AIRLINES INTERNATIONAL KOMUNITAS

Ketahanan dan Swasembada Pangan ala Emirates Group

• Fasilitas pertanian ramah lingkungan seluas 330.000 meter persegi, dengan investasi sebesar US$40 juta. Per tahun diprediksi menghemat lebih dari 250 juta liter air dan menghasilkan lebih dari 1 juta kg produk bebas pestisida, herbisida, dan bahan kimia.

DUBAI, bisniswisata.co.id: MEMASUKI bulan Juli, pelanggan penerbangan Emirates dan airline pengguna jasa Emirates Flight Catering dapat menyantap salad sayuran segar produk pertanian hidroponik dalam penerbangan mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku jasa katering, unit usaha Emirates Flight Catering bekerjasama dengan Corp One —pengembang pertanian hidroponik–, membangun dan mengembangan fasilitas pertanian hidroponik “Bustanica” di Dubai World Centre, tidak jauh dari fasilitas bandara internasiona Al Maktoum, Dubai.

Fasilitas Bustanica  menelan investasi sebesar US$ 40 juta –seluas 330.000 meter persegi, dirancang untuk menghasilkan lebih dari 1.000.000 kilogram sayuran hijau berkualitas tinggi setiap tahun. Berteknologi pertanian  hemat air 95% lebih dibandingkan pertanian konvensional. Fasilitas tersebut menanam lebih dari 1 m kultivar (tanaman) setiap saat, menghasilkan 3.000 kg tanaman per hari untuk memenuhi kebutuhan bahan baku dapur Emirates Flight Catering.

Bustanica tidak hanya merevolusi hidangan salad di udara, masyarakat di kawasan di UEA juga dapat menambahkan sayuran ini ke keranjang belanja mereka di supermarket terdekat dalam waktu dekat. Bustanica juga berencana untuk memperluas produksi dan penjualan buah-buahan dan sayuran untuk mengisi super market yang ada di kawasan UEA.

Sementara per Juli 2022,  Emirates Flight Catering mempekerjakan 11.000 karyawan untuk menyiapkan rata-rata 200.000 makanan dan menangani 210 ton cucian setiap hari. Salah satu layanan katering untuk maskapai penerbangan, acara publik, katering VIP dan produksi makanan, minuman di lounge bandara serta layanan tambahan laundry. Bermitra lebih dari 100 maskapai penerbangan, grup perhotelan, dan entitas pemerintah UEA.

Ketahanan dan Swasembada Pangan

Salad-segar-dalam-penerbangan
                                                                         Revolusi hidangan salad di udara

Menurut, Chairman and Chief Executive, Emirates Airline Group, H Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum , ketahanan pangan dan swasembada jangka panjang sangat penting bagi
pertumbuhan ekonomi negara mana pun, dan tidak terkecuali UEA.

“ Kami memiliki tantangan khusus di wilayah kami, mengingat adanya keterbatasan lahan subur serta iklim. Bustanica memberikan inovasi baru dan investasi penting untuk pertumbuhan berkelanjutan dan selaras dengan strategi ketahanan pangan dan air,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan sudah selayaknya Emirates Flight Catering berinvestasi dalam teknologi terbaru untuk memuaskan pelanggan, memberikan pelayanan terbaik, dan meminimalkan jejak lingkungan.

Bustanica membantu mengamankan rantai pasokan pangan, dan memastikan pelanggan dapat menikmati produk bergizi yang bersumber dari dalam negeri. Dengan mendekatkan produksi ke pengolahan dan konsumen, perusahaan mengurangi perjalanan makanan dari kawasan pertanian, peternakan langsung kepada konsumen.
Rancang bangun pengembangan pertanian ramah lingkungan Bustanica tidak hanya didukung teknologi dan SDM kompeten dibidangnya. Juga berpedoman pada standar dan tolok ukur pertanian ramah lingkungan yang rendah emisi.

Dari sisi produksi menurut Craig Ratajczyk, Chief Executive Officer, Crop One investasi Bustanica  merupakan rancang bangun menjawab permintaan pasar akan ketersediaan bahan pangan  lokal, segar dan  berkelanjutan.

Bustanica didukung teknologi canggih, seperti machine learning, artificial intelligence, menerapkan metode berkelanjutan. Diperkuat oleh tim ahli internal seperti pakar agronomi, insinyur, ahli hortikultura, dan tanaman. Siklus produksi yang berkesinambungan dan memastikan produk agar tetap segar dan bersih, serta terbebas dari pestisida, herbisida, atau bahan kimia lainnya.

Corp One menggunakan sistem loop tertutup dalam pertanian ini, tidak berdampak pada sumber daya tanah dan tetap dapat panen sepanjang tahun tanpa terhalang oleh kondisi cuaca dan hama. Konsumen dapat langsung mengkonsumsi sayuran Bustanica dari supermarket –mencucinya dapat merusak daun dan menimbulkan kontaminasi. *

Dwi Yani

Representatif Bali- Nusra Jln G Talang I, No 31B, Buana Indah Padangsambian, Denpasar, Bali Tlp. +628100426003/WA +628123948305 *Omnia tempus habent.*