Presiden Jokowi: Tol Suramadu Gratis agar Pariwisata Madura Maju

0
359
Atraksi wisata budaya Karapan sapi sepi wisatawan asing (Foto: .brilio.net)

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Tol Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) digratiskan bagi kendaraan yang melintas. Peresmian itu dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (27/10) pukul 17.00 WIB. Pembebasan tarif ini tol ini diharapkan mampu mendorong perekonomian di pulau garam yang lebih baik lagi. Meningkatkan kunjungan wisata dan investasi semakin bergairah.

“Jadi langkah ini untuk meningkatkan pariwisata. Juga properti dan investasi bisa betul-betul bergerak di Madura, sehingga terbuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya,” ungkap Presiden Jokowi kepada wartawan usai meresmikan pembebasan biaya Jalan Tol Suramadu, dari jalur keluar kota Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Sabtu petang.

Kepala negara mengaku ingin mendorong agar investasi yang berkaitan dengan lapangan pekerjaan, baik untuk tebu, baik untuk sektor turisme yang potensi ada dan banyak di Madura. Terhadap keluhan pengusaha kapal terkait penggratisan itu, Presiden Jokowi mengatakan, setiap keputusan mesti ada plus minusnya. “Saya kira nanti urusan Pak Gubernur, Pak Bupati lah,” ujarnya

Ditegaskan negara itu berhitung berkaitan dengan keadilan sosial. Yang berkaitan dengan rasa keadilan, kesejahteraan. Itu yang dihitung. “Negara tidak akan berhitung untung dan rugi, hitungannya makro. Keuntungannya, benefitnya, ada di masyarakat,” paparnya sambil menambahkan soal biaya pemeliharaan Tol Suramadu setelah digratiskan, Presiden Jokowi menyebut APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Menurut Presiden semula dirinya sempat berpikir biaya yang selama ini ditarik dari kendaraan yang melintasi Jalan Tol Suramadu memberikan pemasukan hingga triliunan rupiah. Tapi setelah ditanyakan ke Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) ternyata kira-kira Rp120 miliar. “APBN masih mampu lah kalau segitu,” tegasnya.

Kepala negara mengaku, keputusan membebaskan tarif tol Suramadu setelah mendapatkan banyak usulan dan desakan dari tokoh agama, ulama, dan kiai. Setelah tarif dibebaskan, nantinya biaya pemeliharaan akan ditanggung sepenuhnya di APBN.

Apalagi, lanjut mantan Walikota Solo, juga menilai, selama ini pemanfaatan jalan tol Suramadu ini tidak berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Madura. Padahal pemerintah telah memotong 50 persen tarif mobil dua tahun lalu dan membebaskan biaya kendaraan roda dua.

“Kami berharap dengan menjadi jembatan non-tol biasa, pertumbuhan ekonomi Madura semakin banyak. Baik itu investasi, properti, turisme. Dengan mengucap bismilllahirrahmanirrahim, hari ini saya memutuskan Jalan Tol Suramadu jadi Jembatan non-tol biasa,” katanya.

Tercatat ada 40 lebih objek wisata yang tersebar di pulau Madura. Berbagai destinasi wisata Pulau Madura terkenal dengan traksi wisata Karapan Sapi, wisata pantai, alam, wisata goa, air terjun, hingga wisata bahari. Beberapa destinasi wisata yang ngehits antara lain:

#. Jembatan Suramadu
Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) melintasi selat Madura menghubungkan Pulau jawa dan Pulau Madura. Jembatan ini terpanjang di Indonesia saat ini, sepanjang 5.438 meter. Panjangnya jembatan ini mematahkan rekor jembatan sebelumnya di Indonesia yaitu jembatan Posopati di Bandung.

Dibangun sejak pemerintahan presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003. Proses pembuatanya tergolong memakan waktu lama, selama enam tahun. Peresmianya oleh presiden Susilo bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Tujuan utama dibangunya jembatan ini untuk mempercepat pembangunan pulau Madura, meliputi infrastruktur dan perekonomian karena bisa dibilang Madura tertinggal jika dibandingkan wilayah lain yang ada di Jawa Timur. Kini sudah digratiskan oleh Presiden Jokowi.

#. Karapan Sapi
Wisata Budaya Karapan Sapi merupakan wisata andalan Madura. Karapan sapi merupakan acara perlombaan mengandalkan kecepatan sapi dalam berlari. Awalnya, karapan sapi merupakan kegiatan para petani membajak sawah gunakan sapi yang dirakit menggunakan bambu ditengahnya, bambu itulah yang ditempati pengendalinya (joki). Namun, kelamaan hal tersebut disukai oleh warga sekitar Madura bahkan luar Madura. Hingga akhirnya acara ini selalu di gelar setiap tahun mulai dari tingkatan terkecil seperti tingkat kecamatan di Madura.

#. Wisata Pantai
Pulau Madura banyak sekali memiliki spot wisata. Ada pantai Siring Kemuning, Pantai Rongkang, Pantai Sambilan, Pantai Camplong, yang semuanya di wilayah Bangkalan. Sementara Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa (Sampang). Juga ada Pantai Lombang, Pantai Slopeng di wilayah Sumenep.

#. Wisata Air terjun
Pulau Madura juga memiliki air terjun yang unik. Tercatat ada dua air terjun yakni Air terjun Kokop di Bangkalan serta Air terjun Toroan di Sampang. Lokasi air terjun ini berada di desa Ketapang Daya, kecamatan Ketapang yang menawarkan keindahan yang jarang dimiliki oleh air terjun lainya. Bagaimana tidak, air terjun ini jatuhnya langsung ke lautan dan merupakan air terjun di Indonesia.

#. Kepulauan Kangean
Wisata kepulauan kangean juga merupakan salah satu wisata yang ada di Sumenep. Untuk sampai ke pulau Kangean anda harus menyebrang dari pelabuhan menggunakan kapal. Kepulauan ini terbentuk karena gususan Pulau yang terdapat di Madura. Selain pulau Kangean tersebut, anda juga bisa menikmati puluhan pulau lainya yang ada di Kangean. Misalnya, pulau saebus dan sapeken dan masih banyak lagi keindahan pulau-pulau disini sehingga anda tidak boleh melewati kunjungan di berbagai pulau yang berada di madura.

#. Api Abadi
Disebut api Abadi karena apinya yang memang tidak pernah padam. Wisata ini bisa anda nikmati di kabupaten Pamekasan, tepatnya berada di desa Larangan Tokol, kecamatan Tlanakan. Jika dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 4 km. Anda bisa menyaksikan keajaiban alam ini dengan melihat api yang keluar dari dalam tanah yang berada di dalam air terjun. Sehingga tak heran banyak para wisatawan yang datang hanya untuk melihat dan membuktikan kebenarannya.

#. Wisata Gua Blaban

Gua Blaban adalah gua yang ditemukan oleh warga. Tempat ini di dusun Rojing, desa Blabar, kecamatan Batumarmar Pamekasan. Warga menyebutkan bahwa gua tersebut awalnya di temukan oleh Sati, salah seorang warga dusun Rojing. Awalnya Sati berencana membuat sumur di dekat rumahnya, namun secara tidak sengaja ketika sumur tergali sedalam kurang lebih 7 meter ia terkejut. Warga lain yang ikut membantu Satipun ikut terkejut dengan ditemukanya sebuah lubang di sumur galianya yang jika di intip memancarkan kilau cahaya.
Awalnya warga sempat ketakutan saat menemukan lubang tersebut sebelum akhirnya mengetahui bahwa di dalam sana terdapat sebuah gua. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.