Ready To Wear Ala Schiaparelli dan Ralph&Russo di Paris Fashion Week

0
26
Karya Ralph&Russo di Paris Fashion Week 2019

PARIS, bisniswisata.co.id: Apa jadinya jika dua rumah mode couture merambah ke ranah siap-pakai? Rumah mode legendaris Schiaparelli yang berbasis di Paris dan rumah mode yang berasal dari Inggris menjadi contoh model bisnis mode super eksklusif namun berisiko tinggi. Untuk pertama kalinya, dua rumah mode ini menggelar fashion show untuk koleksi siap pakai pertama kali di Paris, meski keduanya tidak masuk dalam kalender resmi Paris Fashion Week.

Seperti dilansir CNN, Kamis (03/10/2019), Maison Schiaparelli didirikan Elsa Schiaparelli tahun 1927. Setelah tutup tahun 1954, rumah mode Schiaparelli ‘tidur lelap’ selama hampir 6 dekade sebelum buka kembali dengan pemilik dan desainer baru.

Ketika posisi kepala kreatif dipegang oleh Bertrand Guyon di tahun 2017, Schiaparelli kembali mendapat gelar ‘haute couture’, dan baru kali ini, dengan desainer Daniel Roseberry, Schiaparelli mengadakan pagelaran show untuk koleksi ready-to-wear pertama kalinya.

Koleksi perdana siap pakai karya Daniel Roseberry untuk rumah mode couture Schiaparelli merupakan sebuah kumpulan dari semesta alternatif yang berbeda-beda. Salah satu temanya adalah sebuah menara yang diselimuti dengan bunga, di mana idenya berasal dari flowery head, keyakinan Elsa Schiaparelli yang memasukkan benih ke hidung dengan keyakinan bahwa benih itu akan tumbuh dan mempercantik dirinya.

Alih-alih memakai warna shocking pink menyala yang merupakan ciri khas Schiaparelli, Roseberry menggunakan pink blush lembut, hijau rumput laut, rona tanah, dan biru cyan. Potongan-potongan jaket klasik disandingkan dengan elemen-elemen surealis yang kental, seperti payet berbentuk kerumunan semut, hiasan bulu warna-warni layaknya Cendrawasih, hingga aplikasi make up tiga dimensi warna-warni dengan corak katak pohon beracun Ranitomeya amazonica.

Ready-to-wear yang dikembangkan dari sebuah koleksi haute couture ini memiliki tingkat kematangan dan teknik eksekusi yang baik. Strategi hyper-exclusive yang dijalankan oleh Schiaparelli juga tidak biasa. Koleksi siap pakai mereka di kawasan elit Place Vendome hanya bisa dikunjungi dengan perjanjian sebelumnya (by appointment only).

Sementara rumah mode Ralph&Russo yang ‘baru’ berusia 10 tahun, memulai bisnis mereka dari couture. Dipakai oleh banyak selebriti dunia seperti Kyle Minogue, Angelina Jolie, dan Beyonce hingga keluarga kerajaan Inggris, Ralph&Russo merupakan rumah mode eksklusif yang sejak dua tahun lalu telah meluncurkan koleksi siap pakai, meski hanya tersedia di London, Paris, dan Dubai.

Dengan didukung oleh salah satu atelier couture terbesar di Inggris, dengan lebih dari 200 artisan yang bekerja untuk koleksi couture, tidak heran jika Tamara Ralph meluncurkan koleksi prêt-à-porter yang juga memiliki kualitas sekelas couture.

Warna-warna pastel ceria yang mengingatkan akan tumpukan es krim di musim panas mendominasi runway yang berwarna pink segar. Koleksi ini memiliki range yang lebar, dari gaun santai, baby doll, mantel mandi yang dipasangkan dengan sandal lembut berwarna biru muda, hingga gaun-gaun malam yang mewah bertabur kristal dan dihiasi sulaman bulu burung unta.

Gaun-gaun ringan berbahan sutera memilik struktur yang simpel, dan setelan-setelan memiliki siluet yang santai. Dan untuk pertama kalinya, Ralph&Russo juga mengeluarkan sepatu sneakers. Sebuah koleksi yang fun. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.