AIRLINES NASIONAL NEWS

KTT G-20 : Bandara Juanda Siapkan 17 “Parking Stand”

SIDOARJO, bisniswisata.co.id:-MENDUKUNG penyelenggaraan KTT G-20 di Bali, menejemen bandara Juanda, Sidoarjo, Jatim menyiapkan dukungan infrastruktur serta operasional bandara. Dengan penyediaan 17 parking stand untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan, penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam, serta dukungan teknis lainnya.

General Manager bandar udara internasional Juanda, Sisyani Jafar menjelaskan alokasi sembilan parking stand disiapkan untuk tiga pesawat berbadan lebar ( wide body ) dan enam  untuk pesawat berbadan sedang ( narrow body ). Didukung  delapan parking stand di apron militer Lanudal Juanda.

“Total parking stand sejumlah 17 parking stand, tiga untuk wide body dan 14 untuk narrow body,“ jelas Sisyani.

Kedatangan pesawat delegasi dijadualkan mulai 14 November mendatang. Selain pengalokasian parking stand, Sisyani menyampaikan kesiapan lain berupa personel dan fasilitas penunjang yang mencukupi dalam menjamin pelayanan dan keamanan ketika pesawat parkir dalam waktu yang cukup lama.

“Kami memiliki personil dan fasilitas Damkar dengan kategori delapan yang mampu melayani hingga kategori sembilan,  serta memiliki 919 personil yang siaga, diantaranya sebanyak 767 personil internal dan 152 personil eksternal (Satgaspam Lanudal Juanda). Semua akan kami maksimalkan demi kelancaran pelaksanaan event KTT G20,” tambah Sisyani.

Pada periode penyelenggaraan KTT G20, juga  terjadi beberapa penyesuaian operasional di bandara  Juanda, yakni penambahan 8 jam operasional dari jam operasional saat ini selama 16 jam (mulai pukul 05.00 WIB s/d 21.00 WIB). Menjadi 24 jam selama KTT G20 berlangsung pada periode tanggal 12 hingga 18 November 2022.

Bandara Internasional Ngurah Rai

Sementara di bandara internasional Igusti Ngurah Rai, Bali juga dilakukan penyesuaian operasional layanan bandara. Penyesuaian dilakukan guna menjamin aspek keamanan, keselamatan, dan kelancaran penerbangan Kepala Negara/VVIP, penerbangan Militer, penerbangan niaga berjadwal (scheduled flight) dalam dan luar negeri, penerbangan niaga tidak berjadwal (unscheduled flight/charter flight), serta penerbangan non-niaga (private flight) dalam dan luar negeri.

Menurut General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Handy Heryudhitiawan,  penyesuaian operasional bandara dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara no. 11 Tahun 2022.

Mulai  12 – 14 November 2022 dilakukan penyesuaian jam operasional bandara ditetapkan selama 24 Jam. Melakukan pembatasan operasional penerbangan (limited operation) untuk penerbangan reguler pada waktu tertentu. Prioritas pelayanan  diberikan untuk penerbangan penerbangan VVIP G20 (pesawat utama dan pesawat pendukung), penerbangan militer (pendukung G20),  penerbangan charter delegasi G20, private flight delegasi G20; dan penerbangan reguler dalam dan luar negeri dengan jumlah pergerakan tertentu/terbatas.*

Dwi Yani

Representatif Bali- Nusra Jln G Talang I, No 31B, Buana Indah Padangsambian, Denpasar, Bali Tlp. +628100426003/WA +628123948305 *Omnia tempus habent.*