Tiga Lokasi Wisata Kuliner Seru untuk Persiapan Buka Puasa

0
67
Suasana pasar sore Ramadhan Kauman. Tahun lalu karena pandemi COVID-19 kegiatan ini ditiadakan. (Foto: handoyoblog.com).

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ramadan adalah salah satu momen yang ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Selain momen untuk mengumpulkan amal ibadah, bulan suci Ramadan juga memiliki keistimewaan sendiri karena tak sedikit kuliner khas dan unik bermunculan di sekitar kita.

Hal ini yang membuat bulan Ramadan menjadi spesial bagi masyarakat Indonesia, terlepas dari faktor keyakinannya. Semua orang di Indonesia gembira menyambut Ramadan. Namun sejak tahun kemarin, suasana Ramadan berubah seiring dengan fase adaptasi kebiasaan baru.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pandemi ini membuat tren berwisata berubah.

“Pandemi ini membawa kita melakukan transformasi, tren pariwisata bergerak yang dulunya berbondong-bondong dan massal, kini pendekatannya perlu dikembangkan sebagai pariwisata yang berkelanjutan,” ujar Menparekraf Sandiaga, awal April 2021.

Menyambut bulan Ramadan dengan berwisata #DiIndonesiaAja adalah pilihan yang tepat, terlebih banyak destinasi wisata kuliner yang aman dikunjungi. Asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun maka mengunjungi tempat-tempat berikut jelas bukan halangan.

Berikut tiga lokasi wisata kuliner seru untuk persiapan buka puasa:

Masjid Sunda Kelapa – DKI Jakarta

Jakarta adalah salah satu pusat kuliner di Indonesia, dan selama bulan Ramadan ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tujuan mencari hidangan berbuka.

Salah satunya adalah kawasan Masjid Sunda Kelapa. Pada saat bulan puasa, area pelataran masjid ini dipenuhi berbagai macam kuliner yang bisa membuat bingung memilih menu untuk disantap.

Pasar Sore Kauman – Daerah Istimewa Yogyakarta

Tempat ini merupakan salah satu pasar Ramadan legendaris di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, pasar ini berada di Kampung Kauman yang berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Berkunjung ke tempat ini, wisatawan tak hanya disuguhi wisata religi dan sejarah tapi juga kuliner yang beragam.Jelas menggiurkan bukan?

Jalan A Yani Denpasar – Bali

Meski mayoritas penduduk Bali memeluk agama Hindu, sentra kuliner Ramadan juga bisa ditemui di Denpasar. Tepatnya di sepanjang jalan A Yani, Denpasar Barat. Di tempat ini kalian bisa menemukan berbagai makanan khas buka puasa seperti kolak pisang, es cendol, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, cukup menarik wisata kuliner khas Ramadan #DiIndonesiaAja? Sekali lagi, jangan abaikan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.