Lebaran Kedua: TMII, Monas, Kota Tua & Ragunan Didominasi Turis Lokal

0
147
Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan ( ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pd/13.)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Momen libur Idul Fitri 1440 Hijriah dijadikan sebagian warga DKI Jakarta yang tidak mudik ke kampung halaman untuk berlibur ke tempat wisata yang berada di sekitaran Ibu Kota. Tempat wisata di Jakarta: Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kota Tua tugu Monumen Nasional (Monas) dan Kebun Binatang Ragunan didominasi turis lokal.

Hari kedua Lebaran, jumlah pengunjung TMII sudah mencapai lebih dari 40 ribu orang. “Jumlah kendaraan yang masuk ke TMII sebanyak 7.303 unit. Angka tersebut dengan rincian, kendaraan bus 39 armada, kendaraan roda empat atau mobil 2.669 unit, dan kendaraan roda dua atau sepeda motor 4.595 unit,” papar Ketua Pekan Lebaran TMII Dwi Atmojo, Kamis (06/06/2019).

TMII menggelar Pekan Libur Lebaran yang berlangsung pada 5 hingga 23 Juni 2019. Masyarakat bisa memasuki tepat wisata tersebut dengan membeli tiket seharga Rp25 ribu. Di TMII sendiri, pengunjung bisa menikmati beberapa objek wisata, seperti anjungan rumah adat, Sky World, kereta gantung, Snow Bay, dan masih banyak lainnya.

Juga menampilkan beragam panggung hiburan dan pertunjukan untuk memeriahkan liburan edisi lebaran 2019. Hiburan dan pertunjukan itu akan berlangsung mulai hari pertama Idul Fitri hingga H+4 lebaran. “Kita dari hari pertama sampai ke empat mempergelarkan kesenian-kesenian baik tradisional yang keliling maupun kesenian musik-musik,” sambungnya.

TMII menyebar tontonan tersebut di panggung-panggung yang telah disediakan. Selain itu, dia mengatakan, terdapat kuliner khas dari berbagai daerah untuk memanjakan pengunjung seolah berada di kampung halaman sendiri. “Itu kita sebar kepanggung-panggung. Selain kesenian tradisional yang banyak ditampilkan di anjugan-anjungan ada juga kuliner khas daerah,” tuturnya.

Sejak pertama lebaran, dia mengatakan, tontonan itu telah di pertunjukkan di area TMII. Dia meyakini, para penganjung akan terhibur dan ketagihan untuk berkunjung ke TMII. “Di depan itu (pintu utama) ada Panggung Pintar, Putro Pendowo, Panggung di Dermaga, Panggung di Foodcourt dan juga ada panggungnya di parkir musium,” tuturnya.

Meskipun tersedia beragam tontonan, kata Dwi, harga tiket mengalami sedikit kenaikan yang masih relatif terjangkau. Dia menyebut, kenaikan harga tiket masuk hanya sebesar lima ribu rupiah saja.

Monas

Kawasan wisata lapangan dan Tugu Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, hari kedua libur Lebaran 2019, Kamis (6/6), dikunjungi 24.611 orang turis lokal. Kamis ini, Monas pertama kalinya dibuka untuk perayaan libur Lebaran 2019, setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Monas dan kawasan wisata lainnya di Ibu Kota pada hari pertama Lebaran.

“Hari ini sampai pukul 14.30 WIB saja, pengunjung sudah 24.611 orang ke kawasan lapangan Monas. Kalau yang naik ke Tugu Monas sebanyak 8.972 orang,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas, Munjirin.

Parkiran mobil dan motor Pintu IRTI Monas sudah dipenuhi kendaraan pengunjung sejak pukul 13.00 WIB. Lokasi kuliner juga tidak kalah ramai. Memasuki sekitaran Monas, banyak warga menikmati taman sebagai lokasi duduk santai bersama keluarga. Di antara mereka pun membawa sendiri bekal makan siang dari rumah dan menikmatinya di atas tikar.

Munjirin mengatakan pengunjung Monas biasanya semakin ramai pada sore hingga malam hari. Sebagian besar pengunjung Monas juga menantikan pagelaran Air Mancur Menari yang akan ditampilkan pukul 20.00 WIB dan 21.00 WIB.

Dirediksi pengunjung Monas akan membludak hingga Minggu 16 Juni nanti. “Lonjakan pengunjung sampai dengan 16 Juni 2019,” kata Munjirin sambil menambahkan agar pengunjung nyaman pihaknya telah menambah loket penjualan kartu jack card, mobile toilet, ambulan, dan petugas para medis.

Pengunjung tetap diminta menjaga kebersihan dengan membuang sampah ditempat yang telah disediakan karena kawasan Monas adalah milik bersama. Bagi bara orangtua juga tetap waspada menjaga putra putrinya. “Jaga barang bawaan jangan sampai tertinggal atau hilang,” .

Ragunan

Jumlah pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sudah melebihi target pencapaian pengunjung hari ini. Sebelumnya, ditargetkan pengunjung hari ini mencapai 70 ribu. Nyatanya jumlah pengunjung hingga pukul 13.00 WIB sudah mencapai 72 ribu, kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsono Ketut di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Ketut Widarsono Ketut mengatakan tidak menutup kemungkinan jumlah pengunjung terus bertambah mengingat tempat ini buka hingga pukul 17.00 WIB.”Sampai sore hari ini estimasi kita bisa masuk 20 ribu pengunjung lagi,” imbuhnya.

Ia mengimbau pengunjung tidak membuang sampah di sembarang tempat. Tak hanya itu, ia juga mengingatkan agar pengunjung memperhatikan barang bawaan masing-masing, serta tidak lalai dalam mengawasi anggota keluarga mereka.

“Kita selalu mengimbau kepada pengunjung agar tidak buang sampah sembarangan, agar selalu mengawasi anak-anaknya agar tidak terlepas dari pantauan orang tua, terus jangan mengganggu satwa dengan memberikan makan, melepar benda ke dalam kandang. Kita selalu menghimbau dari pengeras suara,” seru Ketut.

Kota Tua

Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua memperkirakan puncak kepadatan pengunjung di kawasan wisata di Jakarta Barat itu akan terjadi pada 8-9 Juni 2019, dua hari sebelum berakhirnya libur Idul Fitri 1440 H. “Pada hari kedua Lebaran ini ada peningkatan pengunjung yang signifikan, dan diperkirakan antisipasi untuk puncaknya pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6),” ujar Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Norviadi Setio Husodo di Jakarta, Kamis (6/6).

Hari pertama Lebaran jumlah pengunjung kawasan wisata Kota Tua sudah mencapai lebih dari 30.000 orang, dan pada hari kedua Lebaran ini diperkirakan mencapai lebih dari 50.000 orang. Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan, telah mengerahkan secara penuh sumber daya yang ada untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan ketersediaan listrik di kawasan wisata tersebut.

“Berbagai fasilitas telah disiapkan oleh pengelola kawasan Kota Tua selama musim libur Lebaran, yang utama untuk antisipasi membludak pengunjung di Kota Tua yang diprediksi jatuh pada Sabtu (8/6) atau Minggu (9/6) menjelang liburan berakhir,” kata Norviadi. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.