Tips Liburan Singkat ke Luar Negeri

0
120
wisata Musim Dingin di Bulgaria (Foto: Repro Google)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Liburan, ketika mendengar kata ini saja mungkin kamu sudah langsung merasa girang dan mengambil kalender untuk memastikan waktu cuti kamu. Lihat tanggal merah sedikit menjelang akhir pekan, pasti kamu langsung memesan tiket pesawat ke luar kota bahkan hingga luar negeri.

Bagi kamu yang sedang merencanakan perjalanan singkat ke luar negeri, artikel ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tips agar perjalanan singkat kamu menjadi lebih menyenangkan. Berikut tujuh hal yang perlu kamu perhatikan saat berencana liburan ke luar negeri:

#. Atur Waktu Liburan

Liburan yang singkat tentu membuat kamu harus berpikir ekstra sehingga liburan kamu tidak memakan waktu hingga lebih dari seminggu. Usahakan liburan yang kamu atur tersebut memiliki maksimal 3-4 hari saja. Buka kalender kamu, lalu cari tanggal di mana terdapat long weekend di bulan tersebut. Kalau kamu menginginkan jeda waktu sebelum bekerja, maka kembalilah pada minggu pagi sehingga kamu dapat mengumpulkan mental serta energi untuk bekerja.

#. Pastikan Destinasinya

Mempertimbangkan jumlah hari yang terbilang amat singkat, kamu pasti akan dihadapkan dengan tujuan destinasi yang tepat bagi kamu. Jarak menjadi pertimbangan utama ketika kamu sudah melihat kalender yang tidak memungkinkan kamu untuk berplesiran jauh-jauh. Carilah destinasi dengan penerbangan yang hanya menempuh perjalanan maksimal dua jam saja. Misal kamu dapat berplesiran ke Singapura atau Malaysia. Atau jika kamu ingin berplesiran ke luar negeri, kamu bisa memilih Singapura dan Malaysia yang dapat menjadi destinasi tepat bagi kamu.

#. Memilih Aktivitas

Setelah memilih destinasi yang tepat, selanjutnya kamu akan dihadapkan oleh pilihan aktivitas. Hanya tersedia dua pilihan, yaitu aktivitas padat atau santai. Yang jelas, padat ataupun santai akan dapat tetap kamu nikmati karena destinasi yang kamu pilih telah sesuai dengan kondisi dan mood kamu saat itu. Untuk lebih mudahnya lagi, kamu dapat membuat rincian atau itenerary sehingga perjalanan kamu dapat tersusun dengan baik.

#. Memilih Akomodasi

Saat liburan singkat seperti ini, buang gengsi kamu jauh-jauh soal menginap di penginapan mewah dan bintang lima. Di saat kondisi seperti ini yang harus kamu pikirkan hanyalah mendapatkan tempat untuk bermalam yang layak dan nyaman. Setelah itu tentukan juga apakah penginapan yang telah kamu pilih tersebut terletak di lokasi yang strategis. Semakin strategis wilayahnya, pengeluaran kamu juga akan semakin sedikit karena akses dan kebutuhan yang kamu perlukan sudah tersedia di kawasan tempat kamu menginap.

#. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Agar perjalanan kamu semakin nyaman dan kamu dapat bergerak bebas tanpa beban, bawalah barang seperlunya saja. Membawa banyak barang sama saja kamu menyiksa waktu bervakansi kamu karena bebannya yang sangat menganggu. Untuk itu, pastikan saja travel stuff yang seharusnya ada pada saat kamu plesiran terbawa dalam tas kamu. Selain itu, bawa barang primer lainnya seperti charger, paspor (bila diperlukan), atau mungkin kamera saku kamu. Selain menjadi praktis, kamu juga tidak perlu menunggu cabin bag setelah turun dari pesawat.

#. Jangan Menghamburkan Uang

Karena liburan kamu ini sangat terbatas, banyak sekali pertimbangan yang harus kamu pikirkan saat menjalani vakansi ini. kamu harus memutuskan untuk melakukan aktivitas yang pasti-pasti saja sehingga waktu kamu tidak terbuang banyak. Lupakan dulu untuk hal-hal menghibur yang bersifat tersier atau diluar rencana kamu karena hanya akan membuat pengeluaran kamu semakin membengkak. Oleh karena itu, fokuslah pada tiga hal penting bila sedang pergi berlibur yaitu santai, kuliner, dan belanja. Tiga hal tersebutlah yang seharusnya menjadi “tonggak” utama dalam perjalanan singkat kamu.

#. Beli Paket Data Roaming

Pergi ke luar negeri itu berarti kamu perlu menyiapkan paket data yang akan menemani kamu selama liburan di sana. Oleh karena itu Traveloka App menyediakan paket roaming untuk berbagai operator. Cara daftar roaming XL di Traveloka App pun sangat mudah dan menyenangkan sehingga membuat perjalanan kamu ke luar negeri semakin nyaman. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here