EVENT HALAL KULINER

5 Hidangan Tradisional Pendamping Ketupat untuk Memeriahkan Hari Raya

Ketupat sayur. opor ayam, rendang, semurvdaging dan sambal goreng ati, lima menuvtradisional di meja makan saat Merayakan Idul Fitri.

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Lebaran rasanya kurang lengkap tanpa adanya masakan tradisional yang biasa disajikan sebagai pelengkap saat makan ketupat.

Berikut ini kami ulas beberapa masakan lebaran untuk Anda coba di rumah:

1. Sayur Ketupat Betawi
Sayur khas betawi yang satu ini sangat cocok disajikan saat lebaran. Untuk membuatnya, bahan yang perlu anda siapkan adalah buah pepaya muda, kacang panjang, santan instan dan air.

Siapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, kemiri lalu haluskan. Jangan lupa siapkan gula jawa, gula pasir, garam, sedikit penyedap dan daun salam.

Kupas dan serut pepaya muda, potong potong kacang panjang, lalu kukus sebentar. Tumis bumbu halus dan kemiri, masukkan daun salam dan didihkan bersama air. Masukkan sisa bumbu, pepaya muda yang telah di potong, kacang panjang , koreksi rasa, lalu sajikan dengan taburan bawang goreng.

2. Opor Ayam

Siapa yang bisa menolak potongan ayam lembut dan juga aroma rempah yang wangi, juga gurihnya kuah santan. Dibalik tampilan dan rasanya yang menggugah selera, ternyata opor ayam juga sangat mudah untuk dibuat.

Ada 2 jenis opor yang ada di Indonesia, yakni opr ayam kuning dan opor ayam putih. Peredaannya terletak di penggunaan kunyit pada bumbunya.

Konon, opor ayam putih lebih dikenal di kalangan keturunan Cina di Indonesia. Sementara opor ayam kuning lebih dikenal dalam budaya jawa karena penggunaan kunyit dianggap membuat warnanya lebih cantik dan baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk kamu yang menghabiskan lebaran tahun ini di rumah, saatnya mencoba membuat opor ayam, baik putih maupun kuning, sesuai dengan seleramu.

3. Rendang

Masakan khas Padang yang satu ini juga sangat nikmat. Hanya dengan mencocol ketupat dengan bumbu rendang tanpa dagingnya pun sudah lezat.

Untuk membuat rendang dari dua kilogram daging sapi, dibutuhkan 1,5 liter santan kental dan 2 liter santan encer yang diambil dari lima butir kelapa tua.

Bumbu bumbunya memang cukup banyak, tapi inilah jaminan rasa rendang yang sedap. Bahan yang diperlukan yakni 300 gram cabai keriting, 200 gram bawang merah, 100 gram bawang putih, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, jahe, cengkeh, bunga lawang, kapulaga, biji pala dan ketumbar.

4. Semur Daging

Masakan yang satu ini juga jadi salah satu masakan yang dicari untuk melengkapi makan ketupat. Untuk 1kg daging sapi, dibutuhkan 15sdm kecap manis, gula merah, daun salam, dan lengkuas.

Untuk bumbunya, siapkan 10 siung bawang merah , 5 siung bawang putih, 5 butir kemiri, ebi kering, ketumbar bubuk, kaldu bubuk, garam dan lada serta air untuk memasaknya.

5. Sambal Ati Kentang

Makanan yang ini juga wajib hadir di saat lebaran sebagai teman ketupat dan opor ayam. Rasanya yang pedas dan gurih cocok untuk dinikmati bersama nasi panas dan makanan lainnya. Yuk buat sambal ati kentang sendiri untuk lebaran nanti.

Jangan lupa makan secukupnya, agar keberkahan Idul Fitri tidak berkurang karena makan dengan berlebihan.

Arum Suci Sekarwangi