LIFESTYLE

Tips Perjalanan Wisata yang Perlu Diingat Bersama Anak-anak

CYPRUS, bisniswisata.co.id: Dengan pelonggaran pembatasan seputar penguncian aktivitas akibat pandemi COVID-19, perjalanan liburan kembali dijalankan dengan sepenuh hati. 

Bukankah kita hampir siap atau di tengah perjalanan menuju destinasi liburan dengan jarak tempuh sekitar 4 hingga 6 jam berkendara dari tempat tinggal kita ?

Dilansir dari Traveldailynews.com, menariknya, bagi banyak orang prospek perjalanan panjang dengan kendaraan dengan anak-anak benar-benar menakutkan. Terjebak dengan anak-anak yang rewel di dalam mobil yang bergerak adalah mimpi buruk.

Sebagian besar menilai ini sebagai alasan penting untuk tidak berkeliaran di jalan. Menjadi penjelajah jalan keluarga yang rajin sejak 2011, sebuah pengulangan umum yang saya dengar adalah “kalian beruntung bahwa anak-anak bepergian dengan baik. Jadi bisa pergi jalan-jalan selama 10 – 15 hari ini di mobil Anda,” 

Anak saya cepat bosan dan ​​sangat sulit untuk mengaturnya atau keluhan lain seputar itu yang kersp kita dengar. Jadi mari kita lihat apa yang telah kita lakukan dengan benar, dan yang lainnya, selama bertahun-tahun kita melakukan perjalanan ini dengan anak-anak kita. 

Perjalanan panjang pertama kami adalah ketika putri kami berusia 10 bulan dan yang lelaki berumur dua tahun( 24 bulan). Perjalanan terbaru adalah pada April 2019 ketika mereka masing-masing berusia 8 dan 9 tahun. 

Jadi, kami memiliki pengalaman berurusan dengan anak-anak di berbagai usia. Semoga ini membantu Anda merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik!

Buat mereka sibuk

Mungkin hal terburuk yang bisa kita lakukan adalah menyerahkan layar kepada anak-anak agar mereka tetap sibuk. Di satu sisi, kita semua cukup berpengalaman dengan penyebab waktu mereka nonton berlebihan. 

Lalu ada fakta bahwa anak-anak kita menghabiskan berjam-jam menatap layar handphone atsu komouter berkat sekolah online. Ditambah lagi, itu bisa menyebabkan mual di dalam mobil yang bergerak. 

Untungnya, ada beberapa alat menarik, yang benar-benar aman digunakan di mobil yang bergerak, yang dapat membantu anak-anak tetap sibuk saat Anda tiba di tempat tujuan.

Papan Tulis Ajaib

Untuk anak kecil, Magic Slates adalah alat yang hebat untuk dimiliki. Mereka dapat membuat anak-anak terlibat selama berjam-jam, baik menggambar, mencoret-coret, atau bermain game buatan sendiri. 

Anda juga dapat meminta mereka untuk menggambar pemandangan menarik yang Anda temui di perjalanan. Jika anak Anda lebih besar, katakanlah lebih dari 7 tahun, cukup ganti papan tulis ajaib dengan papan tulis dan spidol 18″x18″. 

Mereka sama efektifnya dengan tidak berantakan. Terlebih lagi, mereka membuat anak-anak merasa dewasa dan penting juga!

Balok bangunan

Anda akan terkejut betapa banyak ruang yang dimiliki kursi belakang mobil, jenis mobil apa pun. Cukup bagi seorang anak untuk bermain dengan balok lego-nya! Ini dia triknya! Tantang mereka untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda dengan balok yang sama. 

Mengingat bagasi terbatas yang dapat Anda bawa, tidak bijaksana untuk mengemas lebih dari satu set balok lego. Secara keseluruhan, ini adalah latihan yang membuat mereka tetap bekerja dan tertantang secara intelektual selama beberapa jam dengan mudah.

Permainan Keluarga

Game apa pun yang cocok untuk Anda sebagai keluarga. Ada beberapa yang tidak mengharuskan Anda melepaskan tangan dari kemudi atau mengalihkan pandangan dari jalan.

Misalnya, ‘nama, tempat, hewan, benda’ atau saya memata-matai dengan mata kecil saya di dalam mobil yang bergerak adalah cara yang bagus untuk mendidik anak-anak tentang kehidupan di jalan’ juga kedua permainan ini adalah cara yang sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar nama-nama tempat dan hewan baru! 

Bagian terbaiknya adalah, memunculkan tempat atau hal baru mengarah ke percakapan tentang apa itu. Ini mendorong pembelajaran sambil bersenang-senang, karena ban memakan jarak berkilo-kilometer! 

Karena Anda memiliki banyak waktu, Anda dapat mendiskusikan hal-hal yang tidak penting. Itu adalah sesuatu yang kebanyakan dari kita akan merasa sulit untuk melakukan sebaliknya, dengan tuntutan kehidupan kerja kita sehari-hari.

Buka percakapan

Meskipun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat anak-anak sibuk secara konstruktif saat di jalan, saya menemukan ini adalah waktu terbaik untuk berbicara dengan mereka. 

Anda terjebak satu sama lain untuk jangka waktu yang cukup lama. Idenya adalah untuk mengubah kelemahan terkurung di dalam kendaraan menjadi kekuatan terbesar Anda. 

Di sini, Anda mendapatkan waktu untuk mengobrol dengan anak-anak Anda, dan yang lebih penting, mereka mendapatkan waktu berkualitas dengan Anda!

Dalam kasus kami, hari biasa di jalan melibatkan 9 hingga 11 jam mengemudi (terkadang hingga 14 jam). Ini memberi banyak kesempatan untuk mendiskusikan apa pun di bawah matahari. 

Saya telah belajar lebih banyak tentang anak-anak saya mengobrol dengan mereka di perjalanan kami, yang seperti 2 minggu dalam setahun penuh daripada yang saya lakukan dalam setahun!

Suasana liburan berarti Anda semua santai. Anda tidak punya tempat untuk pergi dan tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Lewat pedesaan di luar jendela saat Anda mendengarkan musik favorit dengan orang-orang yang Anda cintai. Semuanya hanya datang bersama dengan indah.

Ini memunculkan percakapan, pemikiran, pendapat, mimpi, dan aspirasi yang tidak dapat dilakukan oleh pengaturan lain. Dan itu memunculkan beberapa kejutan juga. Saya yakin Anda akan terkejut dengan hal-hal yang diketahui anak-anak Anda. Atau penasaran! Aku yakin itu.

Sering Berhenti

Sebagai aturan, cobalah mengemudi tanpa berhenti selama 2 jam berturut-turut. Setelah itu, sering berhenti  cukup banyak dan pemberhentian 5 menit bisa terjadi kapan saja selama satu jam berikutnya.

Ini bisa terjadi ketika Anda menemukan tempat yang cukup indah, tempat makan pinggir jalan, mampir beli bensin atau istirahat. Sebenarnya, merencanakan pemberhentian adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi semua penumpang di dalam mobil untuk berpartisipasi.

Biasanya, ketika kami akan berhenti, semua orang mulai mencari jalan untuk menemukan lokasi yang tepat. Ini bisa berupa tempat pinggir jalan atau tebing dengan pemandangan yang indah. Atau itu bisa berupa pohon atau ladang bunga matahari yang tampak luar biasa yang Anda temukan! 

Gagasan dengan pemberhentian ini, selain mengosongkan kandung kemih, adalah meregangkan kaki Anda sebentar, sebelum melanjutkan lagi.

Anda akan terkejut bagaimana kunjungan kecil selama 5 hingga 10 menit ini benar-benar membuat semua orang bersemangat, membuat mereka bersemangat untuk maju.

Terlepas dari segalanya, anak-anak terkadang masih rewel. Mengapa anak-anak, kadang-kadang bahkan orang dewasa merasa kesal karena perjalanan jauh! Tapi itulah hidup, dan tidak semuanya akan menjadi keren.

Perjalanan darat mengajarkan kita untuk bersabar sebagai orang dewasa dan itu tidak terjadi dalam semalam. Ketika Anda menyadari berada di antah berantah dan untuk mencapai pemberhentian masih 4 jam lagi maka mengajarkan Anda kesabaran seperti tidak ada yang bisa!

Kiat-kiat ini dapat membantu membuat hari-hari atau momen buruk itu semakin sedikit dan semakin menjauh satu sama lain jika tidak hilang sama sekali.

Terlebih lagi, itu akan membantu banyak momen hebat di antaranya. Ini akan berubah menjadi kenangan seiring berjalannya waktu dan itulah yang membuatnya sangat berharga! 

Juga yang paling penting, berinovasi. Anda yang paling mengenal anak-anak Anda, jadi lakukan apa yang berhasil untuk Anda dan keluarga.

Jadi dorong batasan diri dan ambil risiko untuk pergi  jalan bersama anak-anak dan jalin kenangan saat Anda mengemudi!

Arum Suci Sekarwangi