Tiga Tahun Terakhir, Kepulauan Seribu Diserbu Wisatawan

0
19
Perahu wisata bersandar di Pulau Onrust Kepulauan Seribu (Foto: Tempo.co)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Dalam tahun terakhir, Kepulauan Seribu diserbu wisatawan mancanegara (wisman). Peningkatan ini sejalan dengan gencarnya promosi wisata pantai dan pulau yang menarik di dalam maupun luar negeri, sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

Berdasarkan data Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu, jumlah turis asing tahun lalu tercatat sebanyak 28.963 orang, naik tipis dari 2017 sebesar 28.731 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun 2015 misalnya, jumlah turis mancanegara yang melancong ke Kepulauan Seribu hanya 10.836 orang. Sementara tahun 2016 sebanyak 24.517 turis asing.

“Lonjakan turis asing dipicu oleh gencarnya promosi pariwisata yang dilakukan pemerintah dan swasta yang mengelola bisnis resort di Kepulauan Seribu,” papat Seksi Kebudayaan Suku Dinas Kepualau Seribu Abdul Haiv, Rabu (14/08/2019)

Seperti dilansir laman Kontan, Haiv melanjutkan untuk mengimbangi terus meningkatnya turis asing, pemerintah terus meningkatkan fasilitas dan standar pelayanan kepada tamu. Antara lain bimbingan teknis (bimtek) yang diberikan kepada pengelola dan pemilik homestay warga setempat.

Saat ini terdapat ratusan homestay yang tersebar di beberapa pulau yang menjadi destinasi wisata pemukiman. Antara lain Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, Pulau Lancang, dan Pulau Tidung. “Di Pulau Pramuka saja ada 50 homestay disewakan untuk wisatawan,” lontarnya.

Diakui, sudah beberapa kali memberikan pelatihan hospitality kepada pemilik homestay. “Ya pelatihan pelayanan bagaimana menjamu tamu yang ramah sesuai standar tempat wisata,” ujar Abdul.

Juga pelatihan yang diberikan kepada para tour guide. Saat ini total ada 50 tour guide resmi yang terdaftar di Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu. “Kami terus meningkatkan kualiatas sumber daya manusia untuk mengimbangi perkembangan pariwisata yang terus meningkat,” kata Abdul.

Beberapa destinasi wisata unggulan di kepulauan dekat Jakarta antara lain:

#. Pulau Untung Jawa
Pulau Untung Jawa berlokasi di sebelah barat teluk Jakarta. Pulau ini terkenal dengan sebutan Desa Wisata Nelayan. Sehingga jika datang kemari jangan sampai lupa untuk menjajal aneka kuliner ikan yang diolah menjadi berbagai jenis masakan. Pulau Untung Jawa menyediakan wahana water sport seperti banana boat.

#. Pulau Harapan
Pulau Harapan merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini termasuk ke dalam 30 pulau yang masuk ke dalam wilayah administrasi Kepulauan Harapan. Untuk mengelilingi Pulau Harapan hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit jika ditempuh menggunakan motor. Pulau Harapan memiliki banyak spot untuk snorkeling. Perairannya yang jernih membuat snorkeling di Pulau Harapan menjadi agenda yang sayang jika dilewatkan.

#. Pulau Bidadari
Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di antara gugusan Kepulauan Seribu yang lokasinya dekat dengan Jakarta. Pulau ini juga disebut-sebut sebagai pintu gerbangnya Kepulauan Seribu. Di Pulau Bidadari kita bisa menemui cottage yang mengusung 3 kebudayaan berbeda yakni Betawi, Pecinan dan Heritage. Pulau Bidadari memiliki sejarah cukup unik. Dulunya, dulu pulau ini merupakan rumah sakit. Di pulau ini kita bisa melihat Benteng Martello, sebuah benteng peninggalan Belanda yang runtuh akibat adanya peristiwa meletusnya Gunung Krakatau.

#. Pulau Kelor
Pulau Kelor berlokasi di dekat Pulau Bidadari. Pulau ini merupakan pulau berpasir putih, dan memiliki ukuran yang sempit. Karenanya pulau ini kemudian disebut dengan Pulau Kelor. Sama halnya dengan Pulau Bidadari, di Pulau Kelor terdapat pula Benteng Martello. Lokasi pulau ini beberapa kali pernah digunakan untuk acara pernikahan beberapa selebriti. Pulau ini merupakan pulau yang tak berpenghuni.

#. Pulau Perak
Menuju ke Pulau Perak, Anda bisa berangkat dari dermaga Muara Angke atau Kali Adem, Jakarta Utara menuju Pulau Harapan. Dari Pulau Harapan nantinya pengunjung bisa menyewa kapal kecil untuk menuju ke Pulau Perak. Pulau Perak merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di Kepulauan Seribu. Anda juga bisa snorkeling di lautnya yang jernih.

#. Pulau Pari
Menggunakan kapal nelayan, menuju Pulau Pari bisa ditempuh selama 1-2 jam dari kota Jakarta. Menghabiskan waktu di Pulau Pari pengunjung bisa menempati rumah-rumah yang disewakan maupun hostel yang disewakan dengan harga terjangkau. Berada di Pulau Pari pengunjung bisa menjajal snorkeling maupun diving.

#. Pulau Dolphin
Beralih ke Pulau Dolphin yang tidak kalah eksotis dengan pulau lain. Untuk menuju Pulau Dolphin ini cocok sekali untuk tempat camping karena masih sepi dan alami. Pengunjungnya juga tidak terlalu banyak dibanding pulau terkenal lain seperti Pulau Tidung. Pulau Dolphin memang lebih kecil dari pada pulau lainnya, namun baharinya tidak perlu diragukan lagi. Snorkeling merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di pulau ini. Tapi harus hati-hati dalam ber-snorkeling, karena terdapat bulu babi di sekitar perairan.

#. Pulau Macan
Yang terakhir ini adalah pulau yang terletak di utara Kepulauan Seribu. Pulau Macan memiliki perairan berwarna biru kehijauan yang eksotis. Pulau ini berada di selatan Pulau Harapan. Uniknya, di Pulau Macan ini terdapat penginapan atau resort sederhana namun indah di bibir pantai. Meskipun penginapan umumnya terbuat dari kayu, tapi tetap keren dan nyaman layaknya Maldives.

#. Pulau Pramuka
Kali ini juga merupakan destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka menyuguhkan keindahan alam terutama bahari bawah laut yang luar biasa indah. Cocok sebagai spot snorkeling. Pengunjung dapat melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan karang berwarna-warni di Pulau Pramuka. Pastinya sebuah pengalaman tak terlupakan dengan mengintip kehidupan bawah laut yang masih terjaga. Yang terkenal dari Pulau Pramuka adalah penangkaran penyu. Pengunjung bisa mengamati penyu-penyu muda maupun dewasa. Biasanya, penyu dewasa akan dilepas kembali ke pantai. Wah, seru ya melihat penyu yang unyu dikembalikan lagi ke habitat aslinya.

#. Pulau Tidung
Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau Tidung ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Di antara Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil ada jembatan fenomenal yang bisa dilewati untuk membelah lautan yang biru, Jembatan Cinta. Di Jembatan Cinta ini, banyak pengunjung menikmati sunset yang indah. Tak lupa dengan mengabadikan momen jarang itu. Di Pulau Tidung juga tersedia permainan air yang seru seperti banana boat. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.