Mendikbud Nadiem Makarim Lantik Pejabat Tinggi Madya & Anggota Lembaga Sensor Film

0
29

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Wakil Pemimpin Umum portal berita wisata ini: www. bisniswisata.co.id, Rita Sri Hastuti dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim secara daring sebagai anggota Lembaga Sensor Film bersama 16 anggota lainnya.

Rita dilantik bersama 8 pejabat tinggi madya di lingkungan internal Kemendikbud. “Hari Ini Jumat, 8 Mei 2020 Kita dapat melaksanakan pelantikan pejabat tinggi madya serta anggota Lembaga Sensor Film periode 2020-2024,” kata Nadiem dalam upacara pelantikan 

Untuk para pejabat, Nadiem berpesan agar mereka mampu berkreasi, berinovasi dan berpartisipasi aktif dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Hal itu menjadi tantangan sendiri, terlebih pada masa pandemi virus korona (COVID-19) ini.

“Agar saudara melakukan koordinasi internal, melihat tantangan dan menjadikan itu sebagai motivasi kuat untuk mewujudkan Merdeka Belajar berjalan efektif dalam sistem pendidikan untuk Indonesia,” terang Nadiem dikutip Antara.

Rita Sri Hastuti, Wakil Pemimpin Umum bisniswisata.co.id dilantik sebagai anggota Lembaga Sensor Film ( LSF).

Sedangkan kepada anggota Lembaga Sensor Film, Nadiem berpesan, agar mereka mendukung dan mengimbangi program Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan beberapa bulan lalu.  Tak sekadar memperkuat integritas, tapi juga mengimbangi perkembangan dan kemajuan teknologi di dunia perfilman.

“Kami berharap Saudara mampu menjalankan tugas ini sebaik-baiknya untuk periode 2020-2024,” kata Nadhiem.

Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Iwan Syahril, juga dilantik pula sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud.

Pejabat lainnya yang dilantik yakni Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Wikan Sakarinto menjadi Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud.

Kemudian Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Prof H Endang Aminudin Aziz dilantik menjadi Kepala Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud.

Selanjutnya Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan Totok Suprayitno dilantik menjadi Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan Kemdikbud.

Nadiem juga melantik ulang sejumlah pejabat yang sebelumnya sudah dilantik yakni Sesjen Kemdikbud Prof Ainun Naim, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, Irjen Kemdikbud Muchlis Rantoni Luddin. Sedangkan Chatarina Maulina Girsang sebagai Staf Ahli Mendikbud bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan.

Nadiem Makarim meminta pejabat Kemdikbud yang baru dilantik untuk menggulirkan kebijakan yang memberikan kebebasan pada insan pendidikan dan kebudayaan.

“Insan pendidikan harus dilihat sebagai subjek bukan objek, untuk itu kebijakan yang digulirkan harus memberikan kebebasan pada insan pendidikan dan kebudayaan,” ujar Nadiem.

Kebijakan tersebut diharapkan dapat membuat insan pendidikan dan kebudayaan dapat berkreasi, berinovasi dan berpartisipasi aktif untuk memajukan sektor pendidikan dan kebudayaan.

Dia menambahkan pendidikan manusia seutuhnya harus bisa mengikuti perkembangan zaman, serta memperhatikan pelaku pendidikan yakni manusia.

“Agar hal tersebut menjadi tantangan dan motivasi kuat Merdeka Belajar, serta bekerja secara efektif untuk Indonesia dan memberikan peluang untuk sistem pendidikan agar dapat menghadapi tantangan zaman,” terang dia.

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga melantik anggota Lembaga Sensor Film (LSF) dan Prof Dr Sri Mulyani sebagai Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang periode 2020-2024. 

Pejabat Kemendikbud dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 74/TPA2020 dan 84/TPA2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sejumlah pejabat yang dilantik ini diketahui sudah dilantik sebelumnya, namun ikut dilantik ulang pada hari ini karena ada penyesuaian Perpres.  Sebelumnya Perpres 72/020 menjadi Perpres 82/2020 tentang Kemendikbud.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik:

  1. Ainun Naim sebagai Sekretaris Jendral Kemendikbud (dilantik ulang)
  2. Hilmar Farid sebagai Dirjen Kebudayaan Kemendikbud (dilantik ulang)
  3. Muchlis Rantoni Ludin sebagai Ispektor Jendral Kemendikbud (dilantik ulang)
  4. Totok Suprayitno sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud
  5. Iwan Syahril sebagai Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan
  6. Wikan Sakarinto sebagai Dirjen Vokasi
  7. Endang Amunin Aziz sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud
  8. Chatarina Maulina Girsang sebagai Staf Ahli bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayan Kemendikbud (dilantik ulang)

Sedangkan anggota Lembaga Sensor Film dilantik dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia dengan Nomor 39/TPA2020 tentang pemberhentian dengan hormat pengangkatan Lembaga Sensor Film. Berikut anggota yang dilantik:

1.Ahmad Yani Basuki

2.Arturo Gunapriyatni

  1. Erfan ismail
  2. Fetrimen
  3. Hefidah
  4. Yosep Samuel
  5. Mukayat Al Amin
  6. Naswardi
  7. Nurka m Masardi
  8. Rita Sri Hastuti
  9. Romy Fibri Hardianto
  10. Triwidiastuti Setianingsih
  11. Andi Muslim
  12. Kuat Prihatin
  13. Nasrullah
  14. Rosery Rosdi Putri
  15. Saptary Noviastri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.