ICCA Indonesia Forum 2020 Promosikan RI Tujuan MICE Aman

0
13

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Indonesia aman, mampu dan siap menyelenggarakan mega event di tengah mewabahnya virus Corona Covid-19 yang melanda dunia, kata Raty Ning, Ketua ICCA chapter Indonesia, hari ini.

“Kami menyelenggarakan ICCA Indonesia Forum 2020 untuk meyakinkan para pelaku bisnis Meeting, Incentive, Conference and Exhibition ( MICE) bahwa Indonesia jadi negara yang aman, mampu dan siap dengan kegiatan MICE bahkan skala mega event,” katanya.

Acara yang akan berlangsung di JIExpo Convention Centre & Theatre, Kemayoran, Jakarta, melibatkan pembicara internasional dan pembicara kuncinya adalah Jason Yeh, Vice President and Chair of Asia-Pacific  Chapter of ICCA, Taiwan.

“Jason membahas The Outlook of MICE Industry in the Next Five Years and Potency of Association Meetings. Pertemuan dari berbagai asosiasi akan sangat menggerakkan bisnis MICE di tengah wabah virus Corona lima tahun ke depan,” kata Raty.

Oleh karena itu ICCA Indonesia Forum 2020 yang melibatkan pembicara internasional dari berbagai negara dengan target 200 peserta diharapkan dapat sekaligus membuktikan sikap pro-aktif dan realitas dinamisnya bisnis MICE di tanah air.

“Adanya forum internasional maka peserta asing akan melihat sendiri infrastruktur, fasilitas dan prasarana lainnya yang kita miliki sehingga para pembicara dan peserta asing juga mengarahkan mega event mereka untuk dilakukan di Indonesia,” kata Raty.

Memang untuk menjadi tuan rumah mega event tidak mudah dan butuh proses 3-5 tahun ke depan. Namun berbagai upaya harus dilakukan termasuk menggalakkan bidding ( penawaran) untuk menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional yang melibatkan 3000, 5000 bahkan hingga 10.000 peserta.

“Jadi Indonesia Forum 2020 untuk meyakinkan anggota ICCA dari berbagai belahan dunia bahwa kita memang aman, mampu dan tetap siap menyelenggarakan mega event sekalipun  dengan 10.000 peserta,” tambah Raty Ning.

 Untuk pertama kalinya, ICCA Indonesia Committee yang merupakan komunitas anggota Asosiasi Kongres dan Konvensi Internasional atau disebut International Congress and Convention Association (ICCA) menggelar event ini pada 25 Februari 2020 di JIExpo Convention Centre & Theatre, Kemayoran, Jakarta, jelasnya. 

Acara ini akan dihadiri peserta yang terdiri dari pelaku industri MICE dan industri pendukungnya serta stakeholder terkait lainnya, seperti ketua asosiasi dalam berbagai bidang termasuk kedokteran, direktur bidang hubungan luar negeri di berbagai kementerian dan lembaga, akademisi, dan media. 

“Soalnya dengan merebaknya virus Corona maka kita akan mengandalkan asosiasi profesi,perusahaan-perusahaan seperti asuransi, multi level marketing ( MLM), industri otomotif yang biasanya mengadakan kegiatan meeting dan incentive di luar negri agar dialihkan di dalam negri saja agar bisnis MICE tanah air terus tumbuh,” kata Raty.

Dia juga berharap instansi pemerintah juga aktif menyelenggarakan pertemuan-pertemuan dengan melibatkan jasa profesional Confrence organizer ( PCO) bukan dengan swa kelola sehingga perusahaan yang menjadi anggita ICCA chapter Indonesia bisa tetap survive dengan melemahnya bisnis ini secara global akibat virus Corona.

Saat ini ada 10 anggota ICCA dari Indonesia, dan semuanya adalah pemain besar di Indonesia. “Kami berharap perusahaan PCO ini jumlahnya bertambah sejalan dengan keinginan kami untuk menggabungkan kekuatan yang kami miliki dan tampil sebagai satu kesatuan, Indonesia, di berbagai forum internasional untuk memenangkan pertemuan asosiasi internasional,” kata Raty.

Program lainnya dari ICCA Indonesia Committee diantaranya edukasi. Pihaknya dalam setahun berencana untuk mengadakan dua forum edukasi atau training untuk meningkatkan kapasitas stakeholder industri MICE di destinasi MICE yang berbeda di Indonesia. ” Untuk kegiatan ini kami terbuka untuk bekerjasama dengan asosiasi industri terkait,” tutup Raty. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.