The Geong, Bersepeda Diatas Ketinggian Menggugah Adrenalin

0
408
The Geoang di Tegal (Foto: limakaki.com)

PURBALINGGA, Bisniswisata.co.id: Wisata menguji adrenalin, kini jadi ngetren. Penggemarnya kalangan remaja yang selalu mencari sensasi baru, mencari tantangan baru, dan mencari hiburan baru. Rest Area Lembah Asri di Desa Wisata Serang D’Las Purbalingga Jawa Tengah memahami keinginan wisatawan anak muda now.

Karena itu, membuka wahana baru bertajuk The Geong. Wahana ini menawarkan bersepeda di atas ketinggian. Menarik memang. Bisa menikmati panorama alam menghijau, bisa berselvie di atas awan, bisa berteriak sekuat tenaga karena tak ada yang dengar. Juga bisa bergaya bebas tanpa rasa takut sebab pengamanan bersepeda di ketinggian ini sangat hebat.

Lebih menarik lagi, jika cuaca cerah, wisatawan bisa melihat jelas lanskap Gunung Slamet yang menjulang tinggi. Namun jangan cemberut ketika cuaca mendung, Gunung Slamet pasti diselimuti kabut.

Riki (20), petugas jaga The Geong mengaku wahana sepeda yang menghubungkan bukit dengan bukit lainnya sudah dibuka sejak awal 2018. Sejak dibuka, banyak diminati wisatawan yang mayoritas wisatawan domestik. Sementara wisatawan asing belum ada karena promosi kita masih sangat terbatas, juga wahana ini masih baru.

”Dari awal dibuka sampai sekarang sudah banyak pengunjung yang mencoba sepeda layang ini. Mereka sangat antusias menikmati wahana baru ini. Ramainya dikunjungi pengunjung biasanya weekend, dan liburan sekolah,” kata Riki seperti dilansir laman Suaramerdeka.com, Ahad (18/02/2018).

Pengunjung wahana dikenakan tarif Rp 20.000 per orang dan pengunjung dapat merasakan sensasi bersepeda di ketinggian. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat meminta petugas untuk mengambil foto dengan berbagai gaya dan ekspresi. Pengunjung dapat meminta petugas untuk mengambil foto menggunakan ponsel atau kamera milik pribadi.

Petugas juga menyediakan jasa fotografer untuk mengambil foto pengunjung yang sedang bersepeda. ”Cukup membayar Rp 5.000 perfoto dan untuk mengambil file fotonya secara langsung. Meski berada di ketinggian sekitar 10 meter, pengunjung tetap dijamin keselamatan,” tandasnya serius sambil menambahkan Petugas menyiapkan peralatan pengaman seperti helm dan tali karmentel.

Memang beberapa tahun belakangan, di Indonesia banyak bermunculan wahana The Geong. Ada yang menyebut bike zipline alias sepeda gantung. Juga ada yang menamakan sky cycling, sky bike, dan zip bike. Sebenarnya, konsep bike ziplining mirip dengan flying fox. Bedanya adalah tambahan sepeda yang sudah dimodifikasi sehingga bisa melaju di atas tali besi dengan stabil.

Membayangkan bersepeda di langit dengan pemandangan indah di bawahnya pasti seru banget! Kalau kamu pengin coba sensasinya, ini dia 7 referensi tempat bike zipline paling asik di Indonesia seperti dilansir laman travel.idntimes.com, antara lain

1. Top Selfie Pinusan Kragilan, Magelang

Tempat wisata ini terletak di Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Begitu masuk, kamu bakal langsung dihadapkan dengan spot foto super Instagramable dan pemandangan hutan pinus yang indah. Tapi salah satu wahana yang banyak dituju adalah sepeda gantung. Kamu bisa naik sepeda dari ketinggian dengan latar hutan pinus yang asri. Soal keamanan jangan khawatir, kamu akan dibekali tali pengaman dan juga helm. Tempat wisata yang buka sejak pukul 06.00-18.00 WIB ini hanya menarik retribusi parkir sebesar Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. Tapi ada beberapa wahana di dalamnya yang perlu tiket masuk lagi.

2. Lokawisata Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah
Baturaden adalah tempat wisata yang dikelola The Geong Baturraden. Terletak di Banyumas, Jawa Tengah, Kamu bisa mencoba naik bike zipline dengan biaya Rp 20 ribu sekali jalan. Deretan tebing curam dan keindahan hutan pinus di bawahnya bakal bikin adrenalinmu naik turun. Jangan sia-siakan momen ini untuk berfoto saat sepeda sedang berhenti di tengah jalur.

3. The Lodge Maribaya, Jawa Barat

The Lodge Maribaya jadi pionir wahana sepeda gantung di Indonesia. Lokasinya ada di Kampung Babakan, Cibodas, Lembang Jawa Barat. Kamu bisa mencoba bike zipline atau sky bike dengan biaya Rp 20 ribu saja sekali naik. Selain itu, ada banyak wahana lain yang gak kalah seru seperti mountain swing yang juga bertarif Rp 20 ribu untuk satu kali coba. Kamu gak bakal ada puasnya deh kalau main ke sini, karena ada banyak spot bagus dan properti untuk selfie ria.

4. Dago Dream Park, Bandung

Masih di Jawa Barat, kamu juga bisa menikmati sky bike di Dago Dream Park. Tepatnya di Jalan Dago Giri KM 2.2, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kamu bisa beli tiket terusan seharga Rp 30 ribu. Tempat ini buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB tiap harinya. Pastikan kamu juga mencoba wahana lainnya seperti rumah anti gravity, sky tree, panahan, pirates ship, berkuda, hingga flying fox.

5. Coban Rais, Batu, jawa Timur

Untuk yang tinggal di Jawa Timur jangan sedih, karena wisata serupa juga ada di Kota Batu. Kamu bisa datang ke Coban Rais yang ada di Dusun Dresel, Batu. Sepeda gantung ini termasuk wahana baru di Coban Rais, wajar saja kalau lagi ramai-ramainya. Untuk masuk ke tempat ini, kamu cuma perlu membayar tiket seharga Rp 10 ribu. Selanjutnya kamu bisa menikmati banyak fasilitas dan spot wisata selain sepeda gantung.

6. Puncak Mas, Sukadanaham, Bandar Lampung

Bike zipline adalah wahana baru yang disediakan pengelola wisata Puncak Mas, Sukadanaham, Bandar Lampung. Kamu bisa melintas di atas kawat baja sepanjang 100 meter yang terbentang di atas tebing. Biaya masuknya cukup terjangkau, yakni Rp 20 ribu sekali jalan. Kamu juga bisa berfoto di atas balon udara. Meskipun tidak benar-benar terbang, tapi cukup indah untuk dijadikan spot selfie.

7. Salu Pajaan, Sulawesi Barat

Sepeda gantung adalah satu dari lima obyek wisata alam yang ada di Salu Pajaan, Kecamatan Binuang, Sulawesi Barat. Beda dari enam wahana di atasnya, sling besi terbentang di tengah telaga dengan pemandangan alam yang asri. Dengan tarif Rp 5 ribu saja, kamu bisa menikmati wahana sepeda gantung di tempat ini. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.