Misteri Keberadaan Lukisan Termahal di Dunia Terkuak

0
120
Lukisan Salvator Mundi (Foto: Repro Google)

LONDON, bisniswisata.co.id: Sejak terjual dengan harga US$450 juta atau sekitar Rp 6 Triliun, keberadaan lukisan Salvator Mundi yang disebut dilukis oleh Leonardo da Vinci menjadi misteri.

Pedagang barang seni asal London Kenny Schachter lewat tulisannya di laman daring Artnews memberikan jawaban. Lukisan itu berada di kapal mewah raksasa milik putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

Sejak terjual di Christie pada 2017, lukisan yang menampillkan Yesus Kristus keluar dari kegelapan dan memberkati dunia dengan satu tangan sementara tangan lainnya memegang bola dunia transparan di tangan lainnya tidak pernah diketahui keberadaannya.

Para pakar seni terbagi mengenai keaslian lukisan itu. Banyak yang mengatakan lukisan itu bukan merupakan karya Da Vinci namun hanya diproduksi di sanggar seni maestro Italia itu.

The Wall Street Journal merupakan yang pertama melaporkan bahwa lukisan itu dibeli oleh Pangeran Aran Saudi Badr bin Abdullah yang bertindak atas nama Pangeran Mohammed bin Salman.

Namun, kabar bahwa lukisan itu berada di kapal mewah milik Pangeran Mohammed bin Salman tidak bisa dikonfirmasi secara pasti. Schachter dalam tulisannya menulis, “Di air keruh Timur Tengah, tidak ada hal yang terang benderang.” paparnya seperti dilansir AFP, Selasa (11/06/2019).

Namun, dengan mengutip sejumlah sumber, termasuk dua orang yang terkait dengan penjualan itu, Schachter mengklaim, “Lukisan itu dibawa di tengah malam menggunakan pesawat milik Pangeran Mohammed bin Salman dan kemudian diletakkan di kapal mewah miliknya, the Serene.”

Menurut Schachter, lukisan itu akan terus berada di kapal mewah itu hingga dipindahkan ke Al-Ula yang oleh pemerintah Arab Saudi akan dijadikan destinasi budaya. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here