Gaet Wisatawan, Waduk Jatiluhur Dilengkapi Masjid & Hotel Terapung

0
26
Camping ground di Waduk Jatiluhur Purwakarta (Foto: www.maszaladventure.com)

PURWAKARTA, bisniswisata.co.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil rencana membangun masjid terapung di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Rencananya, proyek pembuatan masjid terapung seluas 20×20 meter itu akan dimulai dalam waktu dekat dan ditargetkan rampung pada Januari 2020. Tujuannya untuk menggaet wisatawan untuk berwisata di waduk Jatiluhur.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, proyek masjid terapung jadi bagian dalam pengembangan wisata Waduk Jatiluhur yang rencananya akan bertransformasi menjadi area wisata terpadu.

“Hari ini mengunjungi Jatiluhur kali ketiga untuk terus memberikan dukungan persiapan Jatiluhur akan kita transformasi sebagai kawasan wisata internasional,” kata Ridwan Kamil saat berkunjung ke Waduk Jatiluhur, Minggu (18/8/2019).

Menurut Ridwan, sudah ada beberapa rencana yang disepakati. Misalnya, pembangunan lokasi pengunjung di dekat waterboom dan masjid terapung. “Yang paling istimewa kita akan membuat masjid terapung. Sehingga orang yang mau sembahyang ada dua pilihan, bisa di darat atau di air, naik perahu,” tutur Emil.

Selain meninjau lokasi yang rencananya bakal dijadikan hotel terapung di daerah Pamundingan. Diprediksi, dibutuhkan sekitar Rp 20 miliar untuk membangun hotel terapung di lokasi tersebut. “Kemudian di kawasan Pamundingan kita tawarkan investasi hotel, tapi hotelnya supaya khas Jatiluhur, dia berada di air, pakai pelampung dengan akses 20 menit dari visitor center,” tutur Emil sambil memastikan tak ada warga yang dirugikan dalam proses pengembangan wisata di Waduk Jatiluhur.

Waduk Jatiluhur, salah satu destinasi wisata menarik di Purwakarta. Lokasinya di kecamatan Jatiluhur, 9 km dari pusat kota. Waduk Jatiluhur memiliki beberapa beberapa keunikan tersendiri dibanding waduk lainnya di Indonesia.

Saat ini pengembangan wisata di waduk Jatiluhur semakin memesona dengan hadirnya spot kekinian di beberapa sudutnya. Waduk yang dibangun tahun 1957 dan dioperasikan tahun 1967 ini, merupakan waduk terbesar di Indonesia. Tak heran jika luas genangannya menjadi pemandangan yang indah baik dilihat dari sisi waduk maupun dari puncak gunung yang ada di sekitarnya.

Kini, Perum Jasa Tirta II berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk pengembangan wisata di waduk Jatiluhur ini. Rencananya pengembangannya akan dimulai pada tahun 2020. Tanpa menunggu 2020 pun sekarang sudah banyak spot kekinian lho, seperti landmark Jatiluhur berwarna-warni yang dapat dijadikan latar apik foto para pengunjung.

Juga ada spot menarik untuk dikunjungi wisatawan, antara lain:

#. Si “Morning Glory”
Di dunia hanya ada beberapa bendungan yang memiliki tipe pelimpah Morning Glory, yang ukurannya besar ada di dua negara, Indonesia dan Amerika Serikat. Kerennya, bendungan Jatiluhur inilah yang terbesar Morning Glorynya. Penyebutan Morning Glory dikarenakan bentuknya yang mirip terompet atau mulut bunga kecubung.

#. Istora resort dan cafe jadi spot foto
Salah satu spot instagramable yang ada di waduk Jatiluhur adalah Istora resort and cafe. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung harus membayar Rp10 ribu dan dapat menikmati pemandangan lepas waduk Jatiluhur serta mengabadikan momen berkesan dengan pasangan, keluarga maupun teman. Tak hanya tempat untuk makan, kawasan Istora ini juga merupakan penginapan favorit pengunjung karena berhadapan langsung dengan waduk Jatiluhur.

#. Lautan lampu dari keramba ikan yang berjejeran!
Tak hanya indah di siang hari, waduk Jatiluhur pun tampak menawan di malam hari. Ini disebabkan adanya sorot lampu dari keramba ikan dan wilayah sekitar waduk.

#. Pesona senja yang memikat
Menikmati senja di waduk Jatiluhur adalah pilihan terbaik memandangi matahari tenggelam. Cukup duduk manis di bebatuan pinggiran waduk, nikmati semilir angin dan matahari yang perlahan menghilang di sisi barat. Apalagi kalau sama pasangan, momen yang tak terlupakan pasti!

#. Instagenic
Mau dinikmati dari sisi manapun, waduk Jatiluhur akan menampilkan pemandangan yang memesona, apalagi hamparan air di waduknya dipadu dengan gunung yang menjulang, seperti gunung Parang. Nah, sekarang sudah ada spot kekinian seperti bangku berframe rangkaian bunga berbentuk hati ini. Nggak melulu dengan pasangan, sendiri pun juga berkesan!

#. Balon terbang bisa jadi spot foto pilihan
Di sisi lain waduk Jatiluhur, adapula pernak pernik foto berupa saung kecil dengan balon raksasa. Pengunjung dapat naik ke saungnya dan berpose sesuai selera. Tenang, fotomu tetap indah dengan hamparan rumput sisi waduk dan indangannya gunung yang menjulang, bak lukisan!

#. Ayunan pinggir waduk
Tak hanya balon udara atau frame cinta, ayunan di pinggir waduk ini juga menjadi spot menarik mengabadikan momen. Bergaya ingat kenangan dengan latar waduk yang sayu bisa jadi pilihanmu. Atau jika kamu sedang dalam kebahagiaan, senyum lepasmu berpadu birunya air waduk akan tampak menawan.

10. Kapal dramatis
Ujung kapal adalah salah satu spot foto terbaik yang sering digunakan untuk foto pasangan yang hendak maupun telah menikah. Tentunya, bisa bergaya ala Titanic atau pun bersama kawan-kawan juga tetap berkesan.

#1. Stand up paddle
Event The 1st Jatiluhur Stand up Paddle & Kayak Exhibition 2019 sebagai wujud pemanfaatan dan pengembangan wisata di waduk Jatiluhur. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, buat kamu yang ingin mencoba olahraga air favorit ibu Susi ini bisa datang ke waduk Jatiluhur.

#. Camping Ground
Di Waduk Jatiluhur juga ada camping groud yang lokasinya yang sangat luaas, dekat danau, pemandangan gunung yang indah, udara yang dingin, banyak pohon buat hammockan, juga banyak warung-warung yang stand by 24 jam. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.