3 dari 7 Air Terjun Eksoktis Se-Dunia Ada di Indonesia

0
14
Air terjun Sekumpul, Bali Indonesia (Foto: http://id.hi-liburan.com)

SYDNEY, bisniswisata.co.id: Air terjun, salah satu destinasi wisata alam yang paling digandrungi para pelancong. Jika Kamu termasuk orang yang suka air terjun, tujuh tempat air terjun yang menakjubkan, eksoktis, keren bahkan unik dan menarik di penjuru dunia yang tentunya tak boleh dilewatkan.

Traveller.au mencatat ada tujuh air terjun menakjubkan di dunia. Yang menggembirakan dari jumlah itu, ternyata tiga air terjun ada d Indonesia yakni Air terjun Sekumpul di Bali menduduki urutan ketiga, disusul air terjun Tumpak Sewu di Lumajang Jawa Timur menduduki posisi kelima dan air terjun Bissappu di Bantaeng Sulawesi Selatan yang menampati rangking ketujuh.

Nggak bisa dipungkiri, Indonesia surganya air terjun. Tak terhitung jumlahnya. Air mengalir dari atas ke bawah itu hampir merata di beberapa propinsi.

#. Niagara, Amerika Serikat
Walaupun air terjun ini bukan terbesar di dunia, akses yang susah membuat air terjun satu ini paling terkenal di dunia. Cara paling umum untuk menikmati keindahannya, adalah dari Maid of the Mist perahu wisata yang membawa kamu dekat dengan tempat ini. Selain itu, kamu bisa menaiki perahu jet, kereta gantung atau melihat dari menara observasi untuk menikmati pesonanya. Pada malam hari, air terjun ini akan dihiasi dengan lampu sorot berwarna-warni yang menambah keindahan air yang bergemuruh itu.

#. Tugela, Afrika Selatan
Merupakan air terjun paling tinggi di Afrika dan beberapa orang mengatakan paling tinggi di dunia. Pada musim dingin pilar es terbentuk di air terjun bagian atas. Kamu bisa berjalan kaki dengan mudah ke dasar air terjun. Untuk naik ke puncaknya, Kamu bisa menaiki rantaian tangga yang menantang.

#. Sekumpul, Bali Indonesia
Bila berkunjung ke Bali, jangan lupa mengunjungi Desa Sawan dan pergi ke Air Terjun Sekumpul yang ada di Buleleng. Bahkan banyak yang menyebut Sekumpul, merupakan air terjun paling indah yang bisa dijumpai di Pulau Dewata. Air Terjun ini sangat istimewa karena lokasinya tersembunyi dan dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi obyek wisata ini. Untuk menuju air terjun Sekumpul, harus melakukan perjalanan dengan melalui banyak tangga licin dan harus menyeberangi sungai dan harus menuruni tangga yang curam untuk melihat air terjun dari dekat.

#. Mitchell, Australia
Air terjun ini terletal di Kimberley, di bagian barat Australia. Air terjun ini memiliki empat tingkatan yang sangat indah di musim penghujan. Hanya dapat diakses dengan berjalan kaki dan kendaraan roda empat. Sesuai namanya, air terjun ini memilki banyak sekali sumber sehingga membuatnya nampak seperti tirai seribu air terjun. Bagi wisatawan yang ingin sensasi berbeda, perjalanan udara spektakuler dengan helikopter memungkinkan kamu untuk menjelajahi air terjun ini lebih jauh ke hilir.

#. Tumpak Sewu, Lumajang Indonesia
Berada di daerah Lumajang, Jawa Timur, menjadikan air terjun ini destinasi wisata favorit wisnus dan warga daerah setempat. Air terjun ini memiliki panorama indah bagai di awan dengan ketinggian 120 meter. Akses menuju air terjun ini juga cukup mudah, kamu cukup berjalan atau naik kendaraan roda dua untuk mencapainya.

#. Dettifoss, Islandia
Memiliki ketinggian 45 meter dengan lebar 100 meter membuat air terjun ini tampak mengesankan. Tepian sungai timur lebih mudah diakses, tepi barat lebih dramatis. Untuk mencapai hulu dari air terjun, kamu harus mendaki medan yang terjal.

#. Bissappu, Bantaeng, Indonesia
Eksotisme butiran air terjun Bissappu di Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, tak bisa disangkal lagi. Bentukan secara alami ini, berupa jurang, bebatuan yang indah dan tebing terjal yang dihiasi oleh aliran air yang begitu mempesona. Tak hanya itu, hijaunya aliran air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir di setiap musim. Air Terjun Bissapppu terletak di Desa Bonto Saluang, Kecamatan Bissapu sekitar 5 km dari kota Bantaeng ini, aksesnya sangat mudah sehingga menjadi salah satu spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.