Pariwisata Bangka Belitung: Wisnus Naik Wisman Turun

0
14
Pulau Lengkuas Bangka Belitung jadi ikon wisata (Foto: Google)

PANGKALPINANG, Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mencatat kunjungan wisatawan yang menginap di hotel berbintang pada Juli 2019 mencapai 37.989 orang atau mengalami kenaikan 9,06 persen dibandingkan bulan sebelumnya 34.833 orang.

“Wisatawan nusantara (Wisnus) meningkat 9,49 persen, tetapi wisatawan mancanegara (Wisman) mengalami penurunan 10,48 persen dibanding bulan sebelumnya,” kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Darwis Sitorus di Pangkalpinang, seperti dilansir Antara, Kamis (05/09/2019).

Dilanjutkan, peningkatan jumlah wisatawan atau tamu yang menginap terjadi di tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Bangka Tengah naik 19,43 persen, Pulau Belitung naik 17,08 persen, Kota Pangkalpinang naik sebesar 7,24 persen. “Penurunan jumlah tamu yang menginap di hotel berbintang hanya terjadi di Kabupaten Bangka yaitu turun 21,43 persen,” ujarnya.

Juli 2019 hotel berbintang di Belitung memiliki jumlah tamu menginap terbanyak. Jumlah tamu menginap di kabupaten tersebut sebanyak 14.113 orang, Kota Pangkalpinang 12.600 orang, Bangka Tengah sebanyak 7.627 orang dan Bangka 3.649 orang. “Tingkat penghunian kamar hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Juli 2019 sebesar 34,76 persen, atau naik sebesar 0,76 poin dibandingkan nilai TPK bulan sebelumnya 34,00 persen,” katanya.

Ditambahkan, TPK tertinggi hotel berbintang pada Juli 2019 terjadi di Kabupaten Bangka Tengah 57,95 persen, Belitung 33,44 persen, Kota Pangkalpinang 31,53 persen, dan Kabupaten Bangka sebesar 18,34 persen.

Selain itu, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dua kategori kabupaten/kota mengalami peningkatan TPK hotel berbintang, yakni Kabupaten Bangka Tengah naik 10,86 poin, dan Belitung naik 0,76 poin. “Pada dua kabupaten/kota lainnya mengalami penurunan, yakni Kabupaten Bangka turun 3,74 poin dan Kota Pangkalpinang turun 2,71 poin,” ujarnya.

Babel memiliki sekitar 26 obyek wisata. Provinsi ini merupakan gabungan dari dua buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, memiliki banyak pantai yang mengagumkan dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai.

Sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia, Babel adalah kawasan kepulauan dengan 470 buah pulau dan hanya terdapat 50 pulau yang telah berpenghuni. Inilah sebab betapa potensi wisata bahari yang ada di sana mampu menyuguhkan Anda pengalaman wisata bahari yang berkesan, seperti snorkeling, memancing, hingga berlayar. Dan ini destinasi wisata Babel paling memikat dan banyak dikunjung wisatawan.

# Gunung Menumbing
Terletak di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter dpl. Di Gunung Menumbing merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda pada tahun 1948-1949 di Pulau Bangka. Ada sebuah wisma masih terawat hingga kini yang menjadi tempat Proklamator RI diasingkan. Wisma pengasingan ini dijaga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi yang dari awal memiliki tanggung jawab untuk menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama pengasingan di Bangka.

# Pantai Parai Tenggiri
Berjarak sekitar 40 km dari ibukota Babel, Pangkalpinang, Pantai Parai Tenggiri adalah pantai paling indah dengan karakter ombak yang lembut dan permukaan yang landai. Pantai Bangka memiliki panorama eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Pantai ini juga memiliki bebatuan granit berukuran besar dalam aneka bentuk unik dengan jumlah banyak. Panorama pantai yang indah tatkala menaiki bebatuan granit, menyuguhkan keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Ada banyak kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan wisatawan, di antaranya banana boat, parasailing, hingga snorkel di Parai Tenggiri. Juga memancing di pantai ini, tersedia penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan peralatannya. Salah satu tempat wisata di Bangka Belitung ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang lengkap, tersedia hotel hingga ressort yang dapat Anda tempati serta fasilitas permainan air.

# Pulau Memperak
Inilah keindahan tempat wisata di Belitung yang belum diketahui banyak wisatawan, namun terkenal akan pesonanya yang memikat. Pulau ini di Kabupaten Belitung Timur, menyuguhkan air laut yang biru kehijauan dan bersih. Keindahan alam bawah laut di pulau ini tidak boleh dilewatkan. Snorkeling terbaik di pulau ini dapat dilakukan di bagian utara, timur, dan barat Pulau Memperak. Itulah spot snorkel paling menarik untuk menikmati keindahan terumbu karang dan aneka makhluk hidup bawah air Pulau Memperak. Dan tak lupa, gunakan alas kaki tatkala snorkel karena terdapat bulu babi yang tajam.

# Pantai Tikus
Sebuah pantai di Pulau Bangka tergolong alami, cukup terjaga dari gangguan tangan-tangan manusia. Panorama indah pantai ini terwujud melalui bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut yang kebiruan. Di puncak bukit, Anda akan menyaksikan adanya sebuah kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah. Kuil atau kelenteng ini berbentuk bulat, menjadi sebuah ciri khas yang ada di Pantai Tikus.

# Pantai Penyusuk
Salah satu mutiara indah dari berbagai tempat wisata Babel yang menawan. Pantai ini terletak di Bangka bagian utara, memiliki panorama pantai yang indah. Juga tumpukan batu granit seolah membentuk sebuah ceruk di pantai ini. Ditambah lagi pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai serta keberadaan empat buah pulau yang berjajar indah. Juga memiliki ombak laut yang tenang. Karenanya, berenang dan bermain air laut di pantai ini adalah kegiatan paling favorit.

# Pulau Lengkuas
Salah satu yang khas dari pulau di Belitung adalah keberadaan mercusuar berusia sangat tua dan masih akitf hingga kini, yakni mercusuar peninggalan Belanda dibangun tahun 1882. Pesona memikatnya tedapat pada hamparan laut biru nan jernih dengan bebatuan granit yang mempesona. Dengan luas wilayah yang kurang dari 1 hektare, tempat wisata di Belitung ini menyuguhkan panorama laut yang memikat. Cukup dengan menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas.

# Pantai Tanjung Kelayang
Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan di Belitung, Pantai Tanjung Kelayang salah satu destinasi wisata populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Secara berkala, ratusan perahu yacht dari berbagai negara akan singgah di pantai Belitung yang satu ini dalam event Sail Indonesia. Bebatuan granit yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona keindahan dari panorama pantai yang populer dikunjungi masyarakat Belitung sejak dulu. Di kawasan pantai inilah berbagai event akbar maritim internasional kerap terselenggara, salah satunya yang belum lama berselang adalah Sail Wakatobi – Belitong. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.