EVENT HALAL

5 Hal yang Mungkin Diinginkan Non-Muslim Tentang Hari Raya

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Hari Raya 2022 akan segera datang dan banyak Muslim bergegas untuk mempersiapkannya. Anda mungkin telah memperhatikannya juga! banyak yang hightailing ke Bazaar Ramadhan dan Pasar Malam yang tersebar di seluruh negeri.

Dipenuhi dengan semua kebutuhan Idul Fitri, ada banyak hal yang harus disiapkan: mulai dari jajanan Hari Raya hingga pernak-pernik dan acara kumpul-kumpul Hari Raya!

Dilansir dari Havehalalwilltravel.com, saat Anda dikelilingi dan menikmati keriuhan perayaan yang dibawakan oleh orang-orang Muslim tercinta Anda ke meja makan, Anda mungkin bertanya-tanya: apa itu Hari Raya? Atau, bagaimana saya bisa mengucapkan Selamat Hari Raya kepada teman-teman Muslim saya? Dan bahkan mungkin, mengapa Hari Raya dirayakan dengan sangat berbeda di berbagai belahan dunia?

Yah, jangan khawatir! Kami di sini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan banyak lagi. Dengan begitu, Anda dapat sepenuhnya membenamkan diri dalam perayaan hari besar bersama teman-teman Muslim Anda tanpa merasa kehilangan sedikitpun

Apa Itu Hari Raya?

Hari Raya adalah hari yang menandai akhir Ramadhan, Bulan Suci Islam. Juga dikenal sebagai Hari Raya Puasa, Hari Raya Aidilfitri, Idul Fitri atau Festival Idul Fitri! Muslim tidak diperbolehkan untuk berpuasa pada Hari Raya, karena itu adalah festival untuk berbuka puasa; sebuah kesempatan yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia, terlepas dari negara atau budayanya.

Kapan Hari Raya?

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa tanggal Hari Raya tampaknya berubah setiap tahun. Itu karena hari itu jatuh pada bulan kesepuluh dalam Kalender Islam, bukan pada kalender Gregorian.

Salam Hari Raya

Jika Anda berencana untuk mengucapkan Selamat Hari Raya kepada teman Muslim Anda, ada beberapa cara untuk melakukannya. Dan jika Anda tinggal di negara dengan populasi Muslim yang cukup besar, Anda mungkin pernah mendengar tentang mereka! Jika Anda ingin tahu apa artinya dan kapan menggunakannya, Anda berada di tempat yang tepat.

Perhatikan bahwa salam ini didasarkan pada salam terkemuka di Singapura dan Malaysia.

1. Selamat Hari Raya

Jika Anda tinggal di Singapura atau Malaysia, Anda mungkin pernah mendengar yang satu ini. Selamat Hari Raya, atau, ‘Happy Celebration Day’, adalah salah satu cara untuk menyapa teman di Hari Raya! Ini adalah sapaan Melayu-Muslim yang paling umum digunakan di Singapura.

P.S. Karena Hari Raya jatuh pada bulan kesepuluh dalam kalender Islam, Anda mungkin tidak ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Muslim kepada mereka!

2. Idul Fitri

Salah satu salam Arab yang paling umum digunakan untuk hari ini, Idul Fitri diterjemahkan menjadi ”Perayaan yang Diberkati”. Sederhananya, itu hanya cara untuk mengucapkan selamat liburan kepada teman-teman Anda!

3. Maaf Lahir Dan Batin

Hari Raya adalah hari yang menjembatani hubungan, ikatan dan pengampunan antar keluarga. Melalui kunjungan dan rekonsiliasi, semangat Hari Raya di banyak negara cenderung mencari pengampunan, itulah sebabnya banyak yang mengatakan ”Maaf Zahir dan Batin”, atau ”Saya mohon maaf lahir dan batin”.

Ucapan ini seringkali merupakan tindak lanjut dari Selamat Hari Raya! Jadi lain kali Anda mengucapkan Selamat Hari Raya kepada Muslim Anda, Anda bisa mengucapkan, ”Selamat Hari Raya, Maaf Lahir & Batin.” šŸ˜Š

Mengapa keluarga memakai warna yang sama?
Anda mungkin berpikir bahwa warna pakaian kami memiliki ikatan agama – ternyata tidak! Mengenakan warna yang sama adalah tradisi budaya di Singapura dan sebagian dunia, dan mengikuti tema Hari Raya persatuan. Dan, Anda tahu, itu membuat foto yang bagus

Bagaimana Hari Raya dirayakan di seluruh dunia?

Banyak dari kita memulai hari kita dengan mengenakan pakaian terbaik kita dan pergi ke masjid untuk sholat. Di bagian lain dunia (dan bahkan di Singapura!) di mana masjid tidak tersedia atau penuh, umat Islam juga pergi ke area umum seperti lapangan dan ruang terbuka untuk berdoa bersama.

Setelah itu, kami mengunjungi orang yang kami cintai dan menikmati waktu berkualitas dan belum lagi makanan yang menggiurkan!

Banyak juga yang meluangkan waktu dalam sehari untuk mengunjungi makam orang yang mereka cintai yang telah meninggal, cara untuk mengenang kenangan mereka, dan mengingat saat-saat ketika orang yang mereka cintai merayakan hari itu bersama mereka.

Jadi begitulah – semua dasar yang Anda butuhkan untuk merayakan Hari Raya 2022 dengan orang yang Anda cintai! Jika Anda mengenal sesama non-Muslim yang mungkin membutuhkan ini sebanyak Anda, pastikan untuk membagikannya kepada mereka! Selamat Hari Raya, Maaf Lahir Dan Batin!

 

Arum Suci Sekarwangi