Batik Karya Gubernur Ridwan Kamil Dipamerkan

0
154
Batik telur ceplok karya Ridwan Kamil dipamerkan sekaligus dijual, Mau?

BANDUNG, bisniswisata.co.id: Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat (Jabar) memamerkan Batik Garuda Kujang Kencana, Batik Ironman, dan Batik Telor Ceplok. Ketiga Batik itu karya Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Pameran batik bertajuk “Legenda Batik Nusantara” di Graha Manggala Siliwangi Bandung.

Batik karya Ridwan Kamil juga dijual namun hanya bisa diperoleh melalui Dekranasda Jabar. “Kang Emil, hobi mendesain apa pun, termasuk batik. Beliau adalah seorang desainer. Beliau adalah arsitek tetapi senang sekali untuk mendesain apa pun, termasuk mendesain batik sendiri,” papar Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil dalam siaran persnya, Kamis (31/1/2019).

Awalnya, kata Atalia, Ridwan Kamil mendesain batik untuk digunakan sendiri namun karena kemudian banyak warga yang berminat dia bekerja sama dengan Batik Komar dan Batik Trusmi untuk memproduksinya dalam jumlah banyak. “Kang Emil mendesain hanya dipakai untuk diri sendiri. Tapi animo masyarakat luar biasa, bahkan yang palsunya pun sudah ada dimana-mana,” kata dia.

Atalia mengatakan batik rancangan suaminya selanjutnya akan dipasarkan di tempat tertentu saja. “Hanya bisa diakses melalui Dekranasda Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Atalia juga mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Legenda Batik Nusantara, yang menurut dia akan bisa menumbuhkan kecintaan pada produk lokal dan memacu semangat para perajin dan pelaku usaha di bidang seni kriya dan mode.

“Di samping untuk mencintai dan melestarikan budaya bangsa, tapi juga yang paling penting adalah terus mendukung perekonomian masyarakat, khususnya di bidang craft dan fashion. Jadi saya mengapresiasi, luar biasa. Mudah-mudahan mampu untuk terus memberikan semangat kepada seluruh warga Jawa Barat untuk berkarya,” sambungnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan, tak menerima profit dari hasil karyanya itu. “Saya tidak mendapat profit dari imajinasi saya. Tapi, kalau itu membuat orang lain lebih bahagia, daerah lebih terkenal, saya senang. Jadi, ya sudah, saya akan bikin sebanyak-banyaknya, yang nanti mendapat keuntungan rakyat saya,” ujar Kang Emil.

Dijelasnya, desain batiknya telah dibuat oleh perusahaan batik terkemuka seperti Batik Komar dan Batik Trusmi. Ia pun tak keberatan jika ada produsen batik yang berminat mencetak hasil desainnya. “Iya, karena saya bikinnya Garuda Kujang Kencana di Komar, batik Iron Man itu di Trusmi Cirebon. Jadi, saya tawarkan kalau ada produsen batik mau by RK,” lontar mantan Walikota Bandung.

Kang Emil menyayangkan banyak produsen batik yang banyak memakai desainnya tanpa izin. Untuk itu, ia memastikan jika produk asli batik karyanya hanya bisa didapat di Dekranasda Jabar.

“Saya ini orangnya senang berimajinasi. Selama bisa berimajinasi apa saja termasuk membatik, ternyata laku. Karena saya suka kalau lelaki pakai batik teh kayak fokus, ternyata secara visual bagus. Sekarang online shop dibikin tanpa minta izin, enggak apa-apa lah,” ujar Emil. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.