Menjalin Persahabatan, Tema Pameran Seni Rupa Akhir Tahun di Taman Budaya Jogja

0
740

JOGJAKARTA, bisniswisata.co.id: Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi membuka pameran senirupa JOGJAKARTS mengangkat tema Menjalin Persahabatan  yang berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta dari 23 -29 Desember 2018.

Sedikitnya 85 peserta mengikuti pameran ini, masing-masing mengirimkan satu karya. Selain dari Jogja, para pelukis datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta,  Magelang, Muntilan,Semarang, Solo, Klaten, Surabaya, Sidoharjo, Banyuwangi, Probolinggo dan Pasuruan.

Pelukis juga datang dari Tulungagung, Blitar Boyolali,Temanggung, Mojokerto, Banten, Bandung, Purwodadi, Pekalongan, Rembang, Cirebon,Indramayu dan Cilacap dengan mengangkat tema  Menjalin Persabatan

“Temanya sangat cocok karena pesertanya datang dari berbagai kota. Pelukis senior yang ikut serta antara lain Kartika Affandi dan R.J Katamsi,” kata Supriadi, Ketua Panitia.

Pameran yang berlangsung satu minggu diharapkan juga menjadi hiburan bagi wisatawan yang berkunjung menikmati liburan akhir tahun di Jogja. Menikmati semilir angin sejuk di sore hari di kala jalan2 di kota Jogja dan melihat pameran lukisan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Selain pelukis dewasa,  juga ada pelukis cilik yang karyanya patut diperhitungkan yaitu Tores, 8 tahun. Dia sudah banyak menyabet piagam penghargaan karena telah aktif pada acara lomba lukis anak-anak sejak usia 3 tahun dan sedikitnya sudah meraih 600 piagam dan piala penghargaan di rumahnya.

“Pengalaman paling berkesan saat menerima penghargaan dari Menpora di Candi Prambanan tahun 2015. Saya masih kelas dua SDN Pentingan, Jogja,” kata Tores.

Pelukis cilik kelahiran 11 Juli 2010 ini terlahir dengan nama Tores Eguen Javan Wistara lahir dari Ibu bernama Evi Nursantip Prasetyas dan ayah bernama Gunawan Edi Santoso yang juga seorang pelukis.

Bakat melukisnya mula-mula belajar dari ayahnya sendiri, namun kemuduan dia juga belajar pada guru lukis lainnya sehingga akhirnya kini bisa ikut pameran dengan para pelukis lainnya di Indonesia. Fokus dan terus belajar membuat Tores juga kerap menerima penghargaan atas prestasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.