PATA Gandeng ADB Perkuat Kebangkitan  Pariwisata Aspak

0
22

ADB bantu PATA termasuk Subregion Mekong Besar yang  memiliki destinasi yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam. (Photo: iStock.com)

BANGKOK, bisniswisata.co.id:  Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik (PATA) bekerja sama dengan Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk perluasan layanan dan tanggung jawab Crisis Resource Center (CRC) bagi kebangkitan industri pariwisata di kawasan Asia Pasifik.

 “Informasi tepat waktu, akurat, dan berguna adalah kebutuhan saat ini bagi anggota kami karena mereka mengelola pemulihan mereka dari COVID-19,” kata Trevor Weltman, Kepala Staf PATA. 

 Dukungan dana yang diperolah dari ADB memungkinkan CRC berinvestasi dalam memberikan cara-cara penting di wilayah Aspak pada saat yang kritis ini. “Karena 65% anggota PATA yang disurvei tidak memiliki rencana krisis sebelum COVID, CRC akan menjadi tawaran permanen dari PATA  maju untuk terus memenuhi kebutuhan mereka yang berkembang untuk kesiapan krisis, manajemen dan pemulihan dari krisis ini, dan seterusnya. “

Pusat Sumber Daya Krisis PATA dan Monitor Pemulihan Pariwisata diluncurkan pada April 2020, untuk memberikan kebijakan yang andal dan terkini, informasi resmi, dan indikator pariwisata dari seluruh dunia.  CRC baru akan secara resmi diluncurkan pada hari Selasa, 14 Juli 2020.

Visi utama CRC adalah memimpin, mengkordinasikan dan mempertahankan sumber daya digital kelas dunia yang komprehensif untuk respons krisis, manajemen, dan pemulihan untuk Industri Perjalanan Asia Pasifik. 

Dalam jangka waktu dekat, PATA percaya Asia Pasifik akan menjadi kekuatan utama pemulihan global pariwisata dari COVID-19, baik sebagai tujuan wisat maupun pasar sumber yang kuat.

 “Industri pariwisata menyumbang sejumlah besar pekerjaan sektor swasta dan investasi di Asia Pasifik, terutama di dalam Subregion Mekong Besar. Pandemi COVID-19 telah membuktikan betapa rentannya industri pariwisata terhadap krisis,” 

Melalui Pusat Sumber Daya Krisis, PATA membangun banyak hal.  Diperlukan infrastruktur untuk membuat sektor pariwisata Asia Pasifik lebih tangguh, ”kata Dominic Mellor, Spesialis Investasi Senior ADB dan kepala Prakarsa Bisnis Mekong, yang mendukung CRC melalui bantuan teknis.

Sebagai bagian dari perluasan, Asosiasi telah membentuk tim penasehat CRC untuk membantu menyediakan konten dan pengembangan lebih lanjut mengenai perangkat dan sumber daya online bagi para pemangku kepentingan industri untuk menavigasi jalan mereka melalui tantangan pandemi global COVID-19.

Ahli pemasaran tujuan dan manajemen krisis,  Damian Cook akan menyediakan sumber daya dan kit rekomendasi untuk maskapai penerbangan dan bandara, perhotelan, operator tur dan UKM;  sementara pakar strategi komunikasi

krisis komunikasi John Bailey, akan menyusun dokumen panduan praktik terbaik tentang bagaimana mengembangkan dan menerapkan strategi komunikasi holistik untuk mendukung kampanye pemulihan destinasi wisata.

Damian Cook adalah CEO dan Pendiri E-Tourism Frontiers, sebuah inisiatif global untuk mengembangkan pariwisata online di pasar negara berkembang.  Dia telah tinggal dan bepergian ke seluruh Afrika dan pengalamannya bekerja di bidang pariwisata, media, dan pemasaran membawanya untuk melihat bahwa kegagalan Afrika untuk mengakses sektor online menghadirkan ancaman besar bagi masa depan pariwisata yang berkelanjutan. 

Setelah bekerja sebagai konsultan di sektor publik dan swasta kembangkan situs web dan kampanye pemasaran online. Dia nendirikan E-Tourism Afrika, yang bekerja di seluruh benua, melatih dan memfasilitasi bisnis untuk sektor ini. Cook juga membantu mengelola krisis pariwisata global termasuk wabah SARS dan Ebola

John Bailey, Managing Consultant di Global Communications Consulting, telah menghabiskan lebih dari 25 tahun membantu perusahaan di seluruh dunia untuk mempersiapkan, dan merespons, tantangan reputasi dan krisis.

Dia adalah penulis Pedoman Praktik Terbaik tentang Komunikasi Krisis dan Manajemen Reputasi di Era Digital, yang diterbitkan oleh International Air Transport Association (IATA).  Dia juga terlibat dalam solusi berbagai krisis, termasuk beberapa kecelakaan penerbangan dan Tsunami Samudra Hindia Desember 2004. 

Baru-baru ini, John Bailey adalah bagian dari tim penasehat manajemen senior Malaysia Airlines terhadap hilangnya penerbangan MH370, krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah penerbangan.

Tim Penasihat CRC juga termasuk Sarah Mathews, yang memimpin pilot Expert Task Force (ETF) yang awalnya menciptakan sumber daya online untuk mengumpulkan pengetahuan, menghasilkan dukungan, dan membantu anggota.

Dia juga membantu pemangku kepentingan industri di seluruh dunia mengakses solusi dengan  pemerintah serta juga membantu pemerintah dalam memahami tantangan melalui survei dampak perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.