Uncategorized

Cara Meningkatkan Kinerja Bisnis Hotel dengan Menggabungkan Data Berwawasan ke Depan di Tumpukan Teknologi Anda

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Begitu banyak yang telah berubah dalam industri perhotelan sejak 2019. Selain tantangan yang dibawa oleh pandemi di mana kita telah melihat penutupan, redudansi, kekurangan staf dan penundaan pasokan, dan permintaan terpendam yang sedang berlangsung setelah dua tahun perjalanan yang sangat terbatas – ada juga kekhawatiran inflasi dan resesi yang menjulang. .

Dilansir dari Hotelnewsresource.com, perilaku konsumen juga berubah. Kompetisi tradisional telah bergeser, sedangkan metode peramalan konvensional berdasarkan analisis historis tidak lagi efektif. 

Permintaan menjadi lebih sulit diprediksi dengan tingkat kepastian apa pun, dan, dengan semakin banyak pelaku bisnis perhotelan yang mencoba menangkap sekelompok kecil pelancong yang didominasi wisatawan, persaingan semakin ketat dari sebelumnya.

Faktor dalam segmen yang berbeda, jenis kamar, manajemen saluran distribusi, kebijakan pembatalan, serta diskon dan strategi promosi, dan jelas bahwa lanskap operasi menjadi lebih rumit.

Sebagai manajer pendapatan, memakai ‘banyak topi’ dan melacak apa yang terjadi sehari-hari sudah cukup sulit – apalagi melihat ke depan lebih jauh daripada masa depan jangka pendek.

Memahami tren perilaku pelanggan Anda yang baru dan berkembang, serta lanskap kompetitif, sangat penting untuk merencanakan melalui masa-masa yang tidak pasti ini. 

Sekarang, dengan bantuan alat intelijen pasar seperti Market Insight, pelaku bisnis perhotelan dapat membuat keputusan peramalan strategis dengan mengklik tombol.Tapi apa sebenarnya data berwawasan ke depan dalam konteks industri perhotelan?

Peramalan permintaan hotel menggunakan data berwawasan ke depan.

Data pencarian berwawasan ke depan adalah informasi  yang dikumpulkan ketika konsumen masih dalam fase inspirasi atau ‘bermimpi’ dari perjalanan pelanggan. Data ini memperlihatkan perilaku pasar di masa depan serta pola dan tren pemesanan baru, yang dapat digunakan pelaku bisnis perhotelan untuk memperkirakan permintaan hotel.

Solusi intelijen permintaan prediktif dapat menggabungkan miliaran titik data yang dihadapi masa depan ini, termasuk volume pencarian penerbangan dan hotel, untuk mengungkapkan maksud pemesanan dan karena itu memberikan wawasan penting tentang permintaan perjalanan untuk tanggal mendatang.

Data berkualitas sangat penting untuk memahami apa yang terjadi di pasar. Semakin komprehensif datanya, semakin solid keputusan komersial strategis. Dan, ketika semua pekerjaan berat dilakukan dengan sekali klik, seperti halnya dengan Market Insight, para pelaku bisnis perhotelan memiliki lebih banyak waktu untuk menggali wawasan dan membuat keputusan pendapatan yang diperhitungkan dan proaktif, dengan cepat dan percaya diri.

Di masa lalu, pelaku bisnis perhotelan melihat pola permintaan historis, data OTB, dan kalender acara untuk gagasan tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan. Sementara data historis masih memiliki tempatnya, perilaku dan pola pemesanan pascapandemi telah menunjukkan bahwa hal itu tidak memiliki tingkat kepentingan yang sama dengan yang dipegang sebelumnya dalam hal peramalan.

Peramalan sekarang membutuhkan pandangan pasar yang jauh lebih luas untuk tim komersial hotel. Misalnya, data pra-pemesanan membantu seseorang untuk memahami perjalanan tamu sepenuhnya, memungkinkan penargetan wisatawan yang lebih efektif pada tahap awal perencanaan perjalanan mereka. 

Hal ini dapat membuat tim komersial hotel mengantisipasi dengan lebih baik perubahan permintaan awal dan memposisikan diri mereka untuk secara efektif mengubah pengunjung menjadi pemesan sebelum pesaing mereka.

Intelijen pasar prediktif sebagai alat peramalan permintaan hotel

Alat intelijen pasar prediktif seperti Market Insight membantu pelaku bisnis perhotelan untuk memahami siapa yang mungkin mencari penginapan di pasar mereka, siapa pesaing mereka yang sebenarnya, sambil memperluas peluang mereka untuk mengonversi pemesanan.

Market Insight mengumpulkan, menyusun, dan menampilkan data berwawasan ke depan secara langsung, secara real-time, sehingga pelaku bisnis perhotelan dapat:

Pantau permintaan pasar untuk 365 hari ke depan, temukan peluang di depan pesaing mereka dan jual dengan harga terbaik

Lihat di mana dan untuk hari apa orang mencari

Alamat tamu dengan penawaran yang ditargetkan sesuai dengan segmen mereka, pasar sumber, tanggal dan lama menginap yang diinginkan. Lihat tanggal berapa pemosisian mereka tidak aktif dan menyebabkan kehilangan pemesanan.

Memiliki data pasar real-time untuk bereaksi dengan tepat dan memanfaatkan setiap perubahan, sambil menghindari meninggalkan uang di atas meja ketika pasar tiba-tiba bergeser.

Berkolaborasi lebih baik dengan tim penjualan dan pemasaran dengan berbagi data yang relevan (misalnya sumber informasi pasar dan acara) untuk membuat promosi dan sasaran penjualan yang ditargetkan dan memastikan keseluruhan strategi komersial benar-benar selaras.

Wawasan permintaan yang dapat ditindaklanjuti ini memberikan informasi perkiraan penting bagi pelaku bisnis perhotelan untuk meningkatkan kinerja komersial mereka. 

Ketika digunakan dalam kombinasi dengan data dari Rate Insight, Revenue Insight, dan sistem manajemen Pendapatan (RMS), para pelaku bisnis perhotelan mendapatkan gambaran lengkap dan holistik tentang pasar, dan posisi mereka di dalamnya.Ini membuka kemungkinan baru untuk memperketat kebocoran laba, dan melihat peluang menghasilkan pendapatan.

Mengidentifikasi permintaan dengan Market Insight adalah salah satu bagian dari teka-teki. Setelah prakiraan menunjukkan permintaan di masa depan tinggi atau rendah, pelaku bisnis perhotelan perlu meningkatkan pendapatan mereka dengan memastikan mereka menetapkan harga yang tepat.

Memaksimalkan pendapatan di hotel Anda dengan tumpukan teknologi yang tiada duanya

Untuk memaksimalkan RevPar, tim pendapatan yang cerdas harus mengoperasikan keseimbangan yang baik antara mengisi kamar mereka, dan memastikan mereka dijual dengan harga yang tepat kepada tamu yang tepat, pada waktu yang tepat.

Pembelanja hotel menilai atau alat intelijen menilai, langsung mengumpulkan dan secara otomatis menyusun tarif pesaing saat ini, masa lalu dan masa depan di semua saluran distribusi secara real time, menghemat waktu pelaku bisnis perhotelan untuk membuat keputusan yang terinformasi dengan baik, didukung data yang memastikan mereka tidak pergi uang di atas meja.

Rate Insight menyediakan kecerdasan tarif real-time yang mengungkapkan strategi harga lengkap pesaing Anda, bersama dengan wawasan terperinci tentang strategi promosi dan diskon jangka panjang mereka, sehingga Anda dapat membandingkan strategi Anda sendiri.

Dengan juga menunjukkan tarif di semua OTA utama dan saluran metasearch, Rate Insight memungkinkan tim pendapatan dan distribusi mengidentifikasi masalah paritas dan melihat di mana mereka kehilangan pendapatan.

Dengan memantau data harga pasar, Anda dapat melihat bagaimana properti seperti milik Anda merespons perubahan permintaan.

Ketika digunakan dalam kombinasi dengan data pencarian berwawasan ke depan dari Market Insight, pelaku bisnis perhotelan dapat melihat peluang pendapatan dan memposisikan diri mereka dengan benar dengan strategi harga dan promosi yang efektif yang menangkap permintaan – di depan pasar Anda.

Intelijen bisnis hotel

Seiring perubahan kondisi pasar, penting untuk memiliki strategi yang efektif, sambil tetap beradaptasi kapan dan di mana diperlukan. Untuk menilai efektivitas strategi Anda, Anda harus dapat melihat bagaimana kinerja bisnis Anda.

Untuk memulai, Anda perlu mengidentifikasi taktik mana yang berhasil – baik itu strategi penetapan harga dan distribusi atau promosi pemasaran – sehingga Anda dapat menggandakannya. 

Dan, Anda juga ingin melihat apa yang tidak berfungsi, sehingga Anda dapat menyesuaikan atau berhenti sama sekali. Alat intelijen bisnis, seperti Revenue Insight, membantu memantau KPI penting tersebut dan kinerja pendapatan properti.

Dengan mengambil data dari PMS hotel, Revenue Insight memberikan wawasan tentang peluang menghasilkan pendapatan yang memungkinkan penawaran dan wawasan yang lebih dipersonalisasi untuk upselling dan promosi. 

Artinya, pelaku bisnis perhotelan dapat lebih fleksibel terhadap perubahan pasar, dan bertindak dengan cepat dan percaya diri saat mereka menerapkan strategi yang ditargetkan di berbagai indikator yang dapat mencakup kode tarif, saluran distribusi, dan jenis kamar – dengan tujuan akhir mendorong pendapatan lebih lanjut.

Dapatkan gambaran lengkap dengan sistem manajemen Pendapatan yang tangguh

Mengintegrasikan alat intelijen pasar dan tingkat dengan RMS, seperti Atomize, berarti bahwa data dari Market Insight, misalnya, mengalir langsung ke RMS. Ini memberi sistem akses ke kumpulan informasi terkini dan andal yang lebih luas, menawarkan saran tarif yang lebih baik dan pembaruan tarif otomatis kepada para pelaku bisnis perhotelan.

Selain itu, dengan menggabungkan perkiraan hunian hotel RMS Anda dengan perkiraan permintaan pasar di Market Insight, Anda dapat menemukan hari-hari dengan permintaan yang lebih rendah dan lebih tinggi jauh lebih awal daripada pesaing, dan mengembangkan strategi komersial yang baik untuk menangkap permintaan dan mendorong kinerja bisnis.

Ringkasan

Peramalan permintaan harus menjadi langkah pertama dalam strategi komersial Anda di hotel Anda. Ini semua dimulai dengan solusi intelijen pasar prediktif. 

Dengan mengantisipasi tingkat permintaan di masa mendatang dengan lebih baik, Anda dapat melihat dan memanfaatkan peluang pendapatan jangka pendek, menengah, dan panjang, dan menangkap audiens target Anda di depan pesaing Anda.

Tapi, langkah pertama tidak berarti menyelesaikan sebuah perjalanan. Untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan data permintaan tersegmentasi spesifik lokasi Market Insight, mengintegrasikannya dengan pembelanja tarif, alat intelijen bisnis, dan RMS.

Sambil menghemat waktu Anda yang berharga, ini juga memastikan pendekatan holistik untuk manajemen pendapatan, sehingga Anda dapat membuat keputusan harga, distribusi, dan pemasaran yang tepat, dikombinasikan dengan strategi jangka panjang yang berlaku.

Di pasar yang telah berkembang pesat sejak awal pandemi, tim pendapatan yang memanfaatkan rangkaian solusi intelijen komersial terintegrasi dapat mendekati semua aspek strategi komersial mereka dengan fokus yang sangat tajam, dan memiliki keyakinan penuh dalam pengambilan keputusan mereka.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)