Menggugah Selera, Kuliner Khas Paskah dari Mancanegara

0
117
Le gigot d’agneau Pascal – Prancis

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Seluruh umat Kristiani bersukacita merayakan hari kebangkitan Kristus atau Paskah, Jumat (19/04/2019). Tentu saja berbagai perlengkapan sudah disiapkan untuk menyambut hari besar ini.

Hari Paskah tentu identik dengan telur, berbagai macam dekorasi hingga hidangan, tentu akan didominasi oleh telur. Namun, nyatanya tidak hanya telur. Sama halnya dengan berbagai hari besar lainnya, perayaan Paskah juga pasti diramaikan berbagai kuliner atau makanan lezat dan unik.

Paskah juga banyak dinantikan anak-anak, karena akan ada banyak makanan manis. Nah, penasaran apa saja makanan khas perayaan Paskah? Berikut sejumlah makanan lezat khas Paskah dari berbagai penjuru dunia.

#. Simnel Cake dan Hot Cross Buns dari Inggris

Awalnya kue simnel adalah kue buah yang dimakan pada hari Minggu selama pra-Paskah di seluruh penjuru Inggris. Bagian atas kue ini dilapisi dengan lapisan marzipan panggang dan 11 atau 12 bola-bola marzipan. Bola-bola tersebut berfungsi untuk merepresentasikan 12 apostel.
Satu lagi kudapan khas Paskah dari Inggris. Roti manis berbumbu ini, secara tradisional dimakan pada Jumat Agung untuk menandai akhir dari masa pra-Paskah. Kegiatan ini telah menjadi tradisi Paskah selama berabad-abad lamanya. Kismis atau anggur kering biasanya digunakan untuk menghias roti, dan lapisan gula digunakan untuk membuat salib di atasnya. Lapisan tersebut dibuat untuk merepresentasikan penyaliban Yesus.

#. Torta Pascualina dari Argentina

Pascua adalah bahasa Spanyol dari Paskah, jadi Tarta Pascualina memiliki arti “Kue Tar Saat Paskah.” Pai gurih ini diisi dengan ricotta, telur rebus, bayam, artichoke, dan peterseli. Makanan ini merupakan hidangan umum selama pra-Paskah, karena hidangan ini tidak memiliki daging. Sebagai gantinya, ada banyak telur yang digunakan dalam membuat hidangan ini, telur-telur tersebut merepresentasikan kebangkitan Yesus Kristus.

#. Capirotada dari Meksiko

Capirotada merupakan roti puding yang disajikan pada Jumat Agung. Resep untuk capirotada ini sangat bervariasi pada berbagai negara, tetapi biasanya hidangan ini dibuat dari bolillo (roti yang mirip dengan baguette). Bolillo yang digunakan biasanya telah direndam dalam sirup yang terbuat dari gula, batang kayu manis, dan cengkeh. Taburan yang biasanya digunakan adalah kacang, buah kering, dan taburan permen kecil. Capirotada dibuat untuk merepresentasikan peristiwa penyaliban: batang kayu manis merepresentasikan salib, cengkeh merepresentasikan paku, dan roti merepresentasikan tubuh Kristus.

#. Fanesca dari Ekuador

Fanesca adalah sup hangat yang terdiri dari berbagai biji-bijian dan kacang-kacangan serta bacalao, ikan cod kering yang telah diasinkan. Bahan yang digunakan memang berbeda di tiap rumah, tetapi biasanya hidangan ini menggunakan kacang fava, labu, jagung, beras, bawang putih, bawang merah, kacang polong, dan susu. Idealnya, ada 12 jenis kacang yang berbeda digunakan untuk membuat sup ini. 12 kacang tersebut digunakan untuk merepresentasikan 12 apostel, sedangkan bacalao merepresentasikan Yesus.

#. Pashka dari Russia

Dibuat dengan keju cottage dan krim keju, pashka adalah hidangan penutup gurih yang bisa dimakan dengan atau tanpa roti. Gundukan keju sering kali dihiasi dengan buah kering dan huruf XB, yang memiliki arti “Kristus telah bangkit.”

#. Le gigot d’agneau Pascal – Prancis

Prancis memiliki resep spesial untuk merayakan Paskah, salah satunya masakan kaki domba atau lebih dikenal dengan nama Le Gigot d’Agneau Pascal. Meski namanya sangat sulit, tetapi ternyata resepnya sederhana. Hanya dengan daging kaki domba, diberi bumbu rempah-rempah, kemudian dipanggang. Tinggal disajikan, deh!

#. Advocaat – Belanda

Bukan seperti makanan pada umumnya, advocaat justru lebih mirip eggnog. Makanan ini terbuat dari telur, gula, dan brendi. Di Belanda, advocaat biasa disajikan saat Paskah. Mereka juga menikmati advocaat sebagai topping untuk waffle.

#. Colomba di Pasqua – Italia

Roti manis satu ini merupakan makanan umum untuk hari libur di Italia. Jika ada panettone saat Natal, maka ada colomba di Pasqua, Italia, saat Paskah. Bentuk roti ini seperti burung merpati yang diisi dengan manisan buah, sedangkan di atasnya diberi topping almond dan gula sebelum dipanggang. Bentuk merpati ini melambangkan simbol perdamaian.

#. Tsoureki – Yunani

Tsoureki merupakan roti manis khas Yunani. Bentuknya seperti roti yang dikepang pada umumnya. Roti ini dikepang tiga sebagai lambang Tritunggal Maha Kudus. Selain itu, di atasnya diletakkan telur puyuh rebus yang berwarna merah yang melambangkan darah Kristus.

#. Chervil soup – Jerman

Di Jerman, Kamis sebelum Paskah dikenal sebagai Kamis Putih atau Kamis Hijau, yang dinamakan Grundonnerstag. Tak heran kalau di Jerman ada tradisi mengonsumsi makanan hijau pada hari itu. Salah satu makanan hijau yang sangat terkenal saat Paskah adalah sup sederhana yang terbuat dari seledri dan peterseli. Unik banget kan?

#. Baked ham – Amerika Serikat

Banyak keluarga di Amerika Serikat menikmati ham panggang saat Paskah. Sebelum menjadi ham panggang yang enak, hewan disembelih dahulu pada musim gugur, dan dimasukkan ke dalam kulkas hingga Paskah. Kemudian, barulah diolah saat Paskah tiba. Gak cuma dipanggang saja, ham ini juga ditambahkan dengan madu, gula merah, serta irisan nanas, supaya lebih terasa.

#. Babka wielkanocna – Polandia

Meski Babka telah menjadi makanan penutup terfavorit di banyak negara, tapi kue tradisional ini telah menjadi sajian wajib saat hari Paskah di Polandia selama bertahun-tahun. Biasanya di atas kue ini diberi taburan gula halus. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.