Sosok Bripka Suranto, Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan dan Produk Penunjang Pariwisata  

0
26

Bripka Suranto saat mendampingi warga untuk ketahanan pangan dan dorong  produksi dodol salak

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: kata fastabiqul khairat yang artinya berlomba-lombalah untuk berbuat kebajikan yang sesuai dengan tuntunan agama, sesuai dengan perintah allah tampak dalam aktivitasnya sehari-harinya.

Itulah Sosok Bripka Suranto, Bhabinkamtibmas Polres Kulon Progo yang sukses mendampingi warga wujudkan ketahanan pangan sejak wabah pandemi CKVID-19 menerpa Indonesia bahkan  seluruh dunia.

Banyak warga yang gelisah karena khawatir kebutuhan primer terutama makan tak dapat terpenuhi. Nah, untuk mengurangi kegelisahan tersebut, Bripka Suranto seorang anggota Bhabinkamtibmas Polsek Girimulyo Polres Kulon Progo, Yogyakarta ini berinisiatif mendampingi warga untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Sebagai anggota Polri, sosok yang bersahaja ini merasa terpanggil dan bertanggung jawab atas penghidupan warga ditengah pandemi. Apalagi, masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan Menoreh tersebut tentu semakin kesulitan mendapatkan pemasukan lantaran hanya mengandalkan dari kebun dan ternak..

“Agar warga punya aktivitas produktif dan bernilai ekonomi. Saya mengajak warga untuk mengolah salak menjadi dodol salak. Sehingga, dodol tersebut dapat dipasarkan ke kota-kota dan dapat disimpan bertahan lama sampai nanti obyek wisata dibuka, memasuki  New Normal,” kata Bripka Suranto.

Produk dodol salak dan minuman instan untuk oleh-oleh wisatawan

Dodol salak buatan warga bukit Menoreh pun mendapat sambutan positif masyarakat. “Dodol salak dikemas dengan baik dan dipasarkan ke Kota Jogja,” terang Suranto.

Selain dodol salak, Suranto juga mendampingi warga membuat makanan ringan berupa keripik pegagan. Biasanya, rumput pegagan ini hanya digunakan sebagai pakan ternak. Ditangan Suranto dan warga bukit menoreh, olahan keripik pegangan terasa lezat dan renyah.

“Ada juga warga yang membuat obat herbal dari bahan jahe, kunyit dan rempah-rempah. Minuman herbal ini sangat cocok untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah sakit dan capek. Tentunya bisa meningkatkan imunitas dan Insya Allah bisa menangkal dari paparan virus Corona itu” ungkap Suranto.

Menurut dia, dalam kondisi apapun masyarakat harus tetep semangat dalam menjalankan aktivitas dan kreatif sehingga dalam masa sulitpun tetap mampu berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Sesuai arahan dari atasannya, Kapolres Kulonprogo, AKBP Tartono agar masa tatanan kehidupan baru harus disiapkan dengan baik, maka dia banyak mendampingi warga untuk melakukan pendisiplinan terhadap protokol kesehatan, mencegah penyebaran Virus Corona di wilayah Kulonprogo

“Kami minta anggota masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, jaga jarak dan lainnya,” jelasnya.

Tak heran buah dari kepedulian Bripka Suranto, dalam apel gelar pasukan untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi masa tatanan kehidupan baru sekaligus kesiapan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020, dia termasuk yang mendapat penghargaan dari Kapolres Kulonprogo.

Bripka Suranto Bhabinkamtibmas Desa Girimulyo dan rekan-rekannya seperti Bripda Arif Mutohar Bamin Subbaghumas Bagops dan Bripda Yusuf Kurniawan Bamin Subbaghumas Bagops yang telah membuat video Kulonprogo Peduli Polres Kulonprogo Berbagi dalam aksi solidaritas di tengah pandemi Covid-19.

Sosok Bripka Suranto, selain sukses meampingi warga wujudkan ketahanan pangan juga kegiatan usaha kecil pembuatan dodol salak yang mendukung pariwisata Kulonprogo sebagai oleh’oleh yang khas.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.