Traveler Dunia Pilih 10 Maskapai Terbaik

0
70
Singapore Airlines (Foto: Repro Google)

MASSACHUSETTS, bisniswisata.co.id: TripAdvisor – Platform perjalanan mengumumkan secara resmi nama 10 maskapai penerbangan paling top di dunia dalam “Best Airlines in the World 2019 – Travelers’ Choice Awards.”

Kesepuluh maskapai penerbangan itu merupakan hasil pilihan dari para traveler. Sayangnya, maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk tidak masuk dalam jajaran ini. Garuda harus cukup puas masuk dalam kategori maskapai regional Asia.

Berikut adalah daftar 10 airline terbaik pilihan traveler, sepertidisampaikan TripAdvisor dalam keterangan resminya akhir pekan lalu.

#. Singapore Airlines

Maskapai pengangkutan udara Singapore Airlines dengan kode SQ mengukuhkan diri sebagai perusahaan penerbangan terbaik pilihan traveler dalam 3 tahun berturut-turut sejak 2017, menurut TripAdvisor. SQ adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di dunia dengan hub di Bandara Changi Singapura. Armada SQ terbang ke lebih dari 60 tujuan di 35 negara, enam benua. Anggota Star Alliance ini memiliki empat layanan kelas: Singapore Airlines Suites, First Class, Business Class dan Economy Class. Maskapai ini mengoperasikan tiga jenis lounge untuk penumpang premium, yaitu SilverKris Lounge yang ada di 15 bandara, sedangkan dua jenis lounge lain ada di Changi, yakni The Private Room dan KrisFlyer Gold Lounge.

#. Qatar Airways
Qatar Airways (QR) adalah maskapai milik Qatar dan anggota Oneworld, sebuah aliansi maskapai penerbangan terbesar ketiga di dunia setelah Star Alliance dan SkyTeam. Maskapai tersebut menjadikan Hamad International Airport (DOH) sebagai bandara hub. QR terbang ke sekitar 145 tujuan di seluruh dunia. Konfigurasi pesawat yang dimiliki Qatar Airways terbagi jadi dua, yakni armada yang dengan duan kabin (kelas bisnis dan ekonomi), dan model tiga kabin (kelas satu, kelas bisnis, dan kelas ekonomi). Baik kelas bisnis maupun kelas utama difasilitasi dengan kursi yang dapat diubah jadi tempat tidur. Mereka juga punya lounge spesial di Hamad International Airport, Al Mourjan Business Lounge. Lounge lainnya mereka tempatkan di London Heathrow Airport (LHR). Penilaian tertinggi traveler terhadap Qatar Airways adalah pada kategori customer service, cleanliness, dan check-in and boarding yang mendapat skor 4,5 dari 5. Sementara kategori lainnya mendapat nilai 4.

#. EVA Air

EVA Air (BR) adalah maskapai penerbangan yang basisnya ada di Taoyuan International Airport (TPE), dekat Taipei (Taiwan). Ini adalah maskapai udara terbesar kedua Taiwan setelah China Airlines. Armada EVA Air terbang ke sekitar 70 tujuan, baik di dalam China Taipei, Asia, Australia, Europe dan Amerika Utara. BR adalah bagian dari Star Alliance. Ada dua konfigurasi pesawat yang dioperasikan, yaitu dua jenis kabin dan tiga jenis kabin. Maskapai ini juga punya anak usaha di bidang yang sama, yakni Uni Air (B7) yang menjalankan penerbangan domestik dan regional. Sama seperti Qatar Airways, ada tiga hal yang dinilai paling unggul atas EVA Air, yakni customer service, cleanliness, dan check-in and boarding.

#. Emirates

Emirates (EK) yang berbasis di Uni Emirat Arab adalah maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah. Emirates mengoperasikan maskapainya secara nonstop ke 140 tujuan di 78 negara dengan Dubai International Airport (DXB) sebagai bandara hub. Emirates juga tercatat sebagai airline yang terbang ke enam benua. Emirates tercatat mengoperasikan 33 Emirates Lounges untuk penumpang kelas utama, kelas bisnis, dan anggota Skyward Gold.

#. Japan Airlines (JAL)
“Para pelayan kabin berpakaian sempurna dan sangat sopan. Makanannya luar biasa dan pesawatnya bersih,” komentar seorang pengguna TripAdvisor terhadap pelayanan maskapai Japan Airlines. Maskapai penerbangan terbesar di Negeri Sakura ini terbang ke lebih dari 60 tujuan domestik dan 30 tujuan internasional. Berpusat di Tokyo, JAL tiap hari melawat ke Benua Asia, Eropa, Oseania, Amerika Utara, dan Anerika Selatan. JAL juga bagian dari aliansi Oneworld yang menjalin koneksi dengan sekitar 30 maskapai lain di dunia. Ada empat kelas yang ditawarkan maskapai ini, yaitu kelas utama atau first class, executive class (yang akuivalen dengan kelas bisnis), kelas ekonomi premium, kelas J (kelas ekonomi dengan tempat duduk yang lebih besar), dan terakhir kelas ekonomi. Ada dua bandara yang dijadikan hub JAL, yang sama-sama ada di Tokyo, yakni Haneda Airport (HND) dan Narita International Airport (NRT).

#. Southwest Airlines

Ini adalah maskapai berbiaya rendah (low-cost-carrier) terbesar di dunia. Southwest Airlines (WN) yang berbasis di Dallas mengoperasikan penerbangan non-stop ke lebih dari 100 tujuan di 10 negara. Tidak seperti banyak maskapai besar, Southwest tidak menggunakan hub, melainkan sistem point-to-point. Ada sekitar 15 bandara dengan jumlah penerbangan WN yang signifikan telah ditetapkan sebagai kota fokus. Armada maskapai ini dikonfigurasi hanya dengan kabin kelas ekonomi. “Berbeda dengan banyak operator berbiaya rendah, Southwest tidak memungut biaya hingga dua tas yang diperiksa; minuman non-alkohol dan pretzel atau kacang juga tersedia gratis. Akses boarding dini, check-in online otomatis, dan minuman beralkohol tersedia untuk bisa dibeli penumpang,” jelas TripAdvisor dalam websitenya.

#. Azul
Azul (AD) adalah disebut sebagai maskapai penerbangan internasional terbesar Brasil berdasarkan jumlah jumlah kota yang dilayani. Maskapai ini menerbangi lebih dari 100 tujuan di Brasil, negera Amerika Selatan, Portugal, dan Amerika Serikat. Azul memiliki kerja sama codeshare dengan msakapai TAP Air Portugal dan United yang membuat jangkauannya semakin luas. Ada beberapa armada modern yang dipunya, a.l. A320neo, A330, ATR 72, E190, dan E195. Basis maskapai ini di Bandara Internasional Viracopos / Campinas (VCP). Semua pesawat, kecuali yang melayani jarak pendek, memiliki monitor hiburan di kursi belakang. Ada sejumlah fitur yang ditawarkan pada pesawat Azul untuk penerbangan jarak jauh termasuk Economy Extra (kursi dengan ruang kaki tambahan), Skysofa (sekelompok empat kursi di Kelas Ekonomi yang dapat diubah menjadi “sofa yang luas untuk keluarga, pasangan, dan teman untuk bepergian bersama”), dan kursi yang menjelma menjadi tempat tidur yang sepenuhnya datar di kelas bisnis.

#. Air New Zealand

Sebagai maskapai penerbangan nasional Selandia Baru, Air New Zealand mengoperasikan layanan non-stop ke lebih dari 20 tujuan domestik serta ke pelabuhan internasional di Australia, Kepulauan Pasifik, Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Inggris. Sebagai anggota jaringan Star Alliance, Air New Zealand mampu menyediakan akses ke hampir semua tujuan di dunia.

#. Jet2.com
Maskapai murah dari Inggris Jet2.com (LS) masuk dalam jajaran yang direkomendasikan traveler. Selain pusat di Bandara Internasional Leeds Bradford (LBA), Jet2 juga memiliki sembilan pangkalan operasi lainnya di Bandara Alicante-Elche (ALC), Bandara Internasional Belfast (BFS), Bandara Birmingham (BHX), Bandara East Midlands (EMA), Bandara Edinburgh (EDI), Bandara Glasgow ( GLA), London Stansted (STN), Bandara Manchester (MAN) dan Bandara Newcastle (NCL). Maskapai ini telah menjadwalkan penerbangan penumpang dan carter ke lebih dari 60 tujuan di seluruh Eropa. Sebagai angkutan murah, penumpang harus membayar ekstra untuk layanan seperti bagasi terdaftar, kursi dengan ruang kaki ekstra, dan makanan di pesawat dan minuman beralkohol.

#. ANA (All Nippon Airways)

ANA, atau All Nippon Airways (NH), adalah maskapai penerbangan Jepang yang berkantor pusat di Tokyo. Maskapai ini terbang ke sekitar 50 tujuan domestik dan 32 tujuan internasional di Asia, Eropa dan Amerika Utara. ANA mengoperasikan hub di Bandara Haneda Tokyo (HND) dan Bandara Internasional Narita (NRT), dan hub sekunder di Bandara Internasional Kansai Osaka (KIX) dan Bandara Internasional Chbu Centrair (NGO). Maskapai ini memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk maskapai penerbangan regional ANA Wings, dan maskapai berbiaya rendah Air Do dan Vanilla Air. Maskapai ini menerbangkan pesawat dengan berbagai konfigurasi kabin yang meliputi Kelas Satu, Kelas Bisnis, Kelas Ekonomi Premium, dan Kelas Ekonomi. Maskapai ini adalah anggota Star Alliance. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.