20 – 21 April 2019, Festival Hadrah

0
105
Hadrah

SOLO, bisniswisata.co.id: Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggelar berbagai kegiatan wisata bernuansa Islami. Salah satunya menggelar Festival Hadrah bertajuk “Cinta Sholawat Cinta Indonesia”. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu-Ahad, 20 hingga 21 April 2019 di beberapa tempat di kota Solo Jawa Tengah.

Festival Hadrah digelar sebagai media Syiar Islam dalam hal sen. Islam itu tidak monoton. Islam itu juga Indah, sehingga akan terkesan bahwa seni Islam itu bisa menjadi penghias suatu daerah dan menciptakan kesan Solo yang damai.

Selain itu, fetival ini sekaligus mempererat Ukhuwah Islamiyah. Juga untuk memelihara tradisi dan kerukunan antar elemen masyarakat Kota Solo yang telah terbangun selama ini, sekaligus menggali potensi, kreativitas serta sebagai ajang pemberdayaan ekonomi warga. Tujuan lainnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan religi ke Solo.

Kegiatan ini disemarakkan dengan beragam acara menarik. Di antaranya, Kirab Hadrah dengan peserta 100 grup Hadrah dari Kota Solo dan sekitarnya, yang tampil dengan kendaraan hias masing-masing. Kemudian, Tabligh Akbar bersama narasumber budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun dan gamelan Kiai Kanjeng.

Selain itu, sajian kesenian akustik Islami, hadrah modern dan sholawat, beragam lomba bernuansa Islami, Festival Kuliner Halal di area parkir Balai Kota Solo, serta aksi kepedulian donor darah. Seluruh rangkaian kegiatan ini bersifat terbuka dan gratis untuk pengunjung.

Festival Hadrah dibuka pada Sabtu (20/4) pukul 14.00 WIB oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo. Kemudian dilanjutkan dengan Festival Kuliner Halal dan Sajian Seni Islami dari Grup Akustik El One. Kegiatan donor darah yang difasilitasi PMI Kota Solo dimulai pukul 15.00–21.00 WIB.

Kirab Hadrah diberangkatkan dari Plaza Sriwedari dan Jalan Bhayangkara. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo direncanakan memberangkatkan Kirab Hadrah pada pukul 15.30 WIB. Peserta Kirab menyusuri Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di depan Balai Kota Solo. Panitia menilai kepada para peserta Kirab Hadrah. Hadiah akan diserahkan pada upacara penutupan pada Ahad (21/4) malam.

Malam harinya, digelar Tabligh Akbar dengan Tausyiah dari Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun beserta Grup Gamelan Kiai Kanjeng di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo.

Hari berikutnya, kegiatan dibuka dengan Senam sehat bersama di halaman Balai Kota Solo, Ahad (21/4). Kemudian dilanjutkan dengan lomba-lomba Islami hingga sore hari. Selanjutnya acara penutupan akan digelar setelah shalat Isya di Pendhapi Gede Balai Kota. Grup Hadrah dan Sholawat Nawa Kartika Indonesia Muda direncakan mengawali upacara penutupan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.