Tips Hadapi Jet Lag Pasca Liburan

0
294
Liburan di Pantai

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: I Don’t Lika Monday, memang Senin kerap jadi hari yang paling menyebalkan. Setelah Sabtu dan Minggu menikmati libur, Senin selalu jadi hari transisi di mana tubuh dan pikiran harus siap dengan rutinitas dan setumpuk pekerjaan.

Rasa lelah tak hanya timbul akibat waktu liburan yang habis untuk pesta atau jalan-jalan. Rasa lelah ini bisa juga karena orang mengalami social jet lag atau jet lag sosial. Istilah jet lag, mungkin sering diasosiasikan dengan kondisi tubuh yang harus beradaptasi dengan zona waktu yang baru.

Jet lag bisa mengakibatkan rasa ngantuk dan lsu, juga pola tidur yang terganggu. Rupanya menghadapi rutinitas setelah liburan pun bisa dibilang jet lag. “Jet lag sosial muncul saat jam biologis tubuh kita keluar dari ritme biasanya, dan berhadapan dengan lingkungan eksternal,” jelas Carmel Harrington, pakar tidur dan anggota Sleep Health Foundation, seperti dikutip dari Daily Mail, (12/1).

Harrington menjelaskan, rasa lelah muncul karena terganggunya waktu tidur. Orang tak sadar bahwa jam tubuh kembali diatur tiap pagi, tepatnya saat bangun tidur. Saat hari kerja, mungkin orang bangun pada pukul 06:00 atau 07:00. Tubuh pun siap tidur pada pukul 22:00 atau 23:00.

Jika saat akhir pekan orang tidur larut, tubuh mungkin tidak akan siap tidur hingga pukul 03:00 pada hari berikutnya. “Jet lag sosial adalah apa yang dirasakan pada Senin, saat anda benar-benar keluar dari jadwal yang biasa dijalani,” tambahnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Harrington memberikan beberapa tips agar orang tak terjangkit ‘social jet lag’ atau bahkan menyebut Senin sebagai ‘Black Monday’. ia berkata, orang perlu bangun tidur di waktu yang sama setiap hari. “Olah raga paling tidak 20 menit setiap hari, berjalan saat jam makan siang juga baik,” katanya.

Meski sudah berolah raga dan bangun secara teratur, Harrington mengingatkan agar orang berangkat tidur tanpa membawa masalah. Artinya, segala masalah atau pekerjaan sebaiknya diselesaikan sebelum tidur. Selain itu, hindari tidur melebihi waktu tidur reguler saat akhir pekan.

Sebaiknya, hindari makan besar tiga jam sebelum tidur. “Coba atur alarm satu jam sebelum jam tidur dan saat itu, matikan semua gadget, matikan lampu dan mandilah dengan air hangat,” tambahnya. (DAILY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.