Okupansi Hotel Sepi, Dampak Merosotnya Kunjungan Wisman

0
68
Pariwisata Jakarta (Foto Fajar.co.id)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Ibu Kota, selama April 2019 belum melegakan. Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat Angka kunjungan hanya tercapai 198.209 kunjungan wisman. Jumlah itu mengalami penurunan 9,70% dibandingkan kunjungan wisman Maret 2019 yang berjumlah 219.500 kunjungan.

Demikian juga jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya, jumlah kunjungan wisman bulan April 2019 menurun sebesar 11,50%. Jumlah wisman sebanyak itu masuk melalui dua pintu masuk yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Penurunan kunjungan wisman berimbas pada Tingkat penghunian kamar hotel berbintang (TPK). TPK hotel berbintang pada April 2019 mencapai 58,92% atau mengalami penurunan TPK sebesar 0,64 poin dari TPK Maret 2019 yang mencapai 59,56%. Demikian juga jika dibandingkan dengan TPK April 2018 sebesar 62,91%, TPK April 2019 juga mengalami penurunan sebesar 3,99 poin.

BPS DKI juga membeberkan lima negara menjadi pengunjung terbanyak ke Jakarta untuk April 2019 adalah Tiongkok (32.164 kunjungan), Malaysia (27.460 kunjungan), Jepang (19.703 kunjungan), Singapura (15.509 kunjungan), dan Korea Selatan (9.182 kunjungan).

Secara total kunjungan dari lima kebangsaan itu berjumlah 104.018 kunjungan yang mencapai 52,485 dari keseluruhan kunjungan ke kota Jakarta. Ini menunjukkan bahwa kelima negara itu sangat penting peranannya karena menjadi pasar utama kepariwisataan asing kota Jakarta.

Sederet destinasi wisata di Jakarta itu antara lain:

#. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan masih menjadi favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Taman seluas 147 hektar ini memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman. Di sini, Anda bisa menjajal sensasi menunggang gajah dan onta hanya dengan tiket Rp7.500 per orang. Tak ketinggalan, biasanya juga ada atraksi berbagai satwa yang menghibur. Ragunan juga memiliki pusat primata berkelas internasional, yakni Pusat Primata Schmutzer. Anda bisa melihat berbagai jenis primata di Indonesia, seperti orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya. Tempat rekreasi ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata murah. Harga tiket masuk Dewasa hanya Rp4.000 per orang, sementara anak-anak Rp3.000 per orang.

#. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Monas merupakan tempat wisata sejarah yang wajib disambangi. Konon, belum lengkap ke Jakarta sebelum Anda menjejakkan kaki di Monas. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1959 ini merupakan monumen untuk mengenang jasa rakyat dalam melawan penjajah Belanda. Daya tarik bangunan dengan luas sekitar 80 hektar ini terletak pada bagian puncak yang dilapisi emas seberat 35 kilogram. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan kota dari puncak, mengunjungi Ruang Kemerdekaan, atau sekadar berkeliling kawasan Monas. Selain melihat-lihat diorama sejarah nasional, Anda juga bisa menyaksikan panorama indah dari Kota Jakarta melalui fasilitas teropong yang ada di puncak monumen.

#. Kota Tua

Tempat yang sarat akan sejarah ini menyuguhkan nuansa Jakarta tempo dulu. Setiap hari, kawasan ini tak pernah sepi. Maklum saja, kawasan Kota Tua sangat menarik untuk dijelajahi. Mengunjungi Kota Tua ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Pasalnya, di kawasan ini terdapat sejumlah destinasi wisata bangunan cagar budaya yang dapat Anda kunjungi, di antaranya Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Di malam hari Kota Tua tampak eksotik dengan penerangan seadanya. Di beberapa sudut tampak pedagang kaki lima menggelar dagangannya. Sementara di sudut lain tampak sejumlah musisi jalanan tengah melakukan pertunjukan. Bangunan-bangunan khas Belanda itu biasanya menjadi objek foto atau latar foto favorit para pengunjung. Lokasi wisata sejarah yang berada di Jakarta Barat ini jug mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi umum, seperti KRL atau bus TransJakarta.

#. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tak jauh dari kawasan Kota Tua terletak Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yang menjadi saksi bisu sejarah Indonesia ini merupakan pusat perdagangan antarnegara. Tak sedikit pedagang dari Tiongkok berlayar dengan membawa barang kerajinan berupa kain sutra dan rempah. Sementara pedagang asal India dan Arab datang dengan membawa minyak wangi dan kain. Kendati kini Pelabuhan Sunda Kelapa tak seramai dulu, faktanya tempat ini masih digunakan sebagai dermaga transportasi laut. Anda pun dapat mengelilingi pelabuhan menggunakan sampan nelayan setempat. Tak perlu khawatir karena harga sewanya pun tergolong ramah kantong. Selain itu, Pelabuhan Sunda Kelapa pun menawarkan pemandangan indah, terutama di sore hari menjelang senja. Inilah alasan mengapa banyak orang yang sengaja menunggu datangnya sunset. Maklum saja, pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa. Warna senja, merah keemasan berpadu dengan birunya langit, sangat cantik. Dari kejauhan, deretan kapal tampak layaknya sebuah lukisan.

#. Taman Mini Indonesia Indah

Destinasi di Jakarta Timur ini menjadi daya pikat buat warga Tanah Air maupun mancanegara. Tiap hari selalu ramai dikunjungi, tak kecuali saat libur lebaran. Ada begitu banyak miniatur kekayaan budaya dan alam Indonesia ditampilkan di TMII, dari rumah adat, alat-alat tradisional, kuliner, flora-fauna, kesenian daerah dan lainnya. Aneka wahana hiburan juga ada.

#. SnowBay Waterpark

SnowBay yang ada di dalam Taman Mini Indonesia Indah memberikan pengalaman berbeda kepada para pengunjung dengan tema bernuansa salju. Sekitar 70% area di SnowBay dengan luas 3 hektar tertutup dengan salju buatan. Ada juga 13 wahana air interaktif dengan pegunungan salju artistik yang tersebar. Serunya lagi, si kecil bisa lebih aktif menggerakkan tubuhnya saat bermain air. Tak hanya menghibur, liburan ke sini dapat menyehatkan dan membuat tubuh bugar. SnowBay Waterpark menyediakan berbagai fasilitas wisata air yang menyajikan bermacam tantangan air yang seru dan menegangkan, seperti kolam ombak, kolam arus, dan seluncuran kembar dengan kecepatan 50 kilometer per jam. Tiket masuk untuk weekend dan hari libur seharga Rp180.000. Adapun tiket masuk TMII dipatok sebesar Rp20.000 untuk semua hari, termasuk hari libur. Namun, untuk menikmati wahana di dalamnya, Anda harus membeli tiket lagi, seperti Taman Legenda Keong Mas seharga Rp20.000-Rp30.000, naik kereta gantung Rp40.000-Rp50.000, dan lainnya.

#. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Jika ingin menikmati wisata alam, Taman Wisata Alam Angke Kapuk bisa menjadi pilihan. Objek wisata ini merupakan objek wisata hutan mangrove yang berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Lokasi ini cocok bagi Anda yang ingin menghindar dari hiruk pikuk kota Jakarta sejenak dan menikmati angin semilir serta kicauan burung. Lokasi ini juga memiliki spot-spot yang cukup Instagramable bagi Anda yang memiliki hobi berfoto. Tiket masuk Taman Wisata Alam Angke Kapuk untuk akhir pekan dan hari libur dipatok Rp30.000 per orang.

#.Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu memiliki beragam potensi wisata yang tidak habis untuk dieksplorasi. Selain memiliki wisata alam dan kekayaan bawah laut yang begitu eksotis dan menggoda, pulau yang terletak di sebelah utara Teluk Jakarta ini memiliki ragam wisata sejarah, budaya dan wilayah konservasi nasional. Beberapa pulau yang sering menjadi destinasi wisata, antara lain Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Sepa, dan masih banyak lagi. Untuk menuju pulau-pulau tersebut, tinggal menyebarang naik kapal dari Pelabuhan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol. Akses ke sana, sekarang ini juga relatif mudah dengan adanya berbagai macam jasa tour dan travel.

#. Dunia Fantasi (Dufan)

Lokasi wisata yang menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol ini menawarkan berbagai wahana permainan menarik yang siap memanjakan pengunjung, mulai dari yang biasa hingga ekstrem. Dufan terbagi menjadi beberapa kawasan, yakni Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila, Fantasy Lights, dan kawasan indoor. Pada libur Lebaran tahun ini, Dufan akan meluncurkan tujuh wahana baru, salah satunya adalah wahana remaja pertama di Asia yaitu Baling-Baling dan enam wahana anak/keluarga, yaitu Kolibri, Paralayang, Karavel, Turbo Drop, Zig-Zag, dan New Ontang-Anting. Selain itu, Dufan juga akan menampilkan pertunjukan internasional dari Spongebob Squarepants mulai 25 Mei – 16 Juni 2019. Harga tiket Dufan pada lebaran 2019 tidak mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. Dufan menawarkan tiket Pre Sale II yang hanya bisa dibeli mulai 20 Mei-29 Mei 2019 seharga Rp310.000. Sedangkan harga pekan Lebaran, Dufan mematok harga tiket, yakni Rp325.000.

#. Museum Macan

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) merupakan museum seni yang menampilkan berbagai koleksi seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan seluruh dunia. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan libur Lebaran.

#. Kidzania Jakarta

KidZania Jakarta adalah sebuah theme park Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Untuk hari Senin-Jumat, harga tiket yang dipatok mulai dari Rp50.000 untuk 2-3 tahun, Rp225.000 untuk usia 4-16 tahun, dan Rp175.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk hari Sabtu-Minggu, tiketnya dipatok mulai dari Rp100.000 untuk 2-3 tahun, Rp275.000 untuk usia 4-16 tahun, dan Rp225.000 untuk dewasa. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.