Presiden Jokowi: Manfaatkan Peluang Pertumbuhan Pariwisata Dunia

0
340
Presiden Jokowi foto bersama wisatawan asing di Pantai Kuta Bali diharapkan dongrak kunjungan turis asing (Foto: Trendsmap)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Media sosial Instagram, twitter dan facebook benar-benar dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengangkat, mengenalkan mempromosikan pariwisata Indonesia. Tiada hari tanpa informasi pariwisata yang diunggah kepala negara di media sosial. Dengan sebuah harapan pariwisata Indonesia lebih maju, lebih dikenal dan lebih banyak dikunjungi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

“Pertumbuhan pariwisata dunia berada pada angka 7%, sementara pertumbuhan ekonomi dunia hanya 3,5%. Artinya, pertumbuhan pariwisata dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi dunia,” papar Presiden Jokowi dalam akun Instagram resminya, Kamis (29/11/2018). Akun Instagram-nya, @jokowi yang diikuti 13,8 juta followers dalam unggahan terbaru ini mendapatkan lebih dari 47.790 likes dan 830 komentar.

Data ini berasal dari laporan United Nations World Tourism Organization (UNWTO), badan PBB yang mengurus isu pariwisata, yang dirilis pada Januari 2018. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa kunjungan turis secara global naik 7% pada 2017 menjadi 1,32 miliar. Angka itu melampaui prediksi dan tren pertumbuhan yang berlangsung sejak 2010, yang konsisten berada di level 4%.

Pertumbuhan tersebut juga sekaligus menjadi capaian tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Pertumbuhan ini diharapkan berlanjut pada 2018, dengan proyeksi peningkatan sebesar 4%-5%. Laporan itu juga menyatakan kawasan Asia Pasifik mencatatkan kenaikan kunjungan sebesar 6% pada 2017. Untuk tahun ini, peningkatannya diproyeksi sekitar 5%-6%.

Jokowi melanjutkan ini adalah peluang yang mesti dimanfaatkan, sekaligus menjadi alasan dijalankannya program 10 Bali Baru. Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia terus meningkat, meski sempat terjadi gempa bumi dan tsunami.

Kepala Negara mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan kunjungan wisman mencapai 11,9 juta selama Januari-September 2018 atau naik 11,81% secara year-on-year (yoy) dari sebelumnya 10,7 juta kunjungan. Pemerintah menargetkan 20 juta kunjungan wisman pada 2019. Target untuk tahun ini adalah 17 juta.

Kawasan masuk dalam program 10 Bali Baru alias destinasi pariwisata unggulan adalah Danau Toba di Sumatra Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunggah sebuah foto di akun Instagram-nya, @jokowi, tentang tempat wisata Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Hingga Selasa (27/11/2018) siang, unggahan Jokowi ini mendapatkan lebih dari 333.000 likes dan lebih dari 5.000 komentar. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.