Menpar: ” Morotai Agar Perbanyak  Event Jaring Kunjungan Wisatawan “.

0
39

Masyarakat Morotai memiliki indeks kebahagiaa. tinggi karena suka musik, menyanyi, menari dsn berpeluang memiliki banyak event. ( foto: doc. Kemenpar

DARUBA, Malut, bisniswisata.co.id: Indeks kebahagian di Maluku Utara, Sulawesi Utara dan daerah tetangganya tinggi sehingga berpotensi untuk menggelar banyak event di Morotai, kata Menpar Arief Yahya, hari ini.

” Indeks kebahagian yang tinggi karena masyarakatnya sebagian besar suka musik, menyanyi dan menari sehingga punya culture value  tinggi tinggal cari commercial values sehingga masyarakatnya tambah bahagia dan sejahtera,” jelasnya.

Dari kebiasaan itu bisa simpulkan daerah ini memiliki potensi festival yang bagus sehingga perlu mencari nilai ekonomi dari potensi tersebut, jelas Arief Yahya.

Destinasi wisata populer seperti Bali dan Banyuwangi banyak memiliki event sepanjang tahun maka selain indeks kebahagiaan tinggi, masyarakatnya hidup makmur dari kunjungan wisatawan dan pendapatan per kapitanya tinggi.

“Belajarlah dari Banyuwangi karena ada 99 event sepanjang tahun atau setiap minggu ada event maka menjadi kota festival terbaik dengan pendapatan per kapita yang tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Padahal ada kota-kota besar dengan potensi pariwisata lainnya seperti Malang dan Jember,” kata Arief Yahya.

Pihaknya akan mendukung event-event seperti Festival Morotai 2019 yang digelar Pemkab Kepulauan Morotai dengan mendatangkan kurator seperti koreografer Eko “Pece” Supriyanto, yang menyutradarai tarian kolosal dan musik bambu tada.

“Eko yang menyandang dua gelar doktor membantu koreografi dua tarian pembukaan Festival Morotai, tari Porimoi dan tari Bambu tada sehingga diharapkan Morotai terus mengembangkan atraksi wisata yang menarik,”

Kehadiran Eko Supriyanto bukan sosok sembarangan. Dia adalah penari latar dan koreografer yang kelasnya internasional. Eko pernah bekerjasama dengan penyanyi top dunia Madonna dan terlibat dalam sejumlah tur dunia Madonna.

Eko juga kerap terlibat dalam beberapa kegiatan di Tanah Air. Namun, yang paling mudah diingat adalah sentuhannya di opening dan closing ceremony Asian Games 2018 lalu.

Kehadiran Eko sebagai kurator tari di event Festival Morotai diharapkan mendorong destinasi ini menggali atraksi yang unik dan bagus. Di samping itu, sesuai arahan President Jokowi, setiap minggu ada event daerah yang unggul sehingga mendatangkan banyak wisman.

“Banyak festival dan akses yang baik maka wisatawan berdatangan ke Morotai. Kebiasaan masyarakat menyanyi dan menari merupakan hal baik yang bisa dikembangkan dalam bentuk festival rakyat, “tambahnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.