ART & CULTURE GALERY NEWS

Pameran Artjog MMXII, Peduli Inklusifitas dan ‘Perluasan Kepedulian’.

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Perhelatan Pameran seni rupa Artjog MMXII resmi dibuka pada 7 Juli 2022, Pameran yyang digelar di Jogja Nasional Museum (JNM) ini sebanyak 300 karya seni dan menitikberatkan pada inklusifitas, kata Heri Pemad, Direktur ARTJOG, hari ini.

“Pameran pada tahun ini, ARTJOG  mengusung tema yang berbeda dengan tahun lalu karena tahun ini pameran ARTJOG  l menitik beratkan pada tema inklusifitas, melibatkan anak-anak dan difabel,” ujarnya.

Tema kesadaran,ruang waktu dan kesadaran memberikan kesempatan kepada anak-anak  dengan perasaannya dengan bahasa seni. Pihaknya juga memberikan penghargaan Young Artist Award ARTJOG 

MMXII: Arts in Common – Expanding Awareness yang dibacakan oleh seniman Titarubi dan dari 12 seniman, ada 3  terpilih seniman yang diunggulkan dan dimenangkan sebagai karya terbaik dalam kompetisi. 

Mereka adalah; Dzikra  Afifah (Bandung) dengan karya The Principal within the Hollow – The Bardo – Living Revelation Series; Rizka Azizah Hayati (Yogyakarta) dengan karya Magical Crocodile; dan Timoteus Anggawan Kusno (Yogyakarta) dengan karya Ghost Light. Penjurian Young Artist Award tahun ini dilakukan oleh Hendro Wiyanto, Titarubi, dan tim kurator ARTJOG MMXXII.

Dolorosa Sinaga, perwakilan seniman ARTJOG tahun ini memberikan sambutan sekaligus membuka ARTJOG MMXXII: dengan menyatakan bahwa tema tahun ini, tidak bisa hanya diterjemahkan sebagai ‘perluasan kesadaran’, tetapi harus diartikan sebagai ‘perluasan kepedulian’. 

“Setelah kita mengalami pandemi kita menjadi sadar pada nilai solidaritas. Di momen ini, saya meyakini ARTJOG sebagai institusi seni yang memberi dampak sosial yang begitu masif. Membuat kita perlu meyakini dan memegang teguh keyakinan  bahwa: seni harus menjadi garda depan perubahan.”  kata Dolarosa.

ARTJOG diselenggarakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelum berkunjung, tamu  wajib mematuhi protokol kesehatan.Pameran akan dibuka setiap hari pada pukul 10.00-21.00 WIB dan tiket bisa didapatkan langsung di lokasi.

Pameran berdurasi lebih dari delapan minggu ini mencakup beberapa program terjadwal seperti: Exhibition Tour, Meet the Artist, Weekly Performance, dan Lokakarya. 

 

Hadi Rahman