Batik Music Festival 2019, Konser Apresiasi Warisan Nenek Moyang

0
94
Konser musik di pelataran candi Prambanan (Foto: Instagram @jessimates))

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Menyemarakkan Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober, Rajawali Indonesia menggandeng PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, menggelar konser bertaraf internasional. Konser bertajuk Batik Music Festival 2019. Batik Music Festival 2019 digelar di komplek Candi Prambanan, Sabtu (05/09/2019).

Deretan musisi dunia dan Indonesia pun siap ditampilkan. Artis dunia yang siap tampil adalah David Foster, Kenny “Babyface” Edmonds, Katharine McPhee, Pia Toscano, Yuna dan Nick Zavior. Nantinya, mereka akan berkolaborasi bersama dalam satu panggung. Musisi Indonesia sudah ada dalam daftar penampil Batik Music Festival 2019. Mereka adalah Yovie Widianto, Kahitna, BCL, Raisa, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo dan Arsy Widianto.

CEO Rajawali Indonesia juga founder Batik Music Festival, Anas Syahrul Alimi memaparkan konser ini merupakan pesta akbar yang perlu dirayakan bersama, sebab salah satu warisan budaya nenek moyang Nusantara tersebut masih bisa terjaga dan dilestarikan hingga saat ini, sampai-sampai mendapat pengakuan dan apresiasi yang sangat tinggi dari kalangan masyarakat dari negara lain.

Masyarakat bisa menyaksikan bagaimana megahnya dari sebuah proses kolaborasi dari tiga mahakarya, yaitu batik, Candi Prambanan dan musik yang disuguhkan dalam satu waktu. Hal ini baginya akan menjadi sebuah momen yang tak terlupakan serta menjadi cerita tersendiri yang secara turun temurun dikisahkan kepada generasi selanjutnya. Maka tak heran sejak pertama kali festival ini diumumkan kepada masyarakat, BMF mendapatkan apresiasi yang sangat besar.

“Festival ini, sebuah bentuk apresiasi nyata warisan nenek moyang masih terjaga sampai sekarang, yaitu batik. Batik sangat tersohor ke banyak negeri di dunia, namun dengan cara kolaborasi dari tiga mahakarya ini (Batik, Candi Prambanan & Musik) menjadi cara yang sangat tepat untuk mempromosikan batik secara lebih luas lagi melalui sebuah gelaran musik. Dan Alhamdulillah Batik Music Festival sudah siap kami selenggarakan besok,” lontarnya.

Gelaran Batik Music Festival dibagi menjadi dua area panggung: panggung Festival Show menampilkan artis-artis nasional, sementara untuk internasional artis sendiri akan ditampilkan di panggung Special Show.

Menariknya lagi, seluruh pihak yang terlibat dalam festival ini wajib menggunakan batik. Mulai artis, panitia dan penonton wajib menggunakan batik, karena ini adalah momen sangat besar untuk merayakan batik. Dan untuk artis-artisnya sendiri, baik yang internasional maupun nasional, mereka akan mengenakan batik yang dibuat oleh para pengrajin batik dari Yogyakarta, lanjutnya.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Edy Setijono selaku Co Promotor Batik Music Festival menjelaskan, musik adalah suatu cara yang paling cair untuk lebih memperkenalkan warisan budaya yang dimiliki bangsa ini kepada cakupan masyarakat yang lebih luas. Edy berpendapat, secara tidak disadari, musik telah menggiring masyarakat untuk belajar dan memahami lebih dalam tentang adanya batik dan situs bersejarah yang harus mereka banggakan. Masyarakat tidak hanya terhibur, namun juga mendapat nilai edukasi yang tinggi.

“Mungkin ini akan menjadi momen pertama di mana Candi Prambanan akan diserbu oleh ribuan orang yang menggunakan batik. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang sangat membanggakan, karena masyarakat masih sangat peduli akan warisan budaya yang diwariskan oleh nenek moyangnya. Semoga festival ini akan menjadi suara yang indah dan terdengar oleh masyarakat dunia, sehingga mereka pun bisa lebih tertarik lagi untuk mengenal bangsa ini,” jelas Edy.

Selain itu kata Edy, gelaran Batik Music Festival adalah bentuk nyata dari Sinergi BUMN untuk mendukung segala hal positif yang dilakukan oleh masyarakat. Tak heran jika kali ini Jasa Raharja Putera, Bank BRI, Bank BTN, Garuda Indonesia, Semen Indonesia, Jasa Marga, Pupuk Indonesia dan Pelindo III menjadi bagian yang mendukung penuh untuk penyelenggaraan festival musik yang direncanakan akan menjadi gelaran tahunan ini.

Direktur Utama PT Melon Indonesia by Telkom Indonesia, Dedi Suherman menambahkan, tiketapasaja.com kali ini didaulat menjadi official ticket partner untuk gelaran Batik Music Festival. Sampai saat ini pihaknya telah berhasil menjual ribuan tiket secara online kepada masyarakat yang ingin menjadi bagian dalam festival tersebut.

“Banyak sekali masyarakat yang sudah membeli tiket untuk penyelenggaraan Batik Music Festival besok. Namun jangan khawatir untuk para calon penonton yang belum memesan tiket secara online, karena kami masih melakukan penjualan tiket on the spot saat hari H mulai pukul 10.00 WIB. Kami berharap festival ini akan menjadi sebuah momen perayaan yang sangat berharga dan menimbulkan efek candu bagi masyarakat untuk menjadi bagian di dalamnya dalam setiap tahunnya,” pungkas Dedi. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.