Home DAERAH Jelang Lebaran, Taman Pintar Yogya Tambah Zona Baru

Jelang Lebaran, Taman Pintar Yogya Tambah Zona Baru

0
132
Taman Pintar Yogyakarta

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Menjelang liburan Lebaran, Taman Pintar Yogyakarta menghadirkan zona edukasi baru yang mengajarkan wisatawan berwawasan lingkungan. Wahana baru itu adalah Zona Pengolahan Sampah Mandiri dalam program Taman Pintar Integrated Eco Management.

Zona Pengolahan Sampah Mandiri ini terletak di Dome Area Gedung Oval Taman Pintar. Program dan zona ini diluncurkan hari ini, Senin 20 Mei 2019, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. “Mengusung semangat Kebangkitan Nasional, kami ingin bangkit memprakarsai pengelolaan destinasi wisata yang lebih berwawasan lingkungan,” kata Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana.

Program Taman Pintar Integrated Eco Management berfokus pada tiga gerakan penting, yaitu konservasi air, konservasi energi listrik, dan pengolahan sampah mandiri. Mengusung tagline ‘awareness, action, agent’, program ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan dan melakukan langkah nyata untuk mengurangi masalah lingkungan di sekitarnya.

“Konservasi air bertujuan menghemat air bersih dan mengurangi penggunaan air tanah dengan meningkatkan kegunaan air bekas pakai. Sistem hybrid dan filter memungkinkan air bekas wudu untuk diubah menjadi air bersih dan digunakan kembali,” papar Afia Rosdiana. seperti dilansir laman Tempo.co, Senin (20/05/2019).

Konservasi energi listrik dilakukan dengan edukasi menghemat penggunaan listrik di lingkungan internal Taman Pintar. Adapun pengolahan sampah mandiri bertujuan mengedukasi masyarakat agar memilah sampah sebelum dibuang dan mengolah sesuai dengan jenisnya, seperti pengolahan sampah organik di Zona Pengolahan Sampah Mandiri.

Di dalam Zona Pengolahan Sampah Mandiri terdapat empat lokasi edukasi cara mengolah sampah organik yang berlainan yaitu dengan biopori, komposter komunal, cacing, dan lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF). Zona ini dibangun sebagai lokasi pengolahan sampah organik milik Taman Pintar sekaligus wahana edukasi untuk pengunjung. Setiap metode pengolahan dilengkapi dengan papan informasi yang menjelaskan proses yang digunakan.

Sebanyak 60 persen sampah di Indonesia adalah sampah organik. Sebab itu, jika pengolahan sampahnya dapat diselesaikan sendiri maka masalah sampah akan cepat teratasi. “Kami berharap pengetahuan di setiap zona ini memberikan manfaat positif mulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga hingga masyarakat secara luas sebagai solusi masalah lingkungan di sekitar kita,” ujar Afia Rosdiana.

Ada 5 Zona Wisata Taman Pintar Yogyakarta

#. Zona Playground

Zona ini difungsikan sebagai ruang publik juga sebagai tempat penyambutan bagi pengunjung Taman Pintar. Di zona ini juga disediakan berbagai peralatan peraga bagi anak-anak yang dapat di akses tanpa perlu membayar sedikitpun (gratis). Anak-anak bisa membelajari bunyi nada, melatih ketangkasan, dan masih banyak lagi hal seru lainnya. Bahkan, bisa memanfaatkan jasa rental mobil jogja untuk berkeliling di zona playground. Karena Selain wahana permainan anak, Banyak tempat lokasi menarik yang ada di zona ini. Salah satunya adalah taman air menari. Yaitu sebuah lokasi air mancur yang bisa digunakan tempat bermain air bagi anak-anak.

# Gedung PAUD Barat dan Timur

Zona ini berisikan peralatan peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya yang masih duduk di kelas pra TK sampai kelas TK.Fasilitas PAUD di Taman Pintar berupa dua bangunan bersejarah yang terletak di bagian depan Gedung Oval & Kotak. Berbagai fasilitas edukasi disediakan di beberapa ruang dengan tema tertentu, seperti ruang flora fauna, religi budaya, sains teknologi, dan sebagainya. Ada pula ruang khusus yang menyajikan pengetahuan tentang kecanggihan teknologi digital, seperti permainan interaktif dengan sensor, boneka berteknologi mekanik robot, dan komputer kids & puzzle.

#. Gedung Oval Kotak

Zona ini berisikan berbagai peralatan peraga berbasis ilmu pengetahuan Sains yang dikemas menyenangkan dan mengasyikkan tentunya. Dalam gedung ini terbagi menjadi dua gedung. Yaitu gedung kotak yang terdiri dari 8 zona. Zona-zona ini meliputi zona keris, batik, planningcity, pengolah, air, candi Borobudur dan lainnya. Gedung kedua yaitu gedung oval yang terdiri dari 12 zona. Dimana zona ini meliputi TV Trainer, cuaca iklim dan gempa, nuklir, terowongan ilusi dan lainnya.

#. Gedung Memorabilia

Zona ini menampilkan beberapa peralatan peraga tentang sejarah-sejarah Negara Indonesia, seperti sejarah mengenai Kesultanan Yogyakarta, tokoh tokoh pendidikan, hingga tokoh-tokoh presiden RI sampai yang sekarang ini. Kamu bisa pelajari sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, menilik lagi gambar tokoh-tokoh Pendidikan, juga mempelajari kembali siapa saja Presiden RI sejak pertama hingga saat ini. Jadi dalam gedung ini terdapat 3 zona yakni tokoh pendidikan, Kepustakaan kepresidenan, sejarah kesultanan Keraton.

#. Gedung Planetarium

Zona ini adalah zona yang paling menarik bagi pengunjung Taman Pintar, dimana zona ini berisikan peralatan hingga pemutaran film mengenai tata surya dan juga antariksa. Jadi, bagi kamu yang akan mengunjungi Taman Pintar ini wajib mengunjungi satu per satu zona yang ada di Taman Pintar agar dapat belajar juga berlibur di taman ini. Pastinya banyak sekali anak-anak yang tertarik mempelajari hal-hal berbau ruang angkasa karena disuguhkan dengan informasi pengetahuan seputar antariksa dan tata surya. Dan yang lebih istimewa di zona ini adalah penggunaan proyektor digital. Sehingga pengunjung seolah-olah bisa menyaksikan langsung benda-benda langit di antariksa. Juga disediakan program kreativitas bagi pengunjung. Seperti lukis kaos, kreasi batik, presenter TV, lukis gerabah dan sebagainya. (NDY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here