Jalan Sehat Tetap Favorit Perayaan HUT RI ke 74 di Kelurahan Curug Depok

0
9

Jalan sehat, keliling kampung dan berinteraksi sesama warga mewarnai kegiatan warga Depok

DEPOK, bisniswisara.co.id:  Warga RT 002 menggelar beberapa kegiatan di RT 002/002 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari Depok, pada Minggu, 18 Agustus 2019, untuk memperingati Kemerdekaa ke-74 Republik Indonesia.

Kegiatan diselenggarakan selama 2 hari yakni pada tanggal 17 -18 Agustus 2019. Kegiatan dimulai dengan perlombaan-perlombaan, sampai acara puncak pentas seni yang diikuti oleh setiap kalangan dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Jalan sehat dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-74, dengan mengusung tema “Merdeka Negerinya Merdeka Rakyatnya”.
Jalan sehat bukan hanya diikuti oleh warga Rt 002 tetapi para warga lain juga mengikutinya, dengan jarak tempuh 5 KM, titik kumpul di TK Almarhamah.

Jalan sehat ternyata banyak peminatnya, apalagi di tengah peringatan HUT Kemerdekaan RI dan sambil bernyanyi keliling kelurahan Curug, Bojong Sari. Jala  kaki itu termasuk olahraga sederhana yang bisa  lakukan kapan saja dan di mana saja.

Bahkan tanpa sadar sebenarnya hampir setiap hari warga berjalan kaki. Namun ternyata, manfaat jalan kaki tidak sesederhana kelihatannya karena banyak manfaat  dari berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari.

Oleh panitia, jenis lomba ini dipilih karena dari sebuah penelitian tahun 2014 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, membuktikan bahwa berjalan kaki dapat memicu kreativitas.Oleh karena itu, mempraktikkan hal ini setiap hari tentu bisa dijadikan terapi berpikir kreatif.

Jika jarak tempat tinggal hanya sekitar 30 menit dari rumah, maka bisa memanfaatkan hal ini dengan tidak naik kendaraan. Berjalan kaki di pagi hari akan jauh lebih menyehatkan karena sinar matahari pagi menjadi salah satu sumber vitamin D terbaik untuk tubuh.

Buat ibu-ibu di RT kami, iming-iming bisa enurunkan berat badan juga jadi himbauan yang ampuh apakagi bagi warga yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin.

Hal ini berujung pada berkurangnya lemak perut. Berjalan kaki meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya bertumpuk menjadi lemak. Jika asupan kalori sehari-hari ternyata berlebih, maka berjalan kaki 30 menit sehari dapat membakar 200 kalori per minggunya.

Satu lagi dalam urusan mengecilkan perut yang jadi idaman ibu-ibu dan mau ikut jakan sehat ini adalah bisa melancarkan sistem pencernaan enzim pencernaan. Banyak makan berlemak dan karbohidrat, maka usahakan untuk tidak berdiam diri setelahnya.

Berjalan selama 30 menit akan memperlancar kerja sistem pencernaan. Selain itu, manfaat lainnya ialah berjalan kaki setelah makan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan tubuh.

Dibandingkan lomba-lomba lain dan pentas seni, lomba jalan sehat ini yang paling sukses. ” Itung-itung kami berwisara juga keliling kampung apalagi para peserta berjalan sambil menyayikan lagu kemerdekaan,” ungkap Syamsul Bahri, sakah satu panitia

Jalan sehat, mengelilingi rumah penduduk dengan harapan gerakan ini bisa diikuti oleh para warga lain untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia. Para warga yang ikut serta jalan sehat diberi hadiah-hadiah menarik.

Penyelenggara kegiatan RT 002/002, Karmen, menyampaikan kegiatan ini adalah semata mata untuk mengenang jasa para pahlawan Bangsa yang sudah mengorbankan segenap Jiwa dan raga demi untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia, bukan hanya sekedar mengadakan perlombaan dan jalan sehat saja, tetapi makna dari kemerdekaan itu sendiri ditinggalkan.

“Jalan sehat ini baru perdana dilaksanakan, harapannya yang akan datang akan diselenggarakan rutin tiap tahunnya dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Beliau berharap kesadaran warga harus tetap tumbuh dalam mengenang jasa para pahlawan,” kata Karmen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.