Liburan Tutup Tahun, Solok Tawarkan Green Camping

0
92
Solok

SOLOK SUMBAR, bisniswisata.co.id: Binggung mencari liburan tutup tahun, coba datang ke Solok Sumatera Barat (Sumbar). Pasalnya, Perintah Kabupaten (Pemkab) Solok, menawarkan destinasi wisata yang instagramnable yakni green camping atau perkemahan hijau di Alahan Panjang Resort.

“Nantinya Alahan Panjang Resort maksimal bisa menampung 1.000 orang dengan 300 tenda. Kami masih mengusahakan dengan sponsor agar kegiatan dapat terlaksana,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra.

Biasanya, lanjut dia, resor di Alahan Panjang penuh saat tahun baru. Untuk lebih memaksimalkan pengunjung ke Alahan Panjang diadakan green camping. Agar lebih memeriahkan perayaan malam tahun baru, pihaknya akan mengadakan berbagai hiburan rakyat dan pagelaran kesenian, seperti randai dan pertunjukkan tari.

Selain memusatkan kegiatan di Alahan Panjang, Yandra menyebutkan perayaan tahun baru di Kabupaten Solok juga rutin diramaikan dengan pendakian Gunung Talang. “Biasanya, ribuan pendaki akan memadati jalur pendakian Gunung Talang di Aia Batumbuk beberapa hari sebelum malam pergantian tahun baru,” ujarnya.

Seperti dilansir Antara, Rabu (28/11/2018), Yandra menyebutkan instansinya menargetkan kunjungan wisatawan yang datang ke Solok mencapai 10 ribu orang, dan sekitar 4.000 orang memasuki objek wisata di daerah tersebut. Perkiraan pengunjung termasuk ke objek wisata yang dikelola pihak swasta seperti Puncak Cinangkiek.

Dinas pariwisata juga melakukan koordinasi dengan pihak keamanan dan pihak pengelola objek wisata swasta di beberapa lokasi agar pada hari lonjakan pengunjung saat liburan akhir tahun dapat diatur dengan baik.

Ia juga mengimbau agar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Alahan Panjang, Nagari Jawi-Jawi, Kawasan Danau Singkarak, dan jalur pendakian Gunung Talang di Aia Batumbuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik saat wisatawan datang ke Solok sehingga mereka nyaman dan aman di daerah wisata. “Alhamdulillah, pokdarwis di Solok cukup aktif dalam membantu perkembangan wisata di daerah kami,” katanya.

Selain green camping di Alahan Panjang Resort, Solok juga memiliki destinasi wisata yang menarik. Ditambah lagi dengan julukan Heart of Minangkabau yang membuat Solok Selatan saat ini menjadi jantung pariwisata di provinsi Sumatera Barat. Bagi kamu yang senang dengan keindahan alam, Solok memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat memanjakan mata, antara lain:

#. Pulau Belibis

Pulau belibis ini memiliki fasilitas pemancingan dan spot foto yang instagrammable seperti dermaga, jembatan gantung, ayunan yang menghadap ke danau, balon udara dan masih banyak lainnya. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak-anak, karena mempunyai mini zoo yang mengoleksi beberapa jenis burung dan unggas. Pulau belibis berada 2 km dari pusat kota Solok dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 10 menit.

#. Wisata Religi

Wisata religi yang ditawarkan dengan mengunjungi Masjid Agung Al Muhsinin ini merupakan Masjid termegah dan terbesar di Kota Solok. Letaknya di jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Solok. Masjid Agung Al-Muhsinin ini baru diresmikan pada tanggal 14 Desember 2011. Masjid kebanggaan masyarakat Kota Solok ini memiliki lahan parkir dan pelataran yang luas. Warna kubah dan disain Masjid ini juga sangat menarik untuk dijadikan lokasi atau bahan berfoto.

#. Wisata Air Terjun

Di Solok ada dua air terjun yang menarik. Air terjun Sarasah Batimpo dan Air terjun Kapalo Banda Koto Hilalang. Sarasah Batimpo, Kata itu berasal dari 2 kata, “sarasah” yang berarti airterjun, “batimpo” yaitu tertimpa/bertingkat. Bagi yang memiliki jiwa petualang, wisata ini cukup menarik dan menantang untuk dikunjungi. Sebab, kamu harus berjalan kurang lebih 500 meter dari tempat parkiran melalui bebatuan yang besar yang dibawahnya dialiri aliran sungai. Dengan suasana alam yang masih asri dikelilingi pepohonan nan rindang tentu perjalanan sebelumnya akan terbayar lunas.

Sementara Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang merupakan Air terjun yang masih tersembunyi dalam rimba hutan wilayah Kenagarian Koto Hilalang. Akses untuk menuju air terjun ini tidak terlalu sulit, hanya dengan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki lebih kurang selama 1 jam dari pemukiman penduduk. Rasa capek saat menelusuri hulu sungai dan melompati bebatuan yang licin tersebut terasa hilang setelah mencapai lokasi air terjun yang ketinggiannya lebih kurang 10 meter.

#. Puncak Gagoan & Gobah

Puncak Gagoan merupakan sebuah tebing curam nan indah yang terletak di Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat. Puncak Gagoan ini memiliki keindahan panorama alam yang sungguh menarik dan unik dengan dihiasi oleh batuan karangnya yang terlihat menarik jika kita foto di sini. Diatas Puncak ini akan terlihat pemandangan alam serta pesona Danau Singkarak yang terletak tidak jauh dari puncak ini. Selain itu, Pengunjung akan dimanjakan oleh semilir angin yang bertiup cukup kencang dengan udaranya yang sangat sejuk menyejukan. Hal ini dikarenakan bukit ini memang dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga keasriannya.

Sementara Puncak Gobah merupakan sebuah objek wisata yang masih baru dan sedang populer di Kabupaten Solok. Puncak ini berada di ketinggian Nagari Aripan yang menghadap ke Danau Singkarak. Keindahan Panorama Puncak Gobah menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan hamparan persawahan, hutam dan kawasan pesisir bagian selatan Danau singkarak. Di lokasi puncak ini juga dilengkapi oleh sebuah rumah pohon untuk berfoto yang menambah daya tarik pengunjung ke tempat wisata ini.

#. Rumah Pohon

Wisata Rumah Pohon Laing Park ini terletak tak jauh dari Kota Solok, Objek wisata ini telah menjadi destinasi wisata baru yang sedang ramai dan populer di perbincangkan serta dikunjungi oleh muda mudi maupun keluarga saat ini. Hal yang menarik di Laing Park ini adalah rumah pohonnya. Rumah pohon menawarkan suasana alam yangsangat sejuk dan nyaman untuk bersantai. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan merasakan udara segar khas perdesaan. Lokasi wisata berada di atas lahan seluas 8 hektar yang sangat alami dan jauh dari polusi. disini tersedia dua rumah pohon dengan kapasitas 5 orang dewasa atau 10 anak-anak di ketinggian 10 meter.

#. Wisata Danau

Solok kayak wisata danau. Ada Danau Singkarak, Danau Talang, juga Danau Dieteh dan Danau Dibawah. Wisata danau ini memang membikin suasana yang aman, nyaman, tentram, udara segar dan indahnya pemandangan alam luas yang ada di depan mata anda. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.