Thailand Bebaskan Karantina Bagi Wisman yang Sudah Vaksinasi ke Phuket

0
41

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Pemerintah Thailand menyetujui gagasan yang akan membuat pelancong internasional melewati persyaratan karantina saat tiba di Phuket, selama mereka divaksinasi. 

Mulai 1 Juli 2021, pelancong internasional yang divaksinasi akan diizinkan mengunjungi tujuan liburan tanpa persyaratan karantina.

“Ada orang yang sudah divaksinasi lengkap dan siap untuk bepergian. Tapi mereka hanya akan memilih tujuan yang telah memvaksinasi penduduknya dan tidak memerlukan karantina.” kata Yuthasak Supasorn, Gubernur Tourism Authority of Thailand ( TAT).

Langkah ini akan mensyaratkan setidaknya 70% penduduk Phuket divaksinasi agar rencana pembukaan kembali dapat dilanjutkan.

Pemerintah berencana pada awalnya untuk menguji prosedur di Phuket sebelum berpotensi meluncurkannya ke seluruh negeri, termasuk hotspot liburan lainnya seperti Koh Samui.

Seluruh Thailand diharapkan menyambut wisatawan yang divaksinasi penuh pada bulan Oktober.Tindakan itu akan datang tidak terlalu cepat untuk operator pariwisata lokal.

Pariwisata adalah salah satu pendorong produk domestik bruto (PDB) terbesar negara, dan tindakan pencegahan terhadap COVID-19 mengakibatkan pukulan besar bagi industri.

Mengabaikan persyaratan karantina wajib akan menyelamatkan sekitar 400.000 pekerjaan pekerja hotel, serta 400.000 tambahan di cabang pariwisata lain di seluruh negeri. Pada bulan Januari, grup hotel lokal mengajukan petisi kepada pemerintah Thailand untuk mengesampingkan persyaratan karantina wajib bagi para pelancong yang telah divaksinasi terhadap virus Corona baru.

Thailand adalah salah satu tujuan internasional paling populer di dunia, dengan rekor 40 juta pengunjung pada tahun 2019. Sayangnya, pandemi COVID-19 menyebabkan jumlah tersebut anjlok menjadi hanya 6,8 juta kedatangan internasional pada tahun 2020.

Lebih buruk lagi, prediksi terkini untuk Thailand pariwisata hanya memperkirakan 10 juta pengunjung internasional pada tahun 2021, yang selanjutnya mempengaruhi situasi ekonomi negara.

Menurut Supasorn, pulau Phuket mengharapkan sekitar 100.000 pengunjung pada kuartal ketiga tahun ini. Tetapi langkah-langkah ketat Thailand telah membuahkan hasil dalam hal tingkat kelangsungan hidup

Meskipun pandemi berkecamuk di seluruh dunia, Thailand telah berhasil membatasi total kasus hingga di bawah 28.600 kasus dan 92 kematian sejak wabah awal, bukan prestasi kecil bagi negara dengan 70 juta penduduk tidak termasuk pengunjung.  Metrik nasional mencerminkan banyak dari keberhasilan Asia sebagai benua dalam mengalahkan virus Corona.

TAT  juga telah melakukan yang terbaik untuk menyusun persyaratan karantina secara positif. Spanduk terkemuka di situs resmi menyatakan, “Thailand yang Menakjubkan, Karantina yang Bahagia” dan mendorong pengunjung untuk “mengubah karantina yang membosankan menjadi waktu yang menyenangkan dan santai”.

Meski demikian, tidak ada wisatawan yang berfantasi mengunjungi Thailand untuk membuat karya seni dan kerajinan di kamar hotel selama dua minggu, terutama bagi wisatawan yang datang dari belahan dunia lain dan harus mengambil liburan minimal 4 minggu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.