HOSPITALITY HOTEL INTERNATIONAL

WTTC Perkenalkan Kriteria Sustainable Hotel

LONDON, bisniswisata.co.id: Dewan Perjalanan & Pariwisata Dunia selama pertemuan puncaknya di Manila minggu lalu memperkenalkan Hotel Sustainability Basics, seperangkat praktik terbaik berorientasi lingkungan tingkat pemula untuk hotel yang dikembangkan bekerja sama dengan Sustainable Hospitality Alliance,  pakar industri, dan akademisi lingkungan. 

Program ini akan memberikan jalan bagi semua jenis hotel untuk beralih ke inisiatif yang lebih maju. Program tersebut terdiri dari 12 kriteria untuk tindakan berkelanjutan yang dibagi menjadi tiga kategori—efisiensi, planet, dan manusia.

Dilansir dari businesstravelnews.com, peserta program harus mencapai delapan kriteria wajib pada akhir tahun, termasuk mengurangi penggunaan air dan energi, mengurangi emisi karbon, mengurangi limbah, menerapkan program penggunaan kembali linen, menggunakan produk pembersih hijau dan menghilangkan sedotan plastik, pengaduk, dan bahan limbah sekali pakai lainnya. 

Kriteria yang lebih luas, seperti yang tercantum di situs web, termasuk memperkenalkan program yang bermanfaat bagi komunitas lokal properti dan mempromosikan kesetaraan. 

Hanya enam tindakan yang diidentifikasi secara khusus di situs web sebagai “wajib, dengan dua ditandai sebagai “prioritaskan.” 

Beberapa kriteria yang dicatat dalam program WTTC telah diidentifikasi selama bertahun-tahun di industri perhotelan secara luas sebagai langkah-langkah yang diperlukan menuju operasi yang berkelanjutan. 

Mereka juga selaras dengan program yang lebih besar seperti Pathway to Net Positive Hospitality dari Sustainable Hospitality Alliance dan Kriteria WTTC  untuk akomodasi.

Presiden dan CEO WTTC Julia Simpson dalam sebuah pernyataan pers mengatakan tujuan dari program baru ini adalah untuk menawarkan akses yang lebih baik ke informasi praktik terbaik di seluruh industri, sehingga “tidak ada hotel, betapapun kecilnya, yang tertinggal” saat industri mendorong menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

“Keberlanjutan tidak dapat dinegosiasikan tetapi tidak setiap hotel kecil memiliki akses ke sains tentang bagaimana membuat perbedaan. Ini memberi setiap orang akses ke standar global.” kata Julia Simpson.

Sementara WTTC telah menetapkan kriteria dan persyaratan minimum untuk program tersebut, WTTC masih mengerjakan proses verifikasi untuk peserta, yang rencananya akan diselesaikan pada kuartal keempat. 

Penyelarasan program dengan inisiatif yang lebih maju seperti Kriteria WTTC akan mempersiapkan peserta untuk membangun dasar-dasar dan berpotensi mengejar sertifikasi keberlanjutan melalui pihak ketiga yang terakreditasi GTSC.

Manajer perjalanan perusahaan telah menyuarakan kebutuhan mereka akan standar yang lebih konsisten untuk mitra hotel yang berkelanjutan. 

Asosiasi Perjalanan Bisnis Global sedang mengerjakan serangkaian kriteria untuk permintaan hotel soal proses proposal, yang harus dikeluarkan organisasi tahun ini. 

Pelaku industri seperti HRS telah memperkenalkan program sertifikasi keberlanjutan mereka sendiri, tetapi informasinya terbatas pada kelompok klien mereka.

Evan Maulana