Tamu Asian Games Dimanjakan Ragam Seni Budaya

0
274
Tari Topeng Betawi (Foto: ANTARA FOTO/Teresia May/Koz/Spt/14.

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Memanjakan tamu Asian Games 2018 seperti para atlet, delegasi, wartawan dan ofisial yang ada di Ibukota Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar wisata seni budaya Indonesia, pada 25-26 Agustus. Untuk acara 25 Agustus menonton Wayang Orang Bharata di Kota Tua Jakarta. Pada 26 Agustus wisata budaya Betawi ke Setu Babakan di Jakarta Selatan.

“Wisata ini memang spesial untuk memperkenalkan budaya Indonesia, para tamu dapat mendaftar untuk mengikuti perjalanan ini, tanpa dipungut beaya,” kata salah satu pemandu wisata Abang None Jakarta, Ganjar Nugraha

Wisata seni budaya itu dibuka menjadi dua perjalanan dalam satu hari, pertunjukan wayang orang diadakan dua kali yang pertama pukul 10.00 – 13.00 WIB, yang kedua pukul 14.00 – 19.00 WIB. Dan untuk pertunjukan budaya Betawi di Setu Babakan, dimulai pada 08.00 WIB hingga 13.00 WIB, perjalanan kedua dimulai pada 14.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Para tamu akan dijemput dari wisma atlet kemudian diantar ke tempat masing-masing, setelah selesai mereka akan diantarkan kembali ke wisma atlet. “Tujuannya juga nggak terlalu jenuh bertanding. Jadi perlu refreshing dengan menyaksikan hiburan yang positif,” ucapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disparbud DKI Asiantoro mengatakan pemberian paket wisata tersebut merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pihaknya untuk memperkenalkan seni dan budaya Betawi kepada tamu-tamu Asian Games.

“Selain itu, paket wisata itu juga diberikan untuk memberikan kesan yang baik dari tuan rumah kepada seluruh delegasi Asian Games, termasuk atlet dan ofisial,” ujar Asiantoro.

Untuk memeriahkan kedatangan para delegasi itu, Dinas Parwisata dan Budaya akan menampilkan tarian massal khas Betawi di Setu Babakan yang terdiri dari 1.000 penari. Selain pertunjukan tarian massal, dia mengungkapkan pihaknya juga akan menampilkan beberapa pertunjukan kesenian khas Betawi lainnya, yakni pencak silat dan Palang Pintu.

Pada hari biasa, mereka juga menyiapkan wisata lainnya untuk para tamu, seperti wisata sejarah yaitu dari wisma atlet ke Monumen Nasional kemudian ke Kota Tua, dan wisata belanja yaitu dari wisma atlet ke Semesco, atau dari wisma atlet ke Grand Indonesia. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here