Home INDEX Komunitas Motor Diajak Jokowi Touring sambil Sidak

Komunitas Motor Diajak Jokowi Touring sambil Sidak

1
612
Presiden Jokowi dengan komonitas motor melakukan touring sambil sidak (Foto: Kumparan.com)

SUKABUMI, bisniswisata.co.id: Komunitas klub motor dari Elders, Cleveland, komunitas artis diajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan touring sambil sidak meninjau dua lokasi Padat Karya Tunai, di Desa Pasir Suren dan Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat, Ahad (8/4/2018).

Dalam touring, Presiden Jokowi memilih mengendarai sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc, dimodifikasi bergaya Chopperland yang dibeli dari produsen nasional pada Januari 2018. Sepeda motor bernomor polisi B 6366 ZJV warna kuning emas ini, menjadi kebanggan kepala negara.

“Hari ini saya bersama kawan-kawan saya akan jalan kurang lebih 30 km. Tadi mintanya 600 km, saya enggak sanggup kalau 600 km. 30 km nanti sampai ke pantai di Pelabuhan Ratu,” kata Presiden Jokowi sebelum menjalankan Chopperland.

Presiden sempat mengingatkan, jika ingin mengendarai sepeda motor, spion dan kelengkapan lainnya harus ada. “Ini spion ada, supaya enggak ramai nanti. Ritingnya ada, lampunya ada, nomornya ada, semuanya ada. SIM juga ada ini, komplet semua supaya semua tahu, kemudian BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) ada, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ada, apalagi masih kurang? Helm… sebentar lagi helm dipakai, ada semua,” kata Presiden Jokowi sembari menunjukkan perlengkapannya.

Kalau mencobanya di garasi, Presiden mengakui tidak perlu pakai helm. “Tapi kalau sudah naik seperti ini semuanya harus lengkap, harus komplet,” ujarnya seperti dilansir laman Setkab.go.id.

Mengenai tujuan kegiatannya, Presiden Jokowi mengaku akan mengecek Proyek Padat Karya di 2 (dua) desa. “Saya ingin mengecek Padat Karya Tunai, biasanya pakai mobil, ini separuh jalan kita coba pakai sepeda motor,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo.

Rombongan Presiden berangkat dari Puskesmas Bantargadung hingga Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bergaya bak Dilan (film nasonal Dilan 1999) ini menyedot perhatian warga. Hampir di sepanjang jalan, warga bisa langsung melihatnya.

Terlihat pula Jokowi sangat menikmati kuda mesin Royal Enfield Bullet 350 cc. Di belakangnya, ayah Kaesang Pangarep ini diikuti beberapa biker yang juga mengendari motor modifikasi. Kerennya lagi, Jokowi memakai jaket denim biru berlukis peta Indonesia dengan helm half face hitam serta mengenakan celana jeans dan sepatu Vans. “Keren banget, Pak,” cetus salah seorang warga, Aditya (34).

Tiba dilokasi motor Presiden Jokowi diparkir di depan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R Desa Citarik dengan pengamanan ketat puluhan Paspampres. Jokowi tiba di lokasi sekira pukul 11.40 WIB dan langsung disambut oleh warga sekitar. “Pak Jokowi, Pak Jokowi,” teriak warga.

Kepala negara sempat memberikan senyum kepada warga yang menyambutnya. Mengenakan jaket jeans bergambar pulau Indonesia berwarna merah putih, Jokowi langsung bertemu Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan yang telah tiba terlebih dahulu.

Kemudian orang nomor satu di Indonesia itu menyapa ribuan warga Desa Citarik yang sejak pagi menanti dengan melampaikan tangan. Kedatangan Presiden Jokowi dan Gubernur Jabar Heryawan disambut oleh Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Widjojo serta perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sudah tiba lebih dulu di lokasi.

Rombongan kemudian meninjau implementasi penyerapan Dana Desa Citarik 2018 senilai total Rp771 juta yang pada tahap awal dipergunakan untuk membangun kolam retensi dan infrastruktur pembangunan penahan tanah longsor di sekitar Bukit Manunggal.

Sementara Lapangan Manunggal Kampung Lio Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dipadati warga yang ingin menyaksikan secara langsung kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ahad (8/4) pagi. Lapangan Manunggal seluas 1.000 meter per segi di sisi selatan Desa Citarik itu didatangi warga dari sejumlah perkampungan di Desa Citarik.

“Penasaran sama Pak Jokowi. Kata petugas desa mau datang ke sini sekalian bagi-bagi sembako murah,” kata Aisah (48) warga Kampung Ciawung, Desa Citarik di Pelabuhan Ratu.

Warga yang hadir di antaranya berasal dari Kampung Bagbagan, Kampung Cisoka, Kampung Ciawun, Kampung Cibarengkok, Kampung Cigarduh, Kampung Logok Loa, Kampung Lio, Kampung Repagan, Kampung Bakan Peundeuy dan lainnya. Warga RW05 itu mengaku antusias menyambut kehadiran Presiden beserta rombongan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Imigrasi ke lokasi tersebut. (NDHIK)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here