INTERNATIONAL TRANSPORTASI

Qatar Airways Konfirmasi Sudah Bayar 96 % Refund Tiket Akibat Covid-19

Pramugari Qatar siap sambut penumpang di dalam pesawat sesuai protokol kesehatan. ( Foto: Qatar Airways)

DOHA, Qatar, bisniswisata.co.id: Qatar Airways telah membayar hampir £ 1 miliar sebagai pengembalian dana kepada  600.000 an penumpang sejak Maret, ungkap maskapai tersebut mengkonfirmasi.

Pengembalian dana untuk penumpang yang terkena dampak pandemi COVID-19 berjumlah total US $ 1,2 miliar (sekitar £ 910 juta), kata maskapai Teluk itu dan dilaporkan bahwa 96% telah dibayar dan semua pengembalian uang sedang diproses dalam waktu kurang dari 30 hari.

Kebijakan pemesanan fleksibelnya juga memungkinkan penumpang untuk memesan ulang ke penerbangan lain dalam dua tahun dan mengubah tujuan mereka (dalam 5.000 mil) atau tanggal perjalanan gratis, mengambil voucher perjalanan masa depan senilai 110% dari tarif, atau menukar tiket mereka dengan mil udara  .

Dilansir dari travelweekly.co.uk, maskapai tersebut mengatakan 36% penumpangnya memilih salah satu dari opsi ini daripada pengembalian uang.

Group Chief Executive Qatar Airways, Akbar Al Baker, mengatakan: “Akibat dampak COVID-19 pada perjalanan global, penumpang harus mengubah rencana mereka dalam waktu singkat dan sulit bagi mereka untuk membuat rencana ke depan dengan pasti,” ujarnya.

Oleh karena itu, mereka inginkan dan pantas dapatkan adalah fleksibilitas dan keandalan, dan di Qatar Airways kami berharap mereka menemukan maskapai penerbangan yang dapat mereka percayai, tambahnya.

 “Jumlah yang telah kami bayarkan sebagai pengembalian dana tidak diragukan lagi telah berdampak pada laba kami, tetapi itu adalah tugas kami untuk melakukan hal yang benar oleh pelanggan dan mitra dagang kami dan sebagai maskapai penerbangan kami cukup kuat untuk mengurangi dampak ini.” tegas Akbar Al Baker

Qatar Airways mengatakan permintaan pengembalian dana mencapai 10.000 per hari pada puncak krisis dan pihaknya menggunakan sistem distribusi global sistem GDS untuk membayar pengembalian uang kepada agen perjalanan.

Armadanya kembali beroperasi ke 80 tujuan pada akhir Juni, dan telah menerapkan sejumlah protokol kesehatan dan keselamatan di dalam pesawat untuk memerangi penyebaran COVID-19.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)