Merespons Social Distancing, Instagram Akan Tambah Layanan Baru

0
30

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization menetapkan virus corona sebagai darurat kesehatan global pada bulan Januari lalu, Instagram terus membantu pengguna mengakses informasi akurat dan memastikan pengguna tetap aman dan dapat saling terhubung satu sama lain. 

Siaran pers aplikasi berbagi foto dan video yang banyak digunakan oleh para traveler ini meluncurkan  stiker “Di Rumah Aja” guna membantu pengguna untuk saling terhubung dan berbagi inspirasi kegiatan #dirumahaja selama melakukan praktik social distancing ( jaga jarak fisik) saat ini.    

Banyak juga memberikan tambahan layanannya seperti akun-akun sumber edukasi di kolom pencarian serta menambahkan rangkaian stiker untuk membagikan informasi akurat tentang kiat pencegahan penyebaran COVID-19. 

Layanan baru lainnya menghapus konten dan akun tidak terpercaya yang memposting konten terkait    COVID-19 dari laman rekomendasi, kecuali konten tersebut diposting oleh organisasi kesehatan yang terpercaya. 

Ada juga cara baru untuk menjelajahi Instagram bersama teman melalui video chat.  Mengakses Informasi akurat para pengguna yang mencari informasi terkait COVID-19 akan mulai melihat sebuah pesan edukasi yang akan mengarahkan mereka mengakses akun  Organisasi Kesehatan Dunia dan otoritas kesehatan setempat. 

Instagram tengah berupaya secepat mungkin untuk menyediakan layanan ini bagi para pengguna di seluruh dunia dalam beberapa minggu ke depan, disamping meluncurkan rangkaian stiker terbaru untuk membantu pengguna  membagikan informasi akurat seputar COVID-19 di Stories mereka. 

Stiker-stiker ini berisi himbauan bagi pengguna untuk mencuci tangan, menjaga jarak fisik dengan orang lain, serta beberapa tips lainnya untuk mencegah penyebaran virus. Rangkaian stiker ini akan tersedia di galeri stiker Stories pengguna dalam beberapa hari ke depan.

Selama beberapa minggu terakhir, Instagram secara bertahap mulai meluncurkan fitur notifikasi di bagian atas Feed Instagram pengguna yang berdomisili di negara-negara yang terdampak COVID-19. 

Notifikasi tersebut berisi arahan bagi pengguna untuk mencari informasi terkini yang akurat dari organisasi kesehatan yang terpercaya dan mengurangi penyebaran misinformasi dengan menghapus akun-akun dan konten terkait COVID-19.

Konten yang ditandai sebagai misinformasi oleh mitra pengecek fakta pihak ketiga dari Feed dan Stories akan langsung dihapus dari laman Explore dan hashtag. Begitu pula klaim palsu maupun teori konspirasi yang memiliki potensi membahayakan para pengguna.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.