Alasan Operasional, AirAsia Tunda Layanan ke Surabaya

0
32

SURABAYA, bisniswisata.co.id: PERPANJANGAN masa pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah dan alasan operasional,  AirAsia Indonesia menyesuaikan pengoperasian penerbangan berjadwal rute internasional dan domestik secara bertahap, dan akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2020 pada rute tertentu. 

Sementara penerbangan Kuala Lumpur-Surabaya dan Johor Bahru-Surabaya yang semula dijadwalkan beroperasi secara terbatas mulai 18 Mei 2020, ditunda. Pihak AirAsia, tidak merespon ketika dikonfirmasi bisniswisata.co.id dan tidak dijelaskan kendala operasional tersebut terkait dengan kasus enam penumpang dalam dua penerbangan AirAsia Kualalumpur- Tawau positip terpapar COVID-19.

Dikutip dari media online CNNT, petugas kesehatan daerah Tawau Dr Suzalinna Sulaiman memperingatkan penumpang yang menggunakan penerbangan AK5742 AirAsia pada 1 Mei dan AK5740 pada 4 Mei untuk segera menjalani pengujian COVID-19. Sekitar 400 penumpang AirAsia disarankan untuk menjalani tes Covid-19 setelah enam penumpang pada dua penerbangan dinyatakan positif. Dr Suzalinna mengatakan semua penumpang discreening pada saat kedatangan dan ditempatkan di karantina sesuai protokol saat ini.
“Namun, setelah enam dari mereka ditemukan positif, kami ingin semua penumpang menjalani tes kedua,” katanya.
Empat kasus positif ditemukan pada penerbangan pertama dan dua pada yang kedua.
“Orang-orang yang naik dua penerbangan yang dites positif tidak menunjukkan gejala,” kata dokter itu kepada wartawan.
Diperkirakan sumber infeksi berasal dari seorang warga yang tiba dalam penerbangan dari Kuala Lumpur. Dia mendesak semua penumpang untuk mematuhi jarak sosial yang ketat untuk melindungi anggota keluarga.
Calon penumpang terdampak penundan pembukaan rute penerbangan ke wilayah Jawa timur dan daerah lain di Indonesia, dihimbau untuk selalu memperhatikan dan memenuhi persyaratan kesehatan, imigrasi serta pembatasan perjalanan yang ditetapkan oleh otoritas wilayah atau pemerintah di wilayah/ negara asal maupun tujuan.

AirAsia telah menerapkan langkah-langkah kewaspadaan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan para tamu dan awak pesawat. Seluruh tamu diwajibkan menggunakan masker dari mulai proses check-in, masuk ke pesawat, selama penerbangan hingga pengambilan bagasi saat tiba di bandara tujuan. Tamu diharapkan membawa masker cadangan, cairan pembersih tangan, dan mengikuti ketentuan bagasi kabin AirAsia terbaru. Tamu diharapkan tiba 3 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kepadatan antrian sehubungan dengan pemeriksaan kesehatan di beberapa titik sebelum keberangkatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.