Daftar Destinasi Wisata Terbaik Versi Lonely Planet

0
22

Kota batu kuno Petra di Yordania, salah satu dari 7 keajaiban dunia (foto: Lonely Planet)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Pandemi COVID-19 telah memaksa banyak orang untuk memikirkan kembali rencana perjalanan mereka. Tetapi jika Anda ingin sejenak berandai-andai membayangkan petualangan melancong di masa depan, situs perjalanan Lonely Planet baru saja merilis buku besar “Ultimate Travel List”.

Isinya mencakup 500 tujuan wisata yang tak bisa dilewatkan. Buku yang merupakan edisi kedua ini setidaknya dapat menjadi pelipur lara kekecewaan karena liburan yang terpaksa dibatalkan.

Buku yang kerap menjadi rujukan coffee table book ini menampilkan lebih dari 200 tujuan baru dan memeringkat 500 tempat dalam urutan kemewahannya.

Daftar baru dalam buku edisi ini disusun oleh para tim ahli Lonely Planet. Isinya banyak menyoroti hal-hal apa saja yang harus dilihat (must-see) dan pengalaman yang harus dilakukan (must-do). 

Kebanyakan isinya memuat pengalaman outdoor dan backpacking, seperti melihat satwa liar di Kepulauan Galapagos atau mengagumi air terjun spektakuler Iguazu Falls yang terbentang di Argentina dan Brazil, hingga pengalaman menjelajah lanskap geotermal Taman Nasional Yellowstone.

Tim mengevaluasi buku panduan Lonely Plant yang lama dan menilai komitmen setiap destinasi terhadap keberlanjutan.

“Untuk edisi kali ini, kami memberikan poin ekstra untuk destinasi dan atraksi yang mengelola pariwisata secara berkelanjutan,” kata Piers Pickard, Wakil Presiden penerbitan Lonely Planet, dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu Tom Hall, eksekutif Lonely Planet kepada CNN Travel mengakui bahwa pilihan untuk bepergian saat ini sangat terbatas. “Tetapi daftar [dalam buku] tersebut bertujuan untuk memberi inspirasi untuk 2021 dan setelahnya saat perjalanan mulai pulih.”

Dia menambahkan buku ini dapat menjadi semacam daftar keinginan orang [untuk bepergian] yang dapat digunakan bukan untuk saat ini tetapi di masa depan. 

Di antara 500 tujuan wisata, 29 di antaranya berada di Amerika Serikat, termasuk sembilan taman nasional serta perpaduan yang baik antara lembaga budaya dan seni.

Salah satu dari 200 lokasi wisata baru adalah Museum Nasional Sejarah dan Kebudayaan Afrika Amerika di Washington, D.C.. 

Lalu, apa saja deretan destinasi teratas versi Ultimate Travel List yang diterbitkan Lonely Planet? Berikut daftar 10 yang teratas:

  1. Petra, Yordania
  2. Kepulauan Galapagos, Ekuador
  3. Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, Australia
  4. Delta Okavango, Botswana
  5. Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat
  6. Danau Bled, Slovenia
  7. Air Terjun Iguazu, Argentina – Brasil
  8. Kuil Angkor, Kamboja
  9. Salar de Uyuni, Bolivia
  10. Sirkuit Annapurna, Nepal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.