HALAL NEWS

Halal Tourism Sektor yang Paling Cepat Berkembang di Industri Perjalanan

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Pariwisata halal ( halal tourism) adalah salah satu sektor yang paling cepat berkembang dalam industri perjalanan, secara bertahap menjadi lebih konvensional. 

Dengan demikian, perusahaan perjalanan global menerapkan model bisnis untuk dimasukkan ke dalam sektor yang berkembang ini dan merancang strategi pemasaran untuk melayani kebutuhan khusus wisatawan Muslim. 

Pola perjalanan Halal telah berubah drastis selama 5-10 tahun terakhir.  Traveler muslim saat ini tertarik untuk menjelajah lebih jauh karena gaya traveling mereka telah berkembang pesat. 

Pasar pariwisata halal yang sedang hits saat ini adalah membidik Muslim Milenial yang suka bereksperimen dengan destinasi baru dan memanfaatkan peluang untuk menemukan dunia barat.

Sebuah riset telah menemukan bahwa generasi milenial atau yang familiar disebut generasi M merupakan segmen populasi muslim global yang paling berpengaruh mulai abad 20. 

Tidak semua muslim merupakan bagian dari generasi M dan berbicara tentang generasi muslim milenial maka artinya berbicara tentang pionir muslim muda modern saat ini. 

Generasi muslim milenial adalah generasi muda muslim yang terikat oleh cara memandang dunia bahwa keimanan dan modernitas bisa berjalan beriringan. Mereka punya kesamaan karakteristik itu. 

Potensi generasi Muslim yang akrab dengan dunia digital termasuk focus bahasan yang menjadi perhatian CrescentRating & HalalTrip akan menghadirkan edisi ke-2 Halal In Travel – Global Summit 2022 (HITGS2022).  Acara global perdana di segmen pariwisata Halal.  

Kegiatan di jadwalkan pada 31 Mei – 2 Juni 2022. Bagi para pelaku industri pariwisata bersiaplah untuk melibatkan Pasar Wisata Muslim/Halal untuk mempercepat pemulihan pasca pandemi COVID-19.

Karena industri perjalanan sekarang dibuka kembali untuk perjalanan internasional bebas karantina, edisi ke-2 “Halal Dalam Perjalanan – KTT Global 2022” edisi ke-2 akan membahas beberapa bidang utama yang perlu disiapkan industri untuk menyambut kembali para pelancong Muslim.  

Konferensi online ini akan mempertemukan para ahli dari Organisasi Pariwisata Nasional (NTO), pemangku kepentingan industri perjalanan, dan pelaku industri perjalanan online untuk berbagi wawasan dan ide tentang memanfaatkan pasar perjalanan Muslim untuk mempercepat pemulihan.

Acara ini juga akan menampilkan peluncuran “HalalTrip 40 -2022” edisi ke-2, “Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index 2022” edisi ke-7, dan “Halal In Travel Awards 2022” perdana.

Konferensi pariwisata halal tahun 2022 mencantumkan acara yang relevan untuk peneliti nasional/internasional, ilmuwan, sarjana, profesional, insinyur, peserta pameran, sponsor, akademisi, praktisi ilmiah dan universitas untuk menghadiri dan mempresentasikan kegiatan penelitian mereka.

Jadwal International Conference on Halal Tourism and Islamic Tourism ( ICHTIT) 2022 akan berlangsung  sepanjang tahun di berbagai belahan dunia sbb: 

*Halal Tourism and Islamic Tourism Conference, Vancouver  23-24 Mei 2022

*Halal Marketing and Tourism Research Conference, Ottawa 12-13 Juli 2022

*Halal and Islamic Tourism Conference, London 28-29 Juli 2022.

*Halal Tourism Conference, Zurich 28-29 Juli 2022

*Halal Tourism and Research Conference, Vancouver ,  08-09 Agustus 2022

*Halal Tourism Research Conference, Amsterdam,  08-09 Agustus 2022

*Halal Tourism and Sustainable Development Conference, Montreal,  08-09 Agustus 2022

* Halal Tourism and Hospitality Conference, Istanbul,  16-17 Agustus 2022

*Halal Tourism Studies Conference, Venesia 16-17 Agustus  2022

*Halal Tourism and Hospitality Management Conference, Istanbul  27-28 September 2022

*Islamic Social Science Conference, Rome Oct 13-14 Oktober, 2022

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)