alasannya.  Melalui perjalanan, Anda bisa bertemu orang-orang baru, orang-orang yang sebelumnya tidak akan pernah Anda temui.  Anda bisa menjalin hubungan baru dan mulai berkontribusi terhadap kebahagiaan Anda secara keseluruhan dalam hidup.

4.Pengalaman Lebih Berharga Daripada Benda. Penelitian telah menunjukkan bahwa kita lebih menghargai pengalaman kita daripada harta benda apa pun yang kita miliki.  Menghabiskan uang untuk pengalaman baru lebih penting daripada membeli sesuatu yang baru karena pengalaman itu tetap bersama Anda selamanya dan dibawa ke manapun Anda pergi. 

5.Memori yang baik-baik. Bukan hal yang aneh untuk mendengar kisah perjalanan orang dan membayangkan mereka memiliki pengalaman yang luar biasa. Suka dan duka berwisata mungkin ada, tapi saat berbagi cerita dengan orang lain kita cenderung meminimalkan bagian duka.

Anda mungkin jatuh sakit di perjalanan, tetapi bagian itu tidak diingat dalam beberapa tahun.  Sebaliknya, kenangan itu akan digantikan oleh bagian terbaik dari perjalanan. Inilah sebabnya bepergian membuat seseorang lebih bahagia.

6.Pengalaman perjalanan membuat cerita yang baik untuk dikenang. Semua kisah perjalanan adalah peluang besar untuk berbagi pengalaman  dengan orang lain dan berkat pengalaman berwisata bersama membangun koneksi yang lebih kuat.

7.Sulit membandingkan pengalaman perjalanan. Suka membandingkan diri dengan orang lain adalah penyebab utama ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan di zaman sekarang ini.  Oleh karena itu sulit untuk membandingkan pengalaman perjalanan ke Karibia dan perjalanan ke Asia, misalnya. Soalnya keduanya adalah pengalaman yang penting dan membuat Anda bahagia.

Nah bagaimana ?  yuk wisata virtual dulu dan ciptakan dulu rasa bahagia. Yakinlah Tagar #WhenWeTravelAgain bisa diwujudkan dan rencanakan saja setelah virus Corona hilang mau berwisata kemana.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.