Batam Tawarkan Paket Wisata Gerhana Matahari Cincin, Mau?

0
99
Barelang Bridge Batam (Foto: .finroll.com)

BATAM, bisniswisata.co.id: Pelaku usaha pariwisata bersama Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menawarkan paket wisata gerhana matahari cincin kepada wisatawan dalam dan luar negeri. Paket wisata yang dijual, termasuk akomodasi dan amenitas di Pulau Galang, yang disebut sebagai lokasi terbaik menyaksikan gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019.

“Kami sudah informasikan ke pelaku usaha sejak tahun lalu, dan mereka sudah membuat paket wisata dan dijual ke wisman,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Ahad (17/11).

Menurut Ardi, sebenarnya gerhana matahari cincin bisa disaksikan di beberapa tempat, namun yang paling bagus di Pulau Galang, sekitar Jembatan V. Karena itu, paket wisata yang ditawarkan kepada wisman, antara lain menyaksikan di lokasi terbaik, di sekitar Pulau Galang. “Karena mungkin di Singapura bisa juga disaksikan, tapi cincin paling bagus di Galang,” kata dia

Selain di Pulau Galang, kegiatan serupa juga dilaksanakan di sekitar kawasan wisata Dendang Melayu, Jembatan I dan Dataran Engku Putri. “Pemerintah, bersama Batan juga melaksanakan lokakarya, demi memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai apa itu gerhana matahari cincin. Ini merupakan peristiwa yang terjadi 365 tahun sekali,” kata Ardi seperti dilansir Antara.

Lokakarya sengaja dibuat untuk pelajar, namun jika pelancong ada yang tertarik maka dimungkinkan untuk turut serta. “Kami belum dapat memastikan paket wisata gerhana matahari cincin yang sudah terjual di luar negeri, namun ia optimistis kejadian langka itu mampu menyerap banyak kunjungan wisman,” sambungnya.

Memang sebagian masyarakat Indonesia mengenal Batam hanya sebagai kota tempat transit ketika ingin mengunjungi Singapura. Tak kalah dengan negara tetangga, Batam juga menyimpan pesona yang menakjubkan. Secara geografis, posisi Batam sangatlah strategis diakses dari Singapura dan Malaysia. Pulau itu hanya dibatasi Selat Melaka yang merupakan jalur laut nomor dua tersibuk di dunia.

Batam memiliki sekitar 40 lebih tempat wisata, namun ada beberapa destinasi wisata di Batam yang ngetren, antara lain:

Wisata Pantai

Batam yang lokasinya memang di Selat Malaka memiliki pantai yang indah dan menarik. Ada lima pantai yang sangat terkenal dan kerap dikunjungi wisatawan antara lain Pantai Nongsa, Pantai Via-via, Pantai Melur, Pantai Marina, Pantai Nuvasa Bay yany merupakan salah satu destinasi unggulan di Batam yang sudah ada sejak 2016 lalu. Pantai itu berada di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Dari pusat kota, turis bisa mengendarai mobil sekitar satu jam dengan kecepatan normal. Banyak destinasi wisata yang ditawarkan di Nuvasa Bay. Selain pemandangan pantai yang indah, pantai ini menawarkan beberapa wahana permainan. Sebut saja Aqua Adventure, Jet Ski, Banana Boat, Water Bubbles, Land Adventure, Paint Ball, Shooting Target, Flying Bike, dan Flying Fox.

Wisata Belanja

Berkunjung ke Batam belum lengkap rasanya kalau tak belanja tas dan parfum murah. Nagoya Hill Shopping Mall merupakan salah satu tempat belanja murah di Batam yang menjadi buruan para turis. Berbagai tas dengan brand ternama bisa didapat dengan harga miring. Selain Nagoya juga wisata belanja di Batam City Square yang merupakan sebuah tempat perbelanjaan modern paling terkenal, di tempat ini tersedia berbagai macam produk mulai produk khas Batam hingga produk lokal maupun luar negeri.

Wisata Golf

Palm Spring Golf, Lokasi seluas 274 hektar (ha) adalah salah satu lapangan golf berskala internasional yang terdapat di Batam. Tepatnya di Nongsa Batam. Selain lapangan, Palm Spring juga memiliki resort golf premier yang menawarkan pemandangan indah dengan latar pantai dan gedung pencakar langit Singapura. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan pribadi.

Barelang Bridge

Jembatan yang sekilas mirip dengan Golden Gate di San Fransisco ini adalah ikon dari kota Batam. Menghubungkan banyak pulau, seperti Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru, jembatan ini terlihat begitu menawan dengan latar belakang pemandangan laut yang berwarna biru dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Jembatan ini juga disebut Jembatan habibie karena diprakarsai oleh Presiden RI ke-3 B.J, sehingga menjadi ikon dan landmark Kota Batam dan dikenal karena nilai sejarah dari pulau yang dihubungkannya. Wisatawan biasanya mengabadikan keindahan jembatan dan pemandangan di sekitarnya dengan lewat foto. Jembatan Barelang pun menjadi salah satu tempat wisata dengan spot yang romantis untuk berfoto dengan pasangan. Pemandangan saat malam hari di jembatan ini juga terlihat menawan.

Kampung Vietnam,

Wisata Kampung Vietnam atau disebut Ex-Camp Vietnam. Tempat ini dahulu sempat menjadi pengungsian bagi 250.000 orang vietnam mencari perlindungan. Karena dianggap bersejarah, maka Ex-Camp Vietnam menjadi destinasi wisata sejarah di Pulau Galang ini masih menyisakan barak-barak pengungsian, rumah sakit, gereja, wihara, hingga kantor polisi yang sengaja masih dibiarkan begitu saja seperti aslinya. Saat terjadi perang di Vietnam banyak masyarakat Vietnam gunakan perahu sederhana. Pemerintah Indonesia mengijinkan mereka untuk mengungsi di tempat tersebut sementara waktu hingga perang yang terjadi di Vietnam reda, dan setelah ada perdamaian masyarakat mulai kembali ke negaranya dan membiarkan tempat tersebut kosong, hingga sekarang tempat tersebut menjadi tempat wisata tersendiri dan unik karena ada sebuah desa tak berpenghuni.

Kepri Coral

Kepri Coral merupakan destinasi wisata populer saat ini karena memiliki kolam renang dan akuarium bawah laut yang menakjubkan. Pemandangan bawah laut di Kepri Coral bisa Anda nikmati tanpa harus berenang. Cukup masuk ke dalam akuarium untuk bisa melihat ikan dan terumbu karang. Selain menikmati pemandangan bawah laut, Anda juga bisa bermain jetski, perahu kano, dan sepeda air, atau menikmati keindahan pantai.

Bukit Senyum

Tempat wisata Bukit Senyum di Batam tergolong menarik dan wajib dikunjungi. Bukit Senyum merupakan kawasan perbukitan dan menjadi tempat lalu lalang jalur kendaraan umum. Tempatnya yang tinggi membuat pemandangan kawasan yang ada di bawahnya terlihat secara menyeluruh. Dari Bukit Senyum, akan terlihat pula pemandangan megahnya gedung-gedung di Singapura. Saat malam hari pun, suasana lebih romantis dan para pengunjung dapat melihat pemandangan kota malam dari Bukit Senyum.

Wisata Pulau

Selain Batam, juga bisa menjalajah wisata Pulau antara lain Pulau Petong, Ranoh Island yang sangat menarik lantaran hamparan pasir pantainya yang bersih, jernihnya air laut dan terumbu karang dengan aneka bentuk unik serta bermacam ikan hias berwarna-warni. Selain Pulau Ranoh, ada juga gugusan pulau-pulau sekitar yang pemandangannya tak kalah menarik. Rugi rasanya jika Anda tidak menyambangi pulau ini. Juga Mubud Island, Pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni, sehingga nuansa asri dan tropis masih terasa begitu kental saat mengunjungi lokasi ini. Lantaran kosong, banyak hal yang bisa Anda lakukan di pulau ini. Bersantai, menikmati sunset dan bermain air, serta pasir putih merupakan cara terbaik menikmati alam di Pulau Mubut.

Bukit Senyum

Tempat wisata Bukit Senyum di Batam tergolong menarik dan wajib dikunjungi. Bukit Senyum merupakan kawasan perbukitan dan menjadi tempat lalu lalang jalur kendaraan umum. Tempatnya yang tinggi membuat pemandangan kawasan yang ada di bawahnya terlihat secara menyeluruh. Dari Bukit Senyum, akan terlihat pula pemandangan megahnya gedung-gedung di Singapura. Saat malam hari pun, suasana lebih romantis dan para pengunjung dapat melihat pemandangan kota malam dari Bukit Senyum. (ndy/Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.