Kedubes AS Peduli Promosikan Pariwisata Poso

0
126
Lembah Lore Poso Sulawesi Tengah dengan obyek wisata Patung-Patung Megalitik dan Kalamba, Rumah-rumah Tradisional dan pakaian adat

POSO, bisniswisata.co.id: Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta berkomitmen sekaligus peduli untuk membantu mempromosikan kepariwistaan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. AS juga mendorong pertukaran pemuda untuk menjadi duta negara masing-masing

“Kedubes AS akan membantu memfasilitasi pertukaran pemuda untuk menjadi duta-duta kedua negara/daerah baik di Poso maupun di Amerika Serikat,” kata seorang pejabat dari Kedubes AS di Jakarta, Emily Graham dalam pertemuan dengan Wakil Bupati Poso, Samsuri dalam keterangan resmi yang diterima Bisniswisata.co.id, di Jakarta, Sabtu (01/09/2018).

Emily Graham yang didampingi Executive Director Institut Of International Tourist Study George Washington University Seleni Matus mengatakan, konsep kerja sama ini akan dibahas lebih lanjut oleh kedua belah pihak. Menurut dia, konsep itu telah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia dan juga di negara lain untuk memajukan daerah.

Sementara Seleni Matus mengemukakan, untuk mempromosikan kepariwistaan itu, pihaknya akan menyosialisasikan sejumlah konsep di antaranya membentuk kelompok kerja pariwisata.

Wakil Bupati Poso Samsuri dalam pertemuan itu memperkenalkan potensi pariwisata yang tersebar di Kabupaten Poso seperti destinasi wisata budaya seribu megalitikum di Lembah Lore dan Danau Poso. “Harapan kita ada konsep promosi kepariwisataan Poso ke Amerika Serikat dari Kedubes AS khususnya terkait apa yang harus dilakukan oleh pemda,” tutur Samsuri.

Samsuri juga menekankan, Kabupaten Poso saat ini aman, dan tenteram seperti yang sudah banyak disaksikan dan dirasakan oleh para pendatang seperti selebritis, wisatawan, pengusaha bahkan sopir-sopir truk yang selalu melintas didaerah Poso. nKonsep yang ditawarkan Kedubes AS itu bertujuan untuk memajukan sektor kepariwisata Poso.

“Mereka menyarankan untuk membentuk kelompok kerja pariwisata yang akan memberikan konsep-konsep untuk menggerakkan semua lini pariwisata di Poso,” ujarnya sambil menambahkan dalam kelompok kerja pariwisata itu akan diberikan pelatihan khususnya pemuda untuk menggerakkan semua lini kepariwisataan supaya pemuda termotivasi dan memahami konsep pengembangan sektor kepariwisataan dengan baik.

Poso memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik, unik dan ikonik. Diantaranya:

#. Wisata Air Terjun

Poso memiliki dua obyek wisata air terjun yang terkenal. Air terjun Salewana air terjun Saluopa. Obyek wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang menarik. Bahkan aliran debit airnya sangat besar. Karakteristik air terjun ini berbatu besar. Sehingga tak heran hempasan dan aliran airnya begitu deras sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Keunikan Air terjun Saluopa terdiri 12 tingkat, air yang mengalir sangat jernih dan sejuk dimana setiap pengunjung dapat naik sampai ketingkat teratas karena tidak berlumut dibawah derasnya air. Sementara air terjun Sulewana berasal dari bahasa setempat “Sule” yang berarti “Jantung” dan “Wanna” berarti “Hutan”, sehigga keseluruhan Sulewana berarti Jantung Hutan.

#. Danau Poso

Danau Poso memang menawan hati siapapun yang memandang. Setiap tempat wisata memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi suatu keunggulan dari destinasi wisata tersebut. Danau Poso merupakan danau terdalam di Indonesia. Dengan kedalamannya itu Ia memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Danau Poso juga merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara an Danau Singkarak di Sumatera barat. Danau ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Ia berbunga pada bulan Juli hingga November, saat itu aroma cengkeh yang khas semerbak di sana. Di danau Poso hidup sejenis ikan sidat (sogili) yang terbesar di dunia. Kawasan ini juga menjadi tempat pelestarian tanaman anggrek terbesar di Indonesia terutama anggrek hitamnya.

#. Taman Anggrek Bancea

Luas taman ini 5.000 Ha, dapat ditemukan berbagai jenis anggrek alam khususnya anggrek hitam (black orchid) dan di dalam taman ini banyak ditumbuhi Pinus sehingga menambah keindahan panorama alamnya. Udara di taman ini juga sejuk karena merupakan kawasan dari Danau Poso. Untuk mencapai taman ini dapat menggunakan mobil dan motor danau, letaknya 40 Km sebelah selatan dari Kota Tentena. Fasilitas yang tersedia adalah Shelter (rest area).

#. Obyek Wisata Lembah Bada

Hutan Tropis dihuni Flora dan Fauna yang unik dan menrik. Banyak terdapat Patung-Patung Megalitik dan Kalamba, Rumah-rumah Tradisional dan pakaian adat. Lembah yang memiliki hamparan padang rumput yang luas serta panorama alam yang indah. Pada sekitar lembah terdapat banyak Patung Megalith, peninggalan benda purbakala. Patung Megalith merupakan patung langka di dunia karena hanya terdapat di Napu, Besoa, Bada dan di Amerika Latin (marquies Island). Patung ini memuat misteri tentang kejayaan Suku Napu, Besoa dan Bada pada zaman dahulu kala, sehingga menarik minat para ilmuwan dan wisatawan untuk datang berkunjung sekaligus melakukan penelitian.

#. Taman Nasional Lore Lindu

Terletak di Kabupaten Poso dan Kabupaten Donggala, obyek wisata alam ini wisatawan dapat menelusuri hutan belukar, melihat berbagai Burung, binatang dengan luas 131.000 Ha. Bentuk topografi bervariasi mulai dari datar, landai, agak curam, curam, hingga sangat curam. Taman Nasional ini umumnya berasal dari batuan asam seperti Gneisses, Schists dan granit, punya sifat peka terhadap erosi. Formasi lakustrin banyak ditemukan di bagian Timur Taman Nasional, umunya dataran danau yang datar atau berawan. Bahan endapan dari campuran batuan sediment, metamorfosa dan granit.Bagian barat ditemukan formasi alivium yang umumnya berbentuk kipas aluvial/koluvial atau dataran hasil deposisi sungai seperti teras atau rawa belakang. Sumber bahan aluvial ini berasal dari batuan metaforfosa dan granit.

#. Wisata Goa

Ada dua Goa di Poso yang menarik dikunjungi. Goa Tangkaboba dan Goa Pamona. Goa Tangkabosa digunakan sebagai tempat menyimpan Jenazah raja / bangsawan suku Pamona dan keluarganya. Pada mulut goa sampai sekarang dapat ditemui Kerenda / Peti mati sebagai bukti peninggalan sejarah. Goa Tangkaboba terletak di Kelurahan Sangele, 63 KM dari Kota Poso dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat. Sementara Goa Pamona juga Tempat menyimpan mayat bagi Suku Pamona yang sudah berumur ratusan tahun. Goa ini terletak tepet di pinggiran Danao Poso. yang menjadi keunikan dari Goa Pamona ini adalah, bahwa air danau tidak dapat masuk kedalam goa.

#. Lembah Napu

Terletak di lembah Napu dengan panorama perkebunan teh, kopi serta hamparan padang yang luas, indah dan dingin karena berada pada ketinggian 1.000 m diatas permukaan laut. Daerah diluar kawasan perkebunan sangat cocok digunakan sebagai tempat menunggang kuda karena terdapat bukit-bukit disekitarnya. Untuk menjangkau lokasi ini lebih dekat dari kota Palu yang jaraknya 100 km, dapat menggunakan kendaraan Jeep. Fasilitas yang tersedia adalah Penginapan / Home stay.

#. Obyek Wisata Lainnya

Pantai Karawasa di Madale, Wisata bahari di tanjung karawasa, hutan naggrov, Siuri, Makam Dr. Adrian di Lawanga, , Air Terjun Kilo, Air Terjun Tindoli, Air terjun Kolori, Kubur Raja Sayo, Rumah Raja di Lambogia, Tari Dero, dan Upacara Adat Poso dan Bali. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.